Cara Membuat Tangga dengan Lem untuk Konstruksi Tangga Kayu Crossbond X3

1
7472

Ingin membuat tangga kayu? Pada kesempatan ini, lemkayu.net ingin mengajak Anda untuk membuat tangga kayu sederhana. Namun jangan lupa, selalu gunakan lem konstruksi untuk tangga kayu, Crossbond X3.

Tangga merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki fungsi vital. Bagian ini menjadi penghubung antara satu lantai dengan lantai lainnya. Tangga berguna untuk menyambungkan kedua area tersebut sekaligus sebagai jalan untuk sirkulasi udara dalam keseluruhan bangunan.

CS Lem Kayu

Berdasarkan strukturnya, tangga bisa dibedakan menjadi beberapa bagian. Yang pertama adalah anak tangga (riser), pijakan, serta ibu tangga yang menjepit anak tangga. Selain itu ada pula bagian handrail yang menjadi tempat pegangan serta pagar tangga atau baluster, dan kolom utama. Tiap bagian tersebut memiliki fungsinya tersendiri dan bekerja saling menopang.

Karena fungsinya yang vital, pembuatan tangga harus diperhatikan dengan baik. Tangga yang ideal seharusnya nyaman digunakan, aman, serta memiliki estetika yang menarik. Apa saja yang bisa dilakukan agar tangga bisa terwujud dengan ideal? Jawabannya banyak.

Pertama, karena tangga biasanya terbuat dari kayu, pemilihan kayu harus diperhatikan dengan baik. Pilihlah jenis kayu untuk tangga dengan kekuatan dan keawetan yang baik. Usahakan selalu memilih kayu kelas 1 seperti kayu jati, ebony, hingga ulin. Namun bila dirasa terlampau mahal, Anda bisa menggunakan alternative pilihan seperti kayu kamper dan kayu-kayu yang baik meski tak setingkat dengan jati.

Yang kedua, perhatikan ukuran kayu yang akan digunakan. Perlu diketahui, lebar serta tebal kayu akan berpengaruh secara langsung pada kekuatan struktur tangga. Untuk anak tangga, pastikanlah ukurannya setidaknya 3 cm x 20 cm atau 4 cm x 20 cm. Ukurang yang lebih kecil dari itu dikhawatirkan menyebabkan anak tangga tidak akan kuat saat menerima beban yang berat. Sedangkan untuk bagian ibu tangganya, disarankan ukurannya 5 x 10 cm. Ukuran ini merupakan ukuran standar ibu tangga agar bisa menahan beban pijakan dari anak tangga.

Selain faktor kayu, faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penyambungan antara elemen satu dengan elemen lain. Pemilihan wood joint atau sambungan kayu harus tepat. Wood joint juga harus didukung dengan lem untuk konstruksi tangga kayu yang bagus serta paku atau sekrup.

Faktor berikutnya yang tak kalah penting adalah masalah jenis atau bentuk anak tangga. Terdapat setidaknya 3 bentuk anak tangga kayu, yaitu anak tangga ditakik, anak tangga overlapping, serta bersilang.

Untuk jenis yang pertama, tinggi tangga bisa dibuat mencapai 2 meter dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Tangga jenis ini termasuk jenis tangga tradisional dan untuk peletakannya cukup diletakkan di permukaan tanah keras, dan bagian atasnya dihubungkan pada balok tepi lantai rumah panggung. Untuk anak tangga kedua, yakni overlapping bisa digunakan untuk tangga berkemiringan 24 derajat hingga 45 derajat. Tipe tangga ini biasanya dicirikan dengan sebagian anak tangga yang terlihat di bawah anak tangga yang ada di atasnya (overlap). Terakhir, untuk anak tangga bersilang, aplikasinya bisa diterapkan untuk kemiringan 60 derajat. Tangga ini cenderung tidak nyaman dan karenanya, tidak kami rekomendasikan untuk digunakan sebagai tangga utama.

Prinsip Membuat Tangga Kayu

Di bawah ini kami akan menyajikan prinsip-prinsip dasar cara membuat tangga kayu. Tipe tangga yang dibuat masih sangat sederhana dan hanya bentuk dasar tangga kayu. Namun sebagai pemula, dengan menguasai langkah ini, Anda bisa mengembangkan cara pembuatan tangga kayu yang lebih bagus di kemudian hari.

Alat dan Bahan

Siapkan kayu dan berbagai alat woodworking standar. Anda tak perlu menyiapkan peralatan yang rumit, namun pastikanlah menyediakan clamp press agar perekatan yang diaplikasikan benar-benar kuat. Jangan lupa juga gunakan lem yang kami sarankan di bawah ini.

Rekomendasi Lem untuk Konstruksi Tangga Kayu

Di atas, kami telah menjelaskan bahwa masalah penyambungan merupakan salah satu masalah penting dalam pembuatan tangga. Untuk menghasilkan penyambungan yang kuat, jelas diperlukan bahan pendukung yang juga kuat. Oleh sebab itulah, untuk adhesive yang akan digunakan Anda harus memperhatikannya dengan baik. Kesalahan pembelian adhesive bisa membuat tangga kurang kokoh yang akan sangat membahayakan ketika digunakan.

Rekomendasi kami mengenai lem untuk konstruksi tangga kayu yang bagus adalah Crossbond X3. Adhesive berbasis PVAc ini merupakan lem yang memang didesain untuk kebutuhan konstruksi atau penyambungan. Crossbond X3 memiliki berbagai feature menarik seperti:

1. Daya rekat sangat kuat dengan inner cross linker
2. Aman digunakan
3. Tahan lama
4. Solid content tinggi
5. Mudah digunakan
6. Tahan lama
7. Harga lebih murah dibanding lem sejenis untuk tangga lainnya
8. Cepat kering

lem untuk konstruksi tangga kayu

Lem untuk konstruksi tangga kayu ini bekerja dengan cara meresap ke dalam kayu dan melakukan ikatan kuat yang stabil. Dengan demikian, tangga yang dihasilkan pun bisa menjadi lebih kokoh.

Langkah-langkah Membuat Tangga Kayu Sederhana

1. Ukur jarak ketinggian lantai atas dan bawah yang akan disambungkan dengan tangga.
2. Siapkan kayu dengan ukuran sekitar 5 x 10 cm untuk tiang tangganya. Siapkan 4 kayu dengan ukuran tersebut. Pasangkan masing-masing dua potongan kayu sehingga dihasilkan 2 tiang tangga dengan ukuran yang sama. Untuk panjangnya, sesuaikan dengan ketinggai lantai atas dan bawah.

langkah 1 membuat tangga kayu langkah 2 membuat tangga kayu
3. Untuk menyambungkan kedua kayu pada langkah 2, gunakan Crossbond. Oleskan sepanjang permukaan kayu yang akan direkatkan, lalu aplikasikan clamp. Supaya makin kuat, lakukan juga pemakuan. Lakukan pemakuan secara berkala sepanjang kayu.
4. Potong bagian setengah kayu di bagian ujungnya (lihat gambar).

langkah 3 membuat tangga kayu
5. Tempelkan kayu pada tembok di mana tangga akan diaplikasikan. Kedua tangganya sendiri harus disambungkan di bagian yang ujungnya dipotong dengan kayu lain (lihat gambar).

langkah 4 membuat tangga kayu
6. Sambungkan juga bagian bawahnya (lihat gambar). Lakukan juga pemakuan hingga masuk ke dalam lantai.

langkah 5 membuat tangga kayu
7. Buat landing support ketiga di bagian tengah.

langkah 6 membuat tangga kayu
8. Buat ibu tangga. Potong dengan sudut sesuai dengan yang Anda inginkan.

langkah 7 membuat tangga sederhana
9. Sambungkan ibu tangga dengan tiangnya menggunakan lem untuk konstruksi tangga kayu Crossbond X3. Bila memungkinkan, tempelkan juga pada tembok terdekat.

langkah 8 membuat tangga sederhana
10. Pada ibu tangga, ukurlah secara berkala tempat akan diaplikasikannya anak tangga.

langkah 10 membuat tangga sederhana
11. Aplikasikan bantalan untuk anak tangga. Gunakan Crossbond X3 dan paku agar lebih kuat.

langkah 11 membuat tangga sederhana
12. Potong anak tangga, tempelkan pada bantalan. Gunakan Crossbond X3 dan paku agar lebih kuat.
13. Tangga sederhana Anda selesai dibuat!

Mudah bukan cara membuat tangga kayu di atas? Memang hasilnya masih sangat sederhana. Tangga di atas juga belum memiliki keseluruhan struktur tangga. Akan tetapi, fungsinya tetap sama baiknya asalkan dibuat dengan material kayu yang kuat. Agar semakin cantik, jangan lupa melakukan finishing atau pengecatan pada tangga. Aplikasikan cat atau bahan finishing yang sekiranya cocok dengan tema ruangan di mana tangga itu dilokasikan.

Nah, demikianlah cara membuat tangga atau staircase kayu sederhana ini dengan lem untuk konstruksi tangga kayu Crossbond X3. Semoga bermanfaat ya! Nantikan kembali aneka tutorial dari kami untuk membuat produk-produk serba guna.

Sumber gambar: youtube.com/watch?v=zPBjcL3zo9g

CS Lem Kayu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here