Jenis Kerajinan Ada Banyak! Mana yang Anda Tahu?

0
2114
KERAJINAN TEKSTIL

KERAJINAN TEKSTIL

Kerajinan atau craft adalah kategori produk yang selama ini banyak kita manfaatkan. Berbagai produk craft mulai dari bros hingga kaligrafi telah memberikan beragam manfaat bagi kita. Tahukah Anda dari berbagai macam craft tersebut kita bisa membedakannya menjadi beberapa tipe? Berikut ini 5 jenis craft yang banyak dimanfaatkan.

5 Jenis Kerajinan yang Perlu Anda Tahu

Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil atau textile craft adalah craft yang bahan utamanya merupakan kain. Teknik pengerjaan beragam mulai dari teknik menjahit hingga pewarnaan. Contoh textile craft adalah pembuatan bros bunga dari kain.

Paper Crafts

Sebagaimana namanya, paper craft adalah kerajinan yang terbuat dari bahan kertas. Meski terkesan sepele, namun banyak produk yang telah dihasilkan dari jenis kerajinan ini. Misalnya saja bingkai foto, model 3D bubur kertas, kaligrafi, hingga origami.

Kerajinan Fashion atau Fashion Craft

Fashion Craft bisa terbuat dari kertas atau kain. COntoh fashion craft adalah tas tangan, sepatu kulit, bros, topi, selendang, dan kerudung. Pada dasarnya fashion craft adalah semua produk yang diproduksi sebagai elemen untuk kita gunakan dalam rangka meningkatkan penampilan.

Functional Crafts

Functional craft atau kerajinan fungsional adalah kerajinan yang pembuatannya ditujukan untuk guna tertentu. Estetika tetap diusahakan, namun aspek fungsionalnya lebih mendominasi.

Kerajinan Dekorasi

Berlawanan dengan functional craft, kerajinan dekorasi dibuat dengan tujuan utama untuk menonjolkan aspek estetika. Decorative craft bisa ditemukan pada berbagai pengolahan benda fungsional, misalnya pembuatan ukiran pada mebel dan pembuatan desain tertentu di permukaan dinding. Tipe craft ini juga sering dikombinasikan satu sama lain. Contohnya kombinasi pembuatan ukiran kayu dan rotan. Hasilnya, mebel yang diproduksi tampak lebih menarik.

Pembagian lainnya

Pengelompokan kerajinan di atas sebenarnya belum mencakup semua produk craft yang selama ini beredar di pasaran. Selain itu, banyak dasar kategori lain yang bisa kita gunakan. Misalnya berdasarkan bahan pembuatnya, craft bukan hanya terdiri dari tekstil dan kertas saja. Kita juga mengenal wooden craft hingga stone craft.

Meski demikian, mengetahui kelima jenis kerajinan di atas bukanlah hal yang sia-sia. Apalagi bila Anda ingin mendirikan usaha di bidang ini. Pengetahuan akan berbagai tipe craft yang jamak ditemukan di pasaran seperti di atas sangat krusial. Anda jadi tahu apa sisi yang harus ditonjolkan agar pasar menyukainya. Contohnya bila Anda membuat produk decorative craft, maka aspek estetika harus benar-benar diutamakan. Memasang harga yang tinggi pun bukan masalah sebab pembeli tertarik dengan produk Anda lebih karena keindahannya yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here