5 Cara Mudah Membuat Furniture dengan Finishing Natural dan Food Grade

0
1117
beeswax 2

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat furniture dengan finishing natural dan food grade. Pada artikel ini kami akan membahas 5 dari berbagai cara tersebut. Selain itu, yang tak kalah penting, kami juga akan membagikan tips mengenai adhesive yang tepat untuk membuat mebel Anda benar-benar aman digunakan.

Finishing natural dan food grade sebenarnya bisa dimaknai secara ringkas sebagai finishing yang memberikan tampilan alami dan tingkat keamanan food grade. Belakangan ini, tipe finishing seperti ini sedang sangat disukai pasar. Berbagai mebel di event-event furniture nasional hingga internasional, banyak yang hadir dengan 2 kualifikasi ini, “natural dan aman”. Tak mengherankan bila banyak perusahaan woodworking yang bekerja sedemikian keras untuk mewujudkan mebel dengan dua kualifikasi tersebut. Berbagai metode juga telah dilakukan.

CS Lem Kayu

Kini, ada setidaknya 5 metode yang bisa dilakukan untuk mewujudkan tipe finishing tersebut. Penasaran apa saja kelima cara itu?

Cara Membuat Furniture dengan Finishing Natural dan Food Grade

Dengan Cat Lengkap

Cara paling konvensional yang bisa dilakukan untuk menghasilkan mebel natural adalah dengan menerapkan finishing dengan cat lengkap. Yang dimaksud finishing dengan cat lengkap adalah pemakaian seluruh lapisan finishing dengan guna yang berbeda-beda, yakni:

1. Aplikasi dempul dan filler sebagai dasaran.
2. Aplikasi primer sebagai lapisan utama finishing. Primer bertugas mengisi sisa pori kayu sekaligus menyiapkan lapisan untuk aplikasi warna.
3. Aplikasi warna atau stain.
4. Aplikasi clear coat sebagai pelindung akhir dan pemberi tingkat kilau pada mebel.

Untuk finishing natural, filler hingga clear coat yang digunakan harus dipilih yang benar-benar mampu memberikan warna alami. Misalnya, filler dipilih yang warnanya natural, demikian juga stainnya.

Sedangkan untuk memastikan tingkat keamanan finishing, gunakanlah cat yang memanga aman digunakan. Pilih cat water based non toksik untuk kebutuhan ini. Anda bisa memanfaatkan cat-cat BioVarnish dan BioColours yang memang terbuat dari formulasi dasar water based paint berkualitas tinggi.

teakblock

Dengan Cat Tidak Lengkap

Selain finishing dengan cat lengkap, membuat furniture dengan finishing natural dan food grade juga bisa dilakukan dengan cat tidak lengkap. Misalnya saja dengan hanya mengaplikasikan filler, stain, atau clear coat saja.

Teknik seperti ini harus dilakukan hati-hati dan dipahami kekurangan serta kelebihannya. Kelebihannya, aplikasi layer yang tidak lengkap akan menghemat waktu dan biaya finishing. Anda juga tak perlu membeli keseluruhan produk cat yang diperlukan. Tapi kekurangannya pun harus dipahami. Misalnya, Anda hanya ingin mengaplikasikan clear coat saja pada mebel Anda. Sebab Anda hanya ingin membuatnya sedikit berkilau. Anda mungkin akhirnya mendapat tampilan yang Anda inginkan. Tetapi, jangan mengharapkan tampilan yang tak bisa diberikan clear coat. Misalnya, Anda harus maklum bila produk agak sulit dibuat rata bila hanya difinish dengan clear coat. Sebab, Anda tak menggunakan filler yang punya peran besar menambal pori sehingga permuakaan finishing menjadi lebih rata.

Dengan Shellac

shellac

Pemakaian shellac secara prinsip mirip dengan clear coat. Shellac atau plitur (alami) adalah salah satu bahan finishing tertua yang dikenal manusia. Kita bisa mencoba membuat furniture dengan finishing natural dan food grade memanfaatkan bahan ini. Hanya saja, kelebihan dan kekurangan bahan ini juga harus dipahami dengan baik. Dari segi tampilan misalnya, shellac akan memberikan kesan agak oranye atau bahkan kemerahan. Bahannya sering tak benar-benar bening seperti clear coat. Namun efek yang dihasilkan memang alami dan bisa dibuat tampak begitu menawan.

Dengan Wax Polish

Bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat furniture dengan finishing natural dan food grade adalah wax polish atau semir kayu. Bahan ini, sebagaimana namanya adalah bahan yang terbuat dari lilin. Efeknya mungkin hanya bisa dirasakan dalam skala mingguan, tapi cara menggunakannya pun amat mudah karena hanya perlu dioleskan seperti semir sepatu saja.

Tak semua lilin bisa dipakai untuk menghasilkan produk dengan tingkat keamanan food grade. Hanya lilin tertentu yang bisa. Contohnya saja beeswax. Bees wax atau lilin lebah adalah bahan wax polish terbaik untuk membuat furniture dengan finishing natural dan food grade. Bahan ini bisa membuat kayu terlihat lebih baik dengan tingkat keamanan sangat terjamin. Bagaimana dengan lilin lainnya? Parafin misalnya. Dari tingkat keamanannya, parafin bukan lilin food grade sehingga tidak kami rekomendasikan pemakaiannya untuk kebutuhan finishing seperti ini.

Dengan HPL

Bingung ingin mengaplikasikan finishing natural dan food grade pada kayu olahan seperti MDF atau malah particle board? Jangan khawatir. Berbagai bahan tersebut kini juga bisa dihadirkan dengan warna dan serat kayu super memukau menggunakan pelapis seperti High Pressure Laminate.

HPL sebagaimana yang kita tahu adalah pelapis berupa lembaran tipis. HPL mampu menutupi permukaan kayu olahan yang kurang menarik dari MDF, HDF, hingga papan partikel.
Tipe finishing yang dilakukan dengan lembaran seperti ini disebut sebagai finishing tempel. Sebab metodenya dilakukan dengan menempelkan pelapis tersebut. Dari segi kepraktisan, finishing dengan HPL sangat mudah dilakukan. Bahan HPL-nya juga tersedia dalam aneka pilihan warna alami menarik, dari tampilan jati, ebony, hingga mahogany. Jadi, bahan olahan seperti MDF pun bisa disamarkan sebagai kayu-kayu solid dengan kualitas tinggi. Meski tentu saja, keindahannya tetap berbeda dibanding keindahan yang diberikan kayu solid alami.

Gunakan Crossbond untuk Finishing Natural dan Food Grade Anda!

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Salah satu kunci akan tingkat keamanan sebuah produk tidak hanya terletak pada cat atau bahan finishing yang dipakai saja. Lem atau bahan perekat juga memainkan peran sangat krusial pada keamanan akhir sebuah produk. Karena itu, akan sia-sia saja aplikasi finishing natural dan food grade yang Anda lakukan bila masih menggunakan lem yang toksik. Produk furniture Anda pada akhirnya tak akan bisa disebut benar-benar aman, apalagi food grade!

Untuk benar-benar membuat furniture dengan finishing natural dan food grade, lem yang kami sarankan adalah Crossbond. Berbasis PVAc water based, Crossbond memiliki kualifikasi unggulan dalam hal:

1. Daya rekatnya yang sangat baik
2. Tidak mudah rusak oleh paparan faktor-faktor seperti air, panas, dan solvent
3. Terdiri dari dua varian untuk mendukung pembuatan mebel
4. Cepat kering sehingga proses produksipun lebih efisien dari segi waktu
5. Berat kering tinggi
6. Medium viscosity
7. Sangat aman digunakan bahkan untuk pembuatan alat dapur

Hal lainnya yang unggul dari Crossbond adalah harganya yang terjangkau. Lem ini bisa Anda peroleh dengan harga Rp. 45.000 untuk Crossbond X3 dan Rp. 50.000 untuk Crossbond X4. Murah bukan? Dengan berbagai kualitasnya ini, tepatlah Crossbond menjadi lem untuk mebel Anda yang aman digunakan.

Selalu gunakan Crossbond untuk membuat furniture dengan finishing natural dan food grade!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here