Cari Inspirasi Furniture Unik? Ini Dia Furniture Ranting Kayu

0
1839
gantungan lampu ranting kayu

Apa yang kita butuhkan untuk membuat mebel sebenarnya telah tersedia di alam dalam berbagai bentuk. Pada sebuah pohon misalnya, bukan hanya kayunya yang bisa dimanfaatkan untuk furniture, cabang dan rantingnya pun demikian. Ingin tahu seperti apa unik dan menariknya furniture ranting? Silahkan simak di bawah ini.

Inspirasi Mebel dari Ranting

Gantungan Lampu dari Ranting Kayu

 

Gantungan Tas

Meja Ranting Kayu

CS Lem Kayu

 

Hiasan Vas

Masih banyak produk lain yang bisa dibuat memanfaatkan ranting kayu. Pada dasarnya, semua mebel dapat dibuat menggunakan bahan ini. Hanya saja harus dipahami terlebih dahulu sifat dari ranting tersebut. Apakah ranting yang dipilih cukup kuat untuk digunakan dengan syarat beban tertentu? Misalnya sebagai kaki-kaki almari. Apabila dirasa tidak kuat, tentu bisa digunakan bahan non ranting seperti kayu solid sebagai kombinasinya.

Secara umum yang harus diperhatikan adalah:

  1. Ukuran ranting
  2. Usia ranting
  3. Bentuk ranting. Ada kalanya Anda memerlukan bentuk yang cenderung lurus. Namun sebagai benda dekoratif yang diharapkan memberi kesan natural, maka bentuk yang terkesan “awut-awutan” malah lebih menarik.
  4. Warna dan pola serat ranting.
  5. Ketahanan ranting pada hama dan aspek keawetan lainnya.

Tips Agar Furniture Ranting Lebih Berkualitas

Bagi Anda yang ingin membuat mebel ini, silahkan pertimbangkan beberapa tips berikut:

  1. Hindari penggunaan ranting kayu yang sudah jatuh dari pohonnya. Biasanya kayu dalam kondisi itu sudah mengalami proses pembusukan alami dan tak jarang yang telah terinfeksi berbagai jenis serangga serta jamur.
  2. Sebagian besar ranting terdiri dari jaringan gubal (muda). Hal ini membuatnya sangat rentan terserang hama. Lakukanlah proses pengawetan dulu sebelum ranting diolah lebih lanjut.
  3. Untuk menyambung ranting, hati-hatilah dengan efek kembang susut kayu yang lebih labil pada material ini.
  4. Aplikasikan bahan perekat yang berkualitas, Crossbond.
  5. Ada beberapa tipe finishing yang bisa Anda terapkan. Misalnya finishing natural dengan warna-warna transparan coklat atau warna-warna solid seperti merah dan biru.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here