Tips Agar Meja TV Murah untuk Gaet Lebih Banyak Pembeli

0
1273
meja tv sederhana

Dari berbagai hal yang dipakai orang untuk dijadikan pertimbangan ketika orang membeli barang, harga menempati urutan penting. Demikian juga ketika orang hendak membeli meja TV. Bagi sebagian kalangan, tentunya meja TV murah sangat diperlukan.

Membuka usaha sendiri, jelas merupakan sebuah tantangan. Anda ditantang untuk memahami bagaimana pasar bekerja. Misalnya saja, selera pasar dan daya beli target pasar Anda. Hal-hal seperti ini tentunya membutuhkan suatu bentuk kejelian tersendiri. Salah menetuapkan salah satu kebijakan, misalnya, bisa berimbas pada penjualan yang turun. Begitu pula sebaliknya. Bila kita mampu mencermati hal-hal kecil yang krusial, dampaknya produk yang kita sediakan bisa terjual laris manis. Hal ini berlaku pada berbagai usaha, termasuk usaha pembuatan meja TV.

Sebagaimana yang kita tahu, meja TV atau meja televisi adalah salah satu perabot dengan fungsi sangat spesifik. Meja seperti ini dibuat secara khusus agar aktivitas kita saat menonton TV lebih nyaman dan menyenangkan. Karenanya, aspek-aspek pada meja tersebut wajib diperhatikan, seperti:

  1. Tinggi meja TV
  2. Bentuk meja TV dan penempatannya
  3. Keindahan meja televisi
  4. Kelengkapan komponen meja televisi

Calon pembeli, pasti akan memperhatikan dengan seksama produk yang akan dibelinya. Jadi tidak bisa tidak, kita abai pada berbagai hal tersebut. Namun Anda juga harus ingat, bahwa selain faktor kelengkapan komponen, faktor harga juga turut berperan. Apalagi bila Anda menyasar target pasar yang begitu memperhatikan faktor tersebut.

Menyediakan Meja TV Murah untuk Target Pasar Khusus

Kualitas, harga, dan spesifikasi meja televisi sejatinya harus disesuaikan dengan target pasar kita. Jadi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasi karakter target pasar. Contohnya, bila kita ingin menarget kalangan yang tidak bisa menghamburkan uang begitu saja, akan lebih baik bila kita menyediakan alternatif meja televisi yang terjangkau. Ketidakmampuan kita untuk menghadirkan meja televisi dengan harga yang murah bisa menyebabkan kita kalah dengan pembuat meja televisi kompetitor. Jadi, jangan abaikan begitu saja faktor ini. Nah, pada kesempatan ini, lemkayu.net akan membagikan tips membuat meja televisi murah. Ada 5 tips yang bisa Anda terapkan dengan cara yang sederhana, namun hasilnya luar biasa.

Pilih Bahan Dasar yang Murah

Yang pertama dan paling utama, pilihlah material meja televisi yang harganya murah. Ingat, salah satu yang membuat meja TV kayu solid seperti jati mahal adalah karena harga kayu jati yang memang begitu tinggi. Karenanya, cobalah mencari alternatif bahan atau material yang lain. Misalnya menggunakan:

  1. papan mdfKayu solid yang tidak mahal. Beberapa kayu solid non kelas I biasanya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Kualitas kayu seperti ini memang lebih rendah dibanding kayu solid kelas I seperti jati. Akan tetapi perbedaan harganya memang cukup tinggi. Agar kayu meningkat kualitasnya sendiri, bisa dilakukan beberapa upaya. Misalnya dengan treatment anti rayap dengan insektisida kayu.
  2. Kayu olahan. Kayu olahan secara umum memiliki harga yang jauh lebih rendah dibanding kayu solid. Kayu olahan terdiri dari tripleks, multipleks, MDF, HDF, hingga particle board. Kayu seperti ini memang memiliki tampilan yang buruk. Tetapi, bisa dilakukan finishing tempel dengan pelapis-pelapis seperti veneer.

Dua bahan ini merupakan dua bahan yang dijamin bisa membuat Anda menghasilkan meja TV murah.

Terapkan Desain yang Sederhana

Kedua, aplikasikanlah desain yang sederhana saja. Jangan membuat desain yang rumit. Misalnya saja dengan tidak menggunakan ukiran serta detil-detil yang rumit. Selain itu, kurangilah komponen produk. Buat meja televisi dengan komponen dasar saja. Misalnya, meja TV murah yang berupa rak dengan bagian atas TV, dan satu lapisan lagi untuk menaruh remote hingga VCD.

meja tv simpel

Gunakan Bahan Pendukung yang Berkualitas dan Murah

Ketiga, jangan lupa menggunakan bahan pendukung yang berkualitas tetapi tetap murah. Ingat, pada pembuatan meja, yang dibutuhkan bukan hanya bahan dasar berupa kayu saja. Selain material pokok, juga dibutuhkan bahan pendukung. Salah satunya adalah lem. Perekat diperlukan untuk menyambung komponen meja kayu solid. Selain itu, perekat juga dibutuhkan untuk aplikasi veneer bila Anda menggunakan kayu olahan.

Lem yang kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin membuat meja TV murah adalah Crossbond. Ada dua varian Crossbond yang bisa Anda hasilkan. Yang pertama adalah Crossbond X3 untuk perekatan komponen meja TV, dan yang kedua adalah Crossbond X4 yang bisa dipakai untuk aplikasi veneer pada kayu olahan. Keduanya memiliki fungsi berlainan dan bisa Anda gunakan bersama-sama untuk menghasilkan meja TV murah dengan kualitas yang baik.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Pastikan Proses Produksi Lancar

Berikutnya, pastikan proses produksi lancar. Kelancaran proses produksi meja TV murah sendiri dipengaruhi berbagai aspek. Dua di antaranya adalah:

  1. Kecepatan proses produksi. Semakin cepat berjalan, tentu akan terjadi efisiensi dari segi waktu, biaya, dan juga tenaga. Konsep ini juga sudah dibuktikan berbagai perusahaan di Jepang. Istilahnya adalah JIT atau Just In Time yang mengacu pada proses yang cepat dari tahapan satu ke tahapan yang lain.
  2. Kelancaran proses produksi. Selain kecepatan, proses produksi juga harus lancar. Lancar tidaknya proses produksi sendiri dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah tidak adanya kegagalan pada produk yang dihasilkan. Makin banyak kegagalan, tentunya semakin tidak lancar proses produksinya.

Bila kedua hal ini bisa dimaksimalkan (proses produksi lancar dan cepat), biaya produksi pasti bisa turun, dan pada akhirnya, Anda bisa menghadirkan meja TV murah di pasaran.

Pastikan Proses Penyimpanan yang Aman

Sebenarnya, tips terakhir ini tidak ada hubungannya dengan proses produksi sebagaimana dijelaskan keempat tips di atasnya. Sebab, proses penyimpanan adalah tahapan lain pasca produksi dilakukan. Akan tetapi, tahapan ini sebenarnya sangat penting. Mengabaikan faktor ini bisa berimbas pada kerusakan produk yang Anda buat. Sehingga, pada akhirnya Anda bisa mengalami kerugian yang tidak sedikit. Dan bila itu terjadi, tentunya akan sulit untuk bisa menyediakan meja TV murah.

Nah, untuk memastikan tahapan penyimpanan aman, sebenarnya yang perlu diupayakan tidaklah sesulit yang Anda kira. Anda hanya harus menjaga gudang penyimapanan dengan:

  1. Memastikan kelembabannya tidak tinggi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan menggunakan penyerap lembab seperti container dessiccant pole.
  2. Memastikan kebersihan gudang terjaga.
  3. Pembersihan harus dilakukan berkala, yakni pembersihan harian, mingguan, hingga bulanan.
  4. Memastikan tidak ada lubang masuk untuk rayap dan organisme perusak.
  5. Memastikan komponen bangunan sudah didesain tidak mudah terserang rayap. Misalnya, kayu yang dipakai untuk bangunan gudang sudah ditreatment dengan anti serangga dan antijamur yang bagus.

Hal-hal seperti ini, kelihatannya memang sepele. Tapi sekali lagi, sangat krusial agar Anda bisa menghadirkan meja TV murah tanpa mengalami kerugian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here