Contoh Produk Hasil Kerajinan Kayu

    0
    70
    kerajinan kayu

    Ada banyak kerajinan kayu yang bisa Anda buat. Pilih salah satu contohnya di bawah ini dan jadikan inspirasi usaha yang sukses!

    Material kayu mudah diolah menjadi beragam benda yang bisa dijual secara komersil. Termasuk di antaranya tentu saja aneka jenis kerajinan kayu.

    Penggunaan kayu sebagai bahan kerajinan dipilih bukan tanpa alasan. Bagaimanapun, material tersebut memiliki keunggulan dari aspek estetika, kekuatan, hingga tingkat keawetanya. Tekstur kayu yang tidak 100% mulus pun sering menjadi alasan mengapa seseorang menyukai bahan baku ini.

    Di luar itu, perlu dipahami bahwa masih banyak kayu yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Beberapa kayu memiliki warna yang sangat menarik, sementara beberapa kayu yang lain menampilkan pola serat yang begitu indah.

    Jenis-jenis Kerajinan Kayu

    kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

    Sebagaimana yang kita tahu, kayu bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai produk. Beberapa contoh di antaranya adalah:

    1. Patung dan Topeng

    Banyak patung dan topeng yang dibuat dari bahan kayu. Beberapa contoh patung dan topeng yang dibuat dari kayu ialah patung tradisional Jawa, Dayak, dan Bali.

    Selain bisa digunakan untuk acara kebudayaan (misalnya untuk pentas reog dan jatilan), benda-benda seni ini juga bisa digunakan untuk dekorasi di rumah. Di Bali, misalnya, banyak dijual patung yang didesain khusus sebagai hiasan dinding.

    2. Miniatur

    Miniatur adalah berbagai benda/alat yang didesain semirip mungkin dengan aslinya namun dengan ukuran yang lebih kecil. Idealnya, miniatur dibuat dengan rasio perbandingan tertentu. Apalagi bila miniatur tersebut didesain untuk kebutuhan sejarah dan konstruksi bangunan.

    Pembuatan miniatur jelas merupakan suatu proses kerajinan. Khususnya, bila produk ini didesain untuk menampilkan suatu keindahan benda. Misalnya pembuatan miniatur candi Borobudur, Prambanan, dan lain sebagainya.

    Baca Juga:  Lem yang Bagus untuk Deco Sheet

    3. Souvenir

    Pembuatan souvenir juga merupakan salah satu bidang kerajinan kayu. Contoh, pembuatan gantungan kunci dari hiasan kayu, pensil hias kayu. Souvenir sendiri adalah produk yang biasanya diberikan sebagai bentuk kenang-kenangan.

    Umumnya souvenir diberikan dalam acara tertentu. Atau, ia juga bisa dibeli secara mandiri oleh turis ketika mengunjungi suatu tempat.

    4. Fashion

    Ya, Anda tak salah baca. Material kayu pun bisa digunakan untuk membuat berbagai produk fashion. Misalnya untuk membuat kalung, gelang, dompet, hingga sepatu! Meski seingnya, kayu hanya dipakai sebagai elemen tambahan saja.

    Namun demikian, beberapa produk justru meng-highlight penggunaan kayunya. Misalnya pada jam kayu Matoa. Sebagaimana yang kita tahu, jam tersebut merupakan jam asli Indonesia yang dibuat dari bahan kayu matoa. Selain unik dan tak biasa, produk jam seperti ini pun diakui kualitasnya.

    5. Hiasan Ruang

    Produk kerajinan kayu juga bisa digunakan untuk menghias rumah dan ruangan. Hiasan rumah sendiri bisa diartikan sebagai segala jenis benda yang ditempel di dinding untuk meningkatkan daya tarik atau kecantikan suatu ruang.

    Hiasan rumah punya banyak varian. Contoh hiasan rumah yang terbuat dari kayu adalah tangkai bunga, vas bunga kayu, hiasan matahari dari ranting, figura lukisan, dan masih banyak lagi lainnya.

    6. Lampu

    Lampu bukan hanya berfungsi untuk memberikan penerangan. Di luar manfaat utamanya tersebut, lampu juga bisa digunakan untuk mempercantik rumah atau ruang.

    Kayu sebagai bahan organik sangat bisa diandalkan untuk membuat lampu yang cantik. Misalnya lampu duduk dengan bentuk bunga hingga lampu gantung dari batok kelapa.

    7. Perabot Rumah Tangga

    Beberapa perabot rumah tangga juga bisa dikategorikan sebagai produk kerajinan. Apalagi bila aneka perabot tersebut memiliki keindahan tersendiri. Contohnya saja gelas kayu, alas cangkir, hingga gagang kemoceng.

    Baca Juga:  Harus Tepat Gunakan Lem Kayu untuk Finger Joint

    Membuat Kerajinan Kayu Lebih Menarik Menggunakan Crossbond

    Banyak produk kerajinan kayu yang memiliki daya tarik tersendiri. Namun, perlu dipahami bahwa untuk sukses dengan aneka produk itu diperlukan effort yang sedikit lebih besar. Perlengkapan dan bahan yang digunakan untuk membuatnya juga tak boleh dipilih secara sembarangan, termasuk di antaranya adalah produk lem.

    Untuk kebutuhan tersebut direkomendasikan untuk menggunakan lem yang benar-benar bagus. Lem tersebut adalah Crossbond. Lem Crossbond menawrakan banyak keunggulan dibanding lem lainnya, yaitu:

    1. Kuat
    2. Mudah digunakan
    3. Aman bagi manusia maupun lingkungan
    4. Harga yang lebih terjangkau
    5. Tidak menyebabkan glue line

    Lem Crossbond sangat bagus untuk membuat produk kerajinan kayu yang cantik.

    Nah, Anda bisa mendapatkan lem Crossbond ini melalui kontak di website ini.

    perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here