Jenis-jenis Lem untuk Plastik yang Bagus Digunakan

0
95

Bahan plastik adalah salah satu bahan yang banyak digunakan manusia. Dalam penggunaan bahan ini, kadang kita membutuhkan perekat atau adhesive. Apa ya lem untuk plastik yang paling tepat untuk kita manfaatkan?

Plastik adalah bahan sintetis organik yang terdiri dari sangat banyak variasi. Ada plastik yang sangat tipis dan fleksibel seperti kantong plastik, yang elastis seperti karet gelang, sampai yang kaku dan sangat kuat seperti pipa air.

Meski sering dikritik menyebabkan kerusakan alam, akan tetapi kenyataannya bahan ini masih sering digunakan hingga sekarang. Nah, untuk pengolahan bahan plastik, acap kita memerlukan bahan pendukung. Misalnya saja bahan perekat. Kali ini, lemkayu.net akan membagikan informasi lem untuk material plastik yang umum digunakan.

Jenis Lem untuk Plastik yang Biasa Digunakan

Ada beberapa jenis lam yang hingga hari ini banyak digunakan dalam plastic bonding. Berikut ini di antaranya:

Lem Epoksi 2K

CS Lem Kayu

Lem epoksi 2k adalah lem yang terdiri dari komponen hardener dengan resin. Lem epoksi bukan spesifik lem untuk perekatan plastik. Lem ini pun bisa digunakan untuk merekatkan logam, kayu, hingga gelas. Fitur dalam lem epoksi kadang berlainan karena dibuat lebih khusus untuk tujuan perekatan tertentu. Karenanya, Anda harus memastikan (bila menggunakan epoksi) bahwa Anda memilih lem yang tepat digunakan untuk keperluan Anda. Epoksi sendiri secara umum menawarkan sifat yang waterproof, tahan lama, tahan panas, dan sangat kuat. Lem ini cocok untuk kebutuhan material yang keras, dan bukan plastik-plastik yang elastis dan tipis.

Lem Epoksi 1 K

Meski namanya 1 K atau 1 komponen, lem epoksi jenis ini pun sebetulnya sudah mengandung bahan resin dengan hardener. Hanya saja keduanya sudah dicampurkan sedemikian rupa tanpa terjadinya proses curing. Lem untuk plastik ini biasanya diaplikasikan dengan menambahkan suhu. Banyak fitur lem ini yang mirip dengan epoxy 2 K. Namun ada juga yang membedakannya, misalnya sifat yang lebih resisten terhadap bahan kimia dibanding epoksi 2 K.

Lem Cyanoacrylate

Cyanoacrylate merupakan lem yang biasa disebut sebagai lem super glue. Lem ini pun merupakan lem yang bisa digunakan untuk merekatkan berbagai material dengan plastik salah satu di antaranya. Lem ini mudah digunakan, perekatannya cukup baik, dan harganya lebih terjangkau. Namun demikian lem ini kurang tahan terhadap paparan bahan kimia.

Lem untuk Plastik

Lem untuk Plastik : Akrilik Struktural

Lem untuk plastik lain yang biasa digunakan adalah lem akrilik structural. Lem ini merupakan lem water based dan karenanya memiliki keunggulan sifat yang lebih ramah lingkungan. Akan tetapi, daya rekat lem ini kadang kurang untuk material plastik tertentu.

Lem Ethylene Vinyl Acetate

EVA adhesive adalah lem berbasis ethylene vinyl acetate. Lem ini juga bisa digunakan pada berbagai jenis plastik. Kelebihannya terletak pada penggunaan yang lebih mudah, daya rekat baik, tahan lama, tidak glue line, dan mudah digunakan. Salah satu produk lem EVA adalah Eva Phaethon Bio Industries. Seperti apa jenis plastik yang bisa direkatkan menggunakan Eva Phaethon? Berikut ini akan kami bahas.

ruang interior dengan hpl

Perekatan PVC dan HPL Bisa Memanfaatkan Eva Phaethon

Khusus bahan plastik PVC dan HPL, Anda bisa menggunakan lem Eva Phaethon. Eva Phaethon adalah lem ethylene vinyl acetat. Lem ini dibuat secara khusus supaya bisa merekatkan bahan yang porositasnya tinggi dan bahan yang porositasnya rendah.

PVC dan HPL banyak digunakan untuk membuat pelapis dinding ataupun furniture. Untuk wallpaper misalnya, PVC sering dicampur dengan wallpaper sehingga menciptakan hybrid wallpaper PVC yang lebih tahan lama. Adapun HPL umumnya digunakan pada berbagai jenis furniture.

Eva Phaethon cocok digunakan, salah satunya karena harga yang terjangkau jadi sangat cocok untuk kebutuhan industri. Lem ini merupakan lem tipe hot melt yang penggunaannya praktis dan mudah dilakukan.

Beda Plastik Beda Jenis Lem untuk Plastik yang Digunakan

Perlu diketahui, bahwa tiap jenis plastik memiliki karakteristik yang berbeda. Makanya lem yang digunakan pun bisa berlainan. Dalam dunia perekatan, dikena istilah surface energy. Makin tinggi surface energy, maka mudah plastik digunakan. Contoh plastik dengan surface energy tinggi adalah nilon, sedangkan contoh plastik dengan surface energy rendah adalah botol plastik, pipa plastik, dan bahan plastik “keras” yang lain.

Lem untuk Plastik

Saat memilih lem untuk plastik seperti nylon, misalnya, tentu akan aneh apabila Anda memilih epoksi 2 komponen dan lem sejenisnya. Atau untuk merekatkan pelapis PVC ke dinding, Anda tidak seharusnya memilih epoksi juga. Untuk kebutuhan seperti itu, lem seperti Eva Phaethon adalah pilihan terbaik.

Selebihnya, Anda juga perlu memerhatikan bahan yang akan direkatkan dengan plastik itu sendiri. Kadang perekatan plastik dengan plastik memerlukan lem yang berbeda dengan plastik dengan bahan non plastik.

Dan tak lupa, Anda juga perlu memerhatikan merk lem terkait serta harganya. Pertimbangkan secara rasional agar Anda bisa mendapatkan lem yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Kami Sedia Crossbond

Di atas telah dijelaskan lem untuk plastik yang bisa digunakan. Soal lem kayu, Anda tak usah pusing lagi sebab Anda bisa mengandalkan lem Crossbond. Crossbond adalah lem PVAc water based. Lem Crossbond bisa digunakan untuk merekatkan atau bonding produk kayu dengan kayu lain atau material yang sifatnya mirip.

Crossbond unggul dalam berbagai aspek mulai dari daya rekat yang sangat bagus sampai ketahanannya yang tak perlu diragukan lagi. Lem ini juga terjangkau dan tidak membahayakan lingkungan. Selain itu, lem Crossbond juga mudah digunakan dan tidak berbau menyengat seperti lem solvent.

Kontak dan Pemesanan Crossbond

Kami menyediakan dua jenis Crossbond yang bisa Anda gunakan. Yang pertama adalah Crossbond X3 dan yang kedua adalah Crossbond X4. Crossbond X3 untuk sambungan-sambungan rangka mebel hingga bangunan indoor. Sedangkan Crossbond X4 untuk perekatan permukaan luas seperti instalasi lantai, veneer, hingga pengeleman tripleks.

lem kayu terbaik

Ayo, segera beli produk lem terbaik ini. Anda bisa membeli secara langsung di Bio Service Point. Atau, Anda juga bisa mendapatkannya via agen kami. Hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut alamat agen kami.

Selebihnya, Anda pn bisa membeli secara online. CS kami akan memandu Anda dengan baik dan responsive selama proses pemesanan sampai barang benar-benar sampai di tempat Anda.

Simpulan

  1. Memilih lem untuk plastik bukanlah suatu pekerjaan mudah karena sifat plastik yang berlainan.
  2. Ada plastik yang mudah dilem, namun ada juga yang tidak.
  3. Secara umum, beberapa tipe lem yang bisa digunakan untuk plastik adalah cyanoacrylate atau super glue, epoksi, structural acrylic, dan juga ethylene vinyl acetate atau Eva adhesive.
  4. Untuk memilih lem yang tepat, pastikan sifatnya cocok dengan material plastik yang akan direkatkan.
  5. Untuk urusan lem kayu, Anda selalu bisa menyerahkannya pada lem Crossbond andalan kami.

Kami berharap informasi yang diberikan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Selalu nantikan artikel menarik lainnya seperti mengenai lem untuk plastik ini di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here