Sangat Artistik, Kerajinan Makrame Cocok untuk Fashion dan Dekorasi

0
368
kerajinan makrame

Kerajinan makrame adalah kerajinan yang sangat menarik. Produk yang dihasilkannya pun bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dari dekorasi sampai item fashion.

Pernahkah Anda memerhatikan sarung tangan yang biasa dipakai untuk naik kendaraan sepeda motor? Atau, topi rajut yang dipakai untuk mendaki gunung?

Coba perhatikan baik-baik strukturnya. Kadang-kadang, untuk produk tertentu, Anda akan mendapati suatu struktur simpul menyimpul pada serat yang digunakan. Teknik ini umum disebut dengan teknik makrame.

Pengertian

Dalam Bahasa Turki dikenal istilah miqramah. Istilah ini sejatinya merupakan akar kata dari teknik simpul menyimpul tersebut. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri menyatakan definisi kerajinan makrake sebagai kerajinan dengan teknik simpul menyimpul pada bahan benang di awal atau akhir tenunan yang seringkali berujung pada rumbai.

CS Lem Kayu

Teknik ini sebenarnya bukan suatu teknik baru. Sudah sejak lama teknik ini diterapkan, seiring dengan manusia yang mengenal bahan benang dan kain. Pakaian pada masa lalu, misalnya, seringkali dipercantik menggunakan teknik ini.

Namun meski sudah lama, aneka produk kerajinan tersebut masih sering ditemukan hingga sekarang. Beberapa produk merupakan produk dekorasi atau hiasan, sedangkan yang lain adalah produk yang memiliki fungsi tertentu seperti sarung tangan.

Fungsi

Kerajinan makrame hadir dengan berbagai manfaat yang bisa kita rasakan, antara lain:

  1. Untuk menghias rumah dan ruangan (sebagai item dekorasi)
  2. Sebagai berbagai produk fashion, contohnya saja tas, sepatu, hingga ikat pinggang yang dibuat dengan teknik kerajinan ini.
  3. Sebagai penunjang istirahat manusia (misalnya untuk pembuatan sarung bantal dan sprei)
  4. Untuk memperindah pot
  5. Sebagai tirai untuk melindungi ruangan dari angina luar rumah

Cocok untuk Usaha Anda

kerajinan makrame

Kerajinan makrame memiliki potensi tinggi dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis craft seperti dijelaskan sebelumnya. Bila Anda ingin membangun sebuah usaha kecil-kecilan dan berbakat dalam bidang prakarya, maka teknik ini recommended.

Anda bisa membuatnya dari bahan yang murah dulu. Selanjutnya, buatlah desain yang menarik. Tentukan juga pasar Anda. Apa Anda mau menjual ke ibu-ibu, anak muda, atau anak kecil. Setelah itu, pasarkan di platform media sosial yang murah.

Ya, media sosial. Di zaman ini, kita bisa menggunakan lebih sedikit modal untuk membangun usaha. Kita bisa mengandalkan medsos untuk membuat usaha dan produk kita dikenal orang-orang. Kita pun bisa membuat sesuai pesanan saja. Jadi, kita tak perlu bertaruh mengenai laku tidaknya produk yang sudah kita beli.

Membuat Kerajinan Makrame Lebih Indah dengan Eva Phaethon

Tertarikkah Anda untuk membangun usaha dengan memanfaatkan teknik makrame? Bila iya, Anda juga perlu memilih lem yang cocok.

Lem diperlukan untuk menambah keindahan kerajinan. Misalnya untuk menambah hiasan mutiara dan berbagai hiasan lainnya. Coba bayangkan, cantiknya syal atau tas yang ditempeli dengan mutiara yang cantik. Pasti indah, bukan?

Aplikasinya bisa dilakukan menggunakan lem kami, Eva Phaethon. Eva Phaethon adalah lem yang kami sediakan khusus dalam kemasan yang cocok untuk kebutuhan usaha. Bila Anda ingin membuat kerajinan seperti tali rambut, tas rajut, dan lainnya, Anda bisa mengandalkan Eva Phaethon.

Kenapa Eva Phaethon dan bukan yang lain?

Pertama-tama, Eva Phaethon memiliki keunggulan berupa sifatnya yang bisa merekatkan bahan dengan karakter berlainan. Lem ini beda dengan lem kertas PVAc yang biasanya hanya dapat digunakan untuk mengelem bahan kertas dengan bahan kertas.

Dengan demikian, Eva Phaethon sangat bisa digunakan untuk merekatkan bahan kerajinan makrame dengan hiasan yang Anda inginkan baik itu mutiara atau yang lainnya.

Keunggulan lain adhesive ini adalah:

lem eva phaethon
  1. Sangat rekat, cocok untuk kebutuhan usaha
  2. Mudah digunakan
  3. Tersedia dalam kemasan sangat ekonomis
  4. Harga terjangkau
  5. Lem yang tahan lama
  6. Lebih aman
  7. Tidak merusak warna asli produk

Menarik, ya berbagai keunggulan Eva Phaethon di atas? Nah, sekarang yuk simak beberapa ide desain kerajinan ini untuk inspirasi usaha Anda.

Contoh Kerajinan Makrame

Dekorasi

Teknik ini sangat bisa diterapkan untuk membuat berbagai hiasan dinding. Misalnya saja, untuk membuat vas gantung yang indah, hiasan pada gorden (atau gordennya sendiri), hingga lampu hias. Coba lihat cantiknya beberapa contohnya di bawah ini. Indah bukan? Selain hiasan dinding, makrame juga bisa diterapkan dalam pembuatan sarung bantal hingga taplak meja.

Produk seperti ini dapat Anda jual ke para keluarga hingga pemilik kafe dan restauran yang ingin memperindah ruang-ruang dalam bangunannya.

Suvenir atau Buah Tangan

Teknik makrame bisa diterapkan untuk membuat berbagai produk si souvenir. Misalnya saja untuk membuat gantungan kunci dan boneka-boneka yang dihias atau dibuat dengan kerajinan ini. Suverni kerajinan makrame pasti terlihat lebih artistic dan menarik. Dengan jumlah yang belum banyak, souvenir seperti ini juga bisa laku dengan keras di pasaran.

Item Fashion (Produk Fashion)

Kerajinan ini juga bisa diaplikasikan dalam proses pembuatan berbagai produk fashion. Contohnya untuk membuat tas wanita yang lucu, dompet, sepatu, ikat pinggang, sarung tangan, dan juga ikat kepala. Anda akan tampil menarik dengan lilitan yang artistik dan memesona itu. Untuk lelaki, teknik ini juga bisa diterapkan pada pembuatan jam lho.

Informasi Lebih Lanjut

Bagaimana? Tak bisa dipungkiri bahwa dengan Eva Phaethon, Anda bisa berkreasi lebih bebas dengan kerajinan makrame ini. Eva Phaethon memungkinkan pembuatan aneka produk yang jauh lebih indah.

Nah, jika Anda tak sabar ingin berkreasi dengan adhesive ini, silahkan saja hubungi CS kami. Anda bisa bertanya lebih lanjut atau melakukan pembelian secara daring. Proses pembelian secara daring sangat cepat dan mudah lho. CS kami juga ramah dan profesional.

Namun bila Anda ingin membeli secara langsung, kami selalu siap menanti kedatangan Anda di Bio Service Point. Di Bio Service Point Anda bisa menengok produk kami lainnya yang tak kalah menarik seperti wood stain yang ramah lingkungan dan aneka produk pengawetan kayu.

Penutup

Pada akhirnya bisa kita katakan bahwa kerajinan makrame memang sangat menarik. Teknik penyimpulannya akan membuat kumpulan benang kusut yang tak penting menjadi sebuah benda seni bernilai artistic tinggi.

Benda-benda seni itu pun kemudian bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Kita bisa memanfaatkannya sebagai item fashion, dekorasi rumah, dekorasi interior mobil, dan lain sebagainya. Contoh produknya di pasaran yang sudah dijual juga sangat beragam. Ada tas, dompet, hiasan gantung, pot bunga, ikat pinggang, taplak meja, sarung bantal, dan lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Yang jelas, untuk memperindahnya, kita selalu bisa mengandalkan Eva Phaethon. Lem ini memungkinkan kita menempelkan berbagai benda ke kerajinan tersebut. Misalnya saja manik-manik, hiasan bunga, dan pita. Dengan Eva Phaethon, berbagai produk kerajinan makrame akan terlihat lebih indah dan menawan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here