Panduan Praktis Memilih Jenis-jenis Gergaji Sesuai Keperluan

0
173
jenis-jenis gergaji

Simak keterangan lengkap jenis-jenis gergaji di bawah ini. Gunakan untuk memilih tipe yang paling tepat dengan apa yang Anda perlukan.

Jika Anda memperhatikan perabot mebel di sekitar, Anda akan menemukan bahwa mebel-mebel tersebut tampak menawan dengan karakter tersendiri. Namun, penasarankah Anda proses apa yang diterapkan untuk membuat perabot tesebut?

Di banyak tempat pengolahan kayu, proses pengolahan kayu terjadi sangat kompleks. Berbagai alat harus disediakan dan keterampilan khusus harus dimiliki para pekerjanya.

Salah satu alat yang sering digunakan adalah gergaji. Pemotong kayu tersebut memiliki peran yang cukup penting.

Sekilas tentang Gergaji

Iklan Biothane Banner perkenalan CS Lem Kayu

Gergaji atau saw dalam Bahasa Inggris adalah alat yang secara spesifik didesain untuk pemotongan kayu.

Saat ini terdapat berbagai varian atau tipenya di pasaran. Saat Anda hendak membeli gergaji untuk kebutuhan woodworking, konstruksi, kerajinan, dan lainnya, perhatikanlah varian yang Anda beli.

Ada 20 jenis gergaji yang bisa Anda simak pada penjelasan di bawah ini. Selain itu, Anda juga dapat memilih dan menyesuaikan jenis gergaji yang paling tepat untuk Anda gunakan. Untuk 9 jenis pertama yang akan diterangkan adalah tipe manual yang pemakaiannya tidak memerlukan daya dari luar.

Baca juga: Karakteristik Desain Skandinavia

Tipe manual kadang juga disebut sebagai hand saw karena daya kerjanya dari tenaga manusia. Tipe ini cocok untuk kebutuhan pemotongan kayu yang ringan dan umum. Misalnya, memotong kayu untuk dijadikan pagar, bahan mebel pribadi, hingga kayu bakar.

Hand saw sangat praktis digunakan, mudah dibawa kemana-mana, dan harganya juga tidak mahal.

Jenis-jenis Gergaji Tangan (Manual Hand Saw)

Gergaji Umum

jenis-jenis gergaji

Gergaji umum memiliki sebutan universal hand saw dalam Bahasa Inggris. Tipe ini adalah yang paling banyak digunakan masyarakat.

Ketika Anda hendak membelinya, perhatikanlah geriginya. Secara umum, gerigi yang lebih besar akan membuat proses pemotongan lebih mudah, namun hasilnya lebih kasar.

Sementara itu, yang geriginya lebih kecil biasanya akan menghasilkan potongan yang lebih bersih dan akurat. Hanya saja Anda harus telaten dalam penggunaannya.

Tenon saw atau Gergaji Tenon

Jenis-jenis gergaji berikutnya adalah tenon saw. Tipe ini umum digunakan dengan mitre box untuk menghasilkan sudut yang sangat akurat (45 atau 90 derajat).

Geriginya sendiri secara umum lebih kecil dan halus. Alhasil, pemotongannya umumnya lebih rapi dan cocok untuk kebutuhan woodworking indoor. Namun, Anda perlu waspada dalam menggunakan alat ini. Banyak woodworker yang terluka akibat tenon saw karena tidak hati-hati menggunakannya.

Japanese saw atau Gergaji Jepang

Tipe ini mulai populer beberapa tahun ke belakang. Keunggulannya sendiri lumayan banyak. Salah satunya adalah mata pisau yang fleksibel. Alhasil alat ini bisa digunakan untuk mencapai area kayu yang sulit dipotong.

Hasil pemotongannya secara umum rapi. Namun ingat, bila Anda menggunakan alat ini, pahamilah bahwa cara kerjanya spesifik dan tak bisa disamakan dengan tipe yang lain.

Jab saw

Salah satu tipe yang menarik di antara macam-macam gergaji adalah jab saw. Kenapa menarik? Sebab tipe ini memiliki ujung pemotong yang kecil memanjang.

Anda pun dengan demikian dapat menggunakannya untuk memotong pada area yang sempit serta tidak terjangkau. Selain itu, jab saw juga bisa digunakan untuk membuat potongan melingkar pada kayu lapis (plywood).

Coping saw

Kebanyakan orang tidak paham dengan coping saw ini. Bentuknya sangat unik serupa huruf U.

Penggunaannya memang cukup terbatas. Di antara jenis-jenis gergaji yang lain, coping saw lebih sering dipakai untuk membuat potongan melengkung yang diperlukan woodworker profesional. Tipe potongan tersebut sering diterapkan pada pembuat model furnitur.

Flush cut saw

Bagi orang awam, flush cut saw pasti dianggap mirip dengan universal saw. Hanya saja, tipe ini memiliki kemiringan antara bagian mata pisau dengan pegangannya.

Fungsi alat ini pun sebenarnya tak bisa disamakan dengan universal saw. Flush cut saw umumnya digunakan untuk pemotongan di tahap akhir (finishing) agar hasilnya lebih baik.

Gergaji Panah

jenis-jenis gergaji bow

Di Indonesia bow saw atau gergaji panah sebenarnya cukup terkenal. Bentuk tipe ini memang sangat unik dibanding jenis-jenis gergaji yang lain.

Bow saw memiliki wujud menyerupai anak panah. Umumnya, bow saw digunakan untuk memotong kayu berukuran besar. Kayu hasil pemotongan dapat digunakan untuk membuat perabot atau untuk membuat kayu bakar.

Pruning saw

Sekilas, tipe ini memiliki bentuk seperti golok. Pegangannya didesain untuk satu tangan dan mata pisaunya meruncing di bagian ujung.

Namun demikian, pruning saw pada dasarnya digunakan khusus untuk purning, bukan untuk kebutuhan yang lainnya.

Frame saw

Frame saw atau gergaji frame ialah tipe yang mungkin tidak familiar bagi kebanyakan orang. Namun, pada masa lalu tipe ini sebenarnya sangat populer.

Bentuk gergajinya cukup unik. Pada alat ini, ada kerangka kayu berukuran persegi panjang dengan mata pisau di salah satu sisinya. Oleh karena itulah ia disebut dengan istilah frame saw.

Hasil pemotongannya secara umum memuaskan.

Mana Jenis-jenis Gergaji yang Paling Bagus untuk Digunakan?

Di atas, kami telah memberikan pembahasan mengenai macam-macam hand saw. Sekali lagi, hand saw adalah tipe gergaji yang penggunaannya manual memanfaatkan tenaga manusia.

Lalu, manakah di antara berbagai macam gergaji di atas yang paling bagus? Mana yang bisa memberikan hasil pemotongan rapi serta paling cepat?

Sebenarnya dari semua gergaji yang dijelaskan, tergantung dengan keperluan Anda. Contoh, Anda membutuhkan gergaji di area yang sempit. Maka, daripada membeli tipe universal, belilah tipe gergaji yang berukuran lebih kecil.

Yang perlu diingat, daftar jenis-jenis gergaji di atas belum lengkap lho. Bagi Anda yang lebih tertarik dengan gergaji non manual atau yang modern, silahkan baca di artikel kami tentang gergaji lainnya .

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda. Jangan lupa, kami di lemkayu.net menyediakan lem Crossbond. Apabila Anda yang sedang bingung mencari lem kayu yang bagus, silahkan hubungi kontak kami lebih lanjut untuk membahas mengenai Crossbond.

Iklan Biothane utama CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here