5 Contoh Pagar Kayu Minimalis yang Lagi Nge-Trend

0
25
pagar kayu minimalis

Keberadaan pagar kayu minimalis bisa membuat halaman dan façade gedung menjadi lebih cantik.  Paling tidak, ada 5 contoh pagar bergaya minimalis yang sedang trend ini.

Manusia membuat hunian rumah untuk beragam alasan. Beberapa alasan tersebut antara lain untuk memproteksi, untuk tempat berkumpul, dan untuk tempat beristirahat. Seiring berjalannya waktu, rumah juga menjadi penanda status sosial hingga investasi. Elemen-elemen pada rumah pun mesti diperhatikan dengan baik, termasuk bagian pagarnya.

Pagar mulanya didesain sekadar untuk melindungi penghuni rumah dari binatang buas. Namun saat ini, pagar juga difungsikan untuk beragam keperluan termasuk untuk mempercantik gedung bangunan. Aneka desain pun diterapkan pada pagar rumah. Salah satunya adalah desain minimalis.

CS Lem Kayu

Desain minimalis menekankan pada efektivitas dan efisiensi. Desain ini terkenal dengan keindahannya yang khas yang berbanding terbalik dengan beberapa desain lainnya (seperti abstrak ekspresionisme).

Nah, kira-kira seperti apa saja pagar kayu dengan gaya minimalis? Mari perhatikan contoh-contohnya di bawah ini.

5 Ide Pagar Kayu Minimalis yang Sedang Trend

1. Pagar Minimalis Warna Coklat Earthy

Pagar ini menggunakan plank kayu yang dipotong kecil namun panjang. Tiap potongan diposisikan secara horizontal dan pada jarak yang teratur. Warna cat yang dipilih ialah coklat keabu-abuan sehingga memberikan kesan earthy.

Pagar, dengan demikian, mampu menampilkan kesan minimalis yang hangat. Keindahannya tidak terletak pada detil atau desain yang mewah melainkan pada kesederhanaannya yang tegas. Tipe pagar seperti ini cocok untuk Anda yang menyukai halaman rumah yang simple, rapi, namun tetap bersahabat.

2. Pagar Kayu Minimalis Tirai Bambu

pagar kayu minimalis

Aksen oriental terlihat cantik pada pagar tirai. Pagar bisa dibuat dari bahan kayu, bambu, ataupun rotan. Namun untuk outdoor, sebaiknya gunakan kayu atau bambu yang tingkat keawetannya baik.

Ukuran tiap potongan kayu atau bambu dibuat tidak begitu besar. Pemasangannya dilakukan vertikal dengan jarak yang cukup lebar. Desain pemasangan inilah yang membuat pagar terlihat seperti tirai.

Bagi Anda yang memiliki taman bergaya oriental (seperti China atau Jepang), desain pagar seperti ini cocok lho diterapkan. Apalagi kesan minimalisnya compatible dengan aksen Zen ala Jepang.

3. Pagar Plank Coklat Sederhana

Meski namanya pagar kayu minimalis, namun pada kenyataannya, banyak produk yang proses pembuatannya jauh dari kata minimalis. Namun, bukan berarti semuanya demikian. Kita juga bisa lho memilih pagar yang baik desain atau proses pembuatannya cenderung sederhana. Misalnya saja pagar di bawah ini.

pagar kayu minimalis bagus

Hanya dengan memanfaatkan papan kayu tipis saja, kita sudah bisa mempercantik halaman rumah. Tipe pagar seperti ini juga ideal untuk Anda yang ingin proteksi ekstra atau memiliki taman yang ukurannya luas.

4. Pagar Super Minimalis

Prinsip utama desain minimalis adalah menyisihkan semua elemen yang tidak diperlukan sehingga lebih efisien. Dus, apabila sambungan pagar bisa dihilangkan. Hasilnya? Eits, tidak kalah cantik dan bagus kok. Lihat saja contohnya di bawah ini.

Pagar yang terbuat dari kayu diletakkan di muka gedung berdesain modern. Kesan minimalis dari gedung berpadu cantik dengan kesan minimalis pagar. Warna kayu pagar memberikan nuansa yang khas di mana kesan hangat lebih terlihat namun tidak begitu mendominasi.

5. Pagar Minimalis Modern

Campuran kesan minimalis dan modern memberikan tampilan yang lebih spesial. Dan hal ini pun bisa dilihat pada contoh pagar di bawah ini. Digunakan potongan kayu dengan ukuran cukup lebar. Plank-plank tersebut kemudian dipasangkan pada rangka besi dan tembok batu-bata. Bagi Anda yang memiliki rumah bergaya minimalis, modern, hingga kotemporer, tipe desain seperti ini cocok diterapkan.

pagar minimalis

Pagar Kayu Minimalis: Sebuah Ide Usaha untuk Woodworker Indonesia

Bidang usaha pengolahan kayu telah menopang ekonomi Indonesia dengan kontribusi yang cukup signifikan. Namun, kebanyakan pelaku usaha terkonsentrasi dalam pembuatan mebel rumah tangga. Padahal, ada banyak subbidang yang bisa ditekuni lebih lanjut. Salah satunya adalah pembuatan pagar.

Kebutuhan akan pagar mungkin terasa tak begitu krusial dibanding mebel rumah tangga seperti meja makan. Namun, seiring pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik, diharapkan akan lebih banyak orang yang tertarik membeli pagar yang bagus untuk rumah mereka.

Bila Anda sedang mencari ide usaha woodworking, pertimbangkan saja pembuatan pagar kayu minimalis. Ada sangat banyak ide pagar yang bisa dicontoh dan dikerjakan. Lima di antaranya telah dicontohkan di atas.

Namun penting bagi Anda untuk memastikan kualitas pagar yang bagus. Jadi, pagar tidak hanya indah saja, namun juga awet dan kuat. Sebab, bila tidak awet dan kuat, maka pagar tidak bisa memberikan proteksi optimal untuk rumah dan bangunan.

Beberapa hal bisa dilakukan supaya kualitas pagar kayu minimalis meningkat. Untuk tingkat keawetan pagar, Anda bisa lebih dulu mengawetkan kayu yang hendak dipakai sebagai pagar. Selain itu, pilihlah kayu yang bagus yang sudah cukup tua dan tingkat keawetannya tinggi. Untuk catnya, pilih cat outdoor yang bisa memproteksi dengan baik.

Untuk perekatannya, gunakan lem yang kualitasnya terbukti di lapangan. Lem memang tidak selalu dibutuhkan dalam pembuatan pagar. Namun, ketika Anda menggunakannya, pastikanlah kualitasnya benar-benar bagus.

Anda bisa menggunakan produk lem andalan PT Bio Industri Omnipresen, Crossbond. Dengan Crossbond, Anda bisa mewujudkan berbagai pagar kayu minimalis dengan kualitas terbaik.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here