Lem untuk Tangga Kayu? Crossbond X3 Jelas Jawabannya

0
1758

Terpikir membuat tangga kayu sendiri? Misalnya saja untuk bagian rumah yang bukan tangga utama? Mengapa tidak? Bila Anda pekerja woodworking, pembuatan tangga bisa dilakukan dengan mudah. Nah, pada kesempatan ini, kami akan membagikan tips membuat tangga serta rekomendasi lem untuk tangga kayu yang bagus digunakan.

Tangga bisa dikatakan merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki peranan sangat penting. Bagaimana tidak? Bagian ini adalah bagian penghubung antara satu lantai dengan lantai lainnya. Selain itu, tangga juga berguna untuk menyambungkan kedua area tersebut sekaligus sebagai jalan udara (sirkulasi) bagi keseluruhan bangunan.

Bila kita lihat dari strukturnya, tangga bisa dibedakan menjadi beberapa bagian. Yang pertama adalah anak tangga atau biasa disebut riser, pijakan, serta ibu tangga yang bereperan menjadi penyokong anak tangga. Selain itu ada pula bagian pegangan yang disebut handrail serta pagar tangga atau baluster, dan kolom utama. Tiap bagian tangga itu memiliki fungsinya masing-masing dan bekerja saling menopang satu sama lain.

CS Lem Kayu

Mengingat perannya yang sangat penting pembuatan tangga harus diperhatikan dengan baik. Idealnya tangga yang bagus harus nyaman digunakan, aman, dan memiliki estetika atau keindahan yang menarik. Lantas apa saja yang bisa dilakukan agar tangga bisa terwujud dengan baik? Jawabannya banyak.

Yang utama adalah masalah kayunya. Sebab kebanyakan tangga terbuat dari kayu. Pemilihan kayu harus diperhatikan dengan cermat dan baik. Pilihlah jenis kayu untuk dengan kekuatan dan keawetan yang teruji. Usahakan memilih kayu grade pertama atau kelas 1. Misalnya saja kayu jati, ebony, dan ulin. Namun bila dirasa terlampau mahal, gunakan saja kayu alternative seperti kamper dan kayu-kayu sejenis lainnya.

Tips kedua, perhatikan ukuran kayu yang akan digunakan untuk membuat tangga. Perlu diketahui, lebar maupun tebal kayu akan berdampak secara langsung pada kekuatan tangga tersebut. Untuk anak tangga, normalnya ukurannya adalah 3 cm x 20 cm atau 4 cm x 20 cm. Sedangkan bila diterapkan ukuran yang lebih kecil, dikhawatirkan justru malah menyebabkan anak tangga tidak kuat saat menerima beban berat. Sedangkan untuk ibu tangganya, disarankan ukurannya adalah 5 x 10 cm.

Selain aspek jenis dan ukuran kayu, faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penyambungan antara elemen satu dengan elemen lain. Aplikasi wood joint atau sambungan kayu yang tepat harus diupayakan. Wood joint juga harus didukung dengan lem untuk konstruksi tangga kayu yang bagus. Dan karenanya, Anda juga harus cermat dalam memilih lem untuk tangga kayu.

Lem untuk Tangga Kayu Rekomendasi Kami

Lem yang kami rekomendasikan untuk pembuatan tangga adalah Crossbond X3. Adhesive ini merupakan lem konstruksi yang cocok untuk pembuatan tangga. Berbagai feature menarik ditawarkan Crossbond X3 sebagai lem untuk tangga kayu, antara lain:
1. Daya rekat atau kekuatan ikat adhesive yang baik dan tahan lama
2. Ketahanan lem yang baik
3. Sifat lem yang relatif lebih cepat mengering
4. Tidak mengandung zat-zat beracun sehingga sangat aman digunakan
5. Cepat kering
6. Mudah digunakan
7. Tidak menyebabkan cacat warna

Sangat menarik bukan berbagai kelebihan Crossbond X3 di atas? Nah, demikianlah sedikit penjelasan mengenai tips untuk membuat tangga kayu yang ideal. Ingat, jangan lupa, selalu gunakan Crossbond X3 agar tangga yang Anda buat lebih kokoh dan tahan lama.

Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here