5 Tips Mudah Membuat Meja Laminasi Outdoor

0
475

Proses laminasi adalah salah satu proses yang cukup membutuhkan keuletan dalam industri woodworking. Proses ini menampilkan potongan kayu berukuran kecil direkatkan satu sama lain sampai membentuk papan yang lebih lebar.

Manfaat proses laminasi cukup banyak. Pertama, memungkinkan pembuatan papan lebar yang lebih murah dibanding bila Anda menggunakan 100% kayu solid. Kedua, untuk keindahan dalam setiap proses produk tertentu.

Beberapa orang mungkin kurang menyukai tampilan kayu laminasi, namun sebagian yang lain justru menyukainya. Dari aspek kebermanfaatannya, produk papan laminasi bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk bahan meja outdoor.

Membuat Meja Laminasi Outdoor

CS Lem Kayu

Bagi mereka yang bekerja di industri woodworking, teknik laminasi sebetulnya cukup menguntungkan. Selain biaya papan yang lebih terjangkau (dibanding jika seluruhnya dari kayu solid), teknik ini juga ecofriendly sebab bisa memanfaatkan potongan kayu tak terpakai.

Lantas bagaimanakah kayu laminasi sebagai ide usaha? Apakah cukup potensial mendatangkan keuntungan?

Untuk membuat furnitur, pelaku usaha tentu harus mencari ide supaya produknya stand out dan memiliki kualitas yang bagus. Meja dengan papan laminasi di bagian atasnya sebetulnya adalah ide yang menarik. Hanya saja, memang perlu diperhatikan hal-hal khusus supaya hasilnya jauh lebih baik.

5 Tips Membuat Meja Laminasi Outdoor

Untuk mereka yang ingin membuat meja laminasi eksterior, bisa memulainya dengan memperhatikan 5 tips dari berikut ini.

1. Untuk Apa?

Meja laminasi outdoor

Hal pertama yang perlu Anda tanyakan kala membuat meja laminasi adalah kegunaannya. Kira-kira untuk apakah meja itu dibuat?

Apakah untuk meja makan bersama? Ataukah sekadar untuk meletakkan gelas sat sedang minum kopi di teras rumah?

Dengan mengetahui apa yang dinginkan, kita bisa lebih tepat menentukan ukuran sekaligus bentuk meja tersebut. Misalnya, bila kita hendak membuat meja makan, sebaiknya kita membuat meja yang cukup besar, setidaknya untuk 2 keluarga (8 orang).

          Baca Juga: Cara Laminasi Kayu dengan Crossbond X4 Ternyata Sangat Mudah Lho!

2. Perhatikan Ketahanan Bahan Perekatnya

Berbeda dengan meja biasa, bagian atas meja laminasi terdiri dari potongan kayu yang lebih kecil. Potongan-potongan tersebut, sebagaimana dijelaskan di atas, direkatkan satu sama lain. Hasilnya memang cantik, tapi tahankah ia dengan kondisi outdoor?

Agar papan laminasi tidak mudah rusak, ada baiknya digunakan lem yang bagus. Kategori lem bagus adalah jenis lem yang secara teknis pasti memiliki kestabilan meski diletakkan pada kondisi yang naik turun suhu dan kelembabannya.

Di pasaran, cukup banyak tersedia banyak jenis lem. Hanya saja, lem untuk kebutuhan outdoor yang bisa dipakai untuk laminasi kayu memang tidak banyak. Di antara lem yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut adalah Crossbond X4.

Dengan formula PVAc modified, Crossbond X4 adalah lem laminasi untuk kebutuhan outdoor. Selain bisa digunakan untuk membuat papan laminasi, lem ini juga bisa digunakan untuk instalasi lantai decking dan parket.

3. Desain Meja Kayu Laminasi Outdoor

Meja laminasi outdoor

Desain meja laminasi adalah bagian penting yang harus jadi perhatian. Seperti disinggung pada poin 2, papan laminasi berbeda dengan papan kayu biasa. Selain masalah bahan perekat, yang juga perlu diperhatikan adalah masalah daya retak dan kembang susut.

Setiap potongan kayu adalah unit tersendiri. Dan karenanya, faktor luar bisa sangat mempengaruhinya. Sayangnya, kadang sekali hal tersebut bisa menimbulkan efek yang tidak baik.

Kita harus memahami karakter kayu yang digunakan termasuk bagaimana kayu tersebut bereaksi ketika terpapar cuaca ekstrem.

4. Buat Meja Laminasi yang Menarik

Terapkan warna dan desain yang cocok dengan meja laminasi yang kita rencanakan. Misalnya, bila Anda menginginkan tampilan yang rustic, kita bisa menerapkan warna natural dengan kombinasi coating matte. Untuk tampilan shabby chic, kita bisa menerapkan warna pastel yang lembut berpadu dengan sentuhan vintage di sana-sini.

5. Logam

Tak jarang di antara kita yang ingin mengombinasikan bahan logam dengan kayu pada pembuatan meja laminasi outdoor ini. Dan sejatinya hal itu bukan hal yang buruk dan sangat bisa dilakukan.

Justru, meja akan terlihat cantik dengan perpaduan tampilan logam yang lebih classy dan kayu yang natural. Namun demikian, kita harus paham efek-efek kombinasi dari dua material ini untuk produk outdoor.

Logam, seperti besi, rentan mengalami korosi. Proses korosi terjadi ketika molekul Fe bereaksi dengan Oksigen. Seiring berjalannya waktu, proses tersebut akan membuat besi rusak dan menghasilkan karat yang tebal.

Persoalannya, kayu adalah material yang bisa menyerap air. Padahal, bila besi basah karena kelembaban kayu, proses oksidasinya bisa berjalan semakin cepat.

Masalah ini bisa dicegah asalkan Anda lebih teliti. Misalnya, dengan memastikan tidak ada bahan woodworking yang menimbulkan karat di area sambungan kayu dengan logam. Dan, aplikasi cat yang bagus dan tidak mudah rusak, sehingga baik logam ataupun kayu meja terlindungi dengan baik.

Crossbond, Lem yang Cocok untuk Meja Laminasi

Pada akhirnya untuk membuat meja outdoor yang bagus, diperlukan kiat-kiat yang harus diimplementasikan dengan teliti. Termasuk, dijelaskan di atas, gunakan lem yang sesuai peruntukan. Gunakan Crossbond X4 untuk kebutuhan perekatan bagian-bagian penting dari meja laminasi.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here