Tips Membuat Meja Lipat Anak agar Lebih Bagus

0
1337

Pada artikel sebelumnya, kita telah bersama-sama membahas mengenai cara untuk membuat meja lipat anak. Singkat kata, proses pembuatan furniture tersebut sebetulnya mudah dan bisa dilakukan dengan skill yang tak begitu tinggi. Agar produk Anda makin bagus, yuk simak tips agar meja lipat tersebut lebih unggul dari aspek harga sampai safety.

Sesuaikan dengan Fungsinya

Yang kita buat adaah meja lipat untuk anak. Tetapi apa fungsi dari produk tersebut? Jelas bisa berbeda-beda. Ada meja lipat yang difungsikan sebagai sarana belajar buah hati, ada yang untuk mainan mereka, sampai untuk meja dekorasi di kamar si kecil. Dari fungsi yang berbeda-beda ini, kita harus membuat meja dengan spesifitas sendiri-sendiri. Sebagai contoh:

Baca Juga : langkah sederhana membuat talenan kayu unik

  1. Untuk meja belajar, kita bisa menambahkan semacam laci di bawah papan permukaan meja. Jadi meja juga bisa digunakan si kecil untuk menaruh buku dan alat tulisnya.
  2. Untuk meja mainan, kita bisa menggunakan bahan tak terpakai saja seperti nampan atau baki bekas.
  3. Untuk hiasan, bisa digunakan bahan seperti nampan juga atau bisa digunakan kayu solid tapi ukurannya lebih kecil

Dengan menyesuikan komponen meja dengan fungsinya tersebut, produk Anda pasti akan lebih laku. Apalagi kalau harganya juga lebih terjangkau. Kombinasi komponen yang lengkap dengan harga yang terjangkau biasanya dengan mudah membuat pembeli tertarik.

meja belajar lipat (2)

Cerdas Memilih Bahan

Hal kedua yang perlu Anda cermati adalah bahan yang dipakai untuk membuat meja lipat anak tersebut. Bahan yang dipakai akan berpengaruh pada kualitas dan harga produk. Beberapa bahan yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

  1. Kayu solid kualitas baik, misalnya saja jati. Kayu seperti ini akan membuat produk Anda sangat bagus tapi juga lebih mahal. Apakah ini bahan yang baik sesuai target pasar Anda? Hanya Anda yang bisa menentukannya.
  2. Kayu solid “non unggulan”. Misalnya saja kayu sengon dan pinus. Kayu solid ini tak sebaik jati, tapi harganya jauh lebih terjangkau.
  3. Kayu olahan, misalnya saja kayu MDF dan plywood. Harganya lebih rendah dari kayu solid, namun estetikanya tak sebaik kayu solid.
  4. Berbagai produk bekas seperti nampan dan talenan. Bahan-bahan ini juga bisa dimakeover untuk menghasilkan meja lipat anak yang baru.

Selain bahan kayu, sebetulnya juga bisa digunakan bahan yang lain. Misalnya bahan plasti. Namun kami tidak merekomendasikannya. Kayu jauh lebih aman dan memberikan estetika yang menarik dibanding bahan sintetis. Kayu juga lebih ramah terhadap lingkungan.

Buat Menarik sesuai Selera Anak

Tips berikutnya adalah mengenai estetika produk. Kita harus bisa menyesuaikan agar meja tersebut cocok dengan selera anak. Sebab, anaklah yang menjadi target pasar kita. Membuat meja dengan estetika anak sendiri kadang tricky. Sebab orang dewasa punya selera keindahan tersendiri. Di lapangan pun fenomena seperti ini sering terlihat. Kadang kita mendapati bagaimana orang tua memaksakan produk yang menurut mereka bagus pada anak. Sedangkan si kecil lebih menyukai produk yang menurut orangtuanya tak menarik.

Bias kita sebagai orang dewasa harus dihilangkan agar produk yang kita buat memang cocok untuk si kecil. Caranya? Tak sulit. Kalaupun Anda tak bisa melakukan research sendiri, Anda sebetulnya bisa melihat trend produk yang sukses di kalangan anak. Kira-kira tampilan seperti apa yang mereka senangi? Misalnya, apakah mereka lebih suka permainan warna pastel yang ceria, atau lebih suka produk meja lipat anaknya dibuat dengan gambar tokoh idola mereka? Dengan mempelajari pola-pola ini di lapangan, Anda akan mampu mengarahkan desain produk yang tepat.

meja belajar lipat (2)

Memilih Lem yang Tepat

Sebagai situs yang membahas mengenai dunia perekatan, tak elok rasanya bila lemkayu.net tidak merekomendasikan bahan perekat andalannya untuk pembaca. Memilih lem untuk meja lipat sendiri sebetulnya tak begitu berbeda dengan saat kita memilih lem untuk kebutuhan yang lain. Aspek “dasar” seperti daya rekat, ketahanan adhesive, kecepatan kering, sampai efek lem pada estetika harus diperhatikan. Selain itu, faktor harga juga tak boleh diabaikan. Apalagi bila kita ingin membuat produk meja lipat anak yang harganya terjangkau. Mau tak mau ongkos produksi harus ditekan. Dan salah satunya adalah dengan memastikan bahwa bahan yang dipakai pada proses produksi tidak menyebabkan pembengkakan biaya.

Lem apa yang sebaiknya digunakan? Lemkayu.net masih setia menyarankan kepada Anda produk adhesive Crossbond. Didesain oleh manufaktur lem dan bahan kimia yang konsen dengan aspek kelestarian alam, Crossbond menjadi lem yang sangat cocok dipakai untuk membuat berbagai produk anak. Lem ini pun sudah lama digunakan oleh berbagai industri wooden toys atau mainan kayu untuk menghasilkan aneka mainan. Lem ini memiliki kecepatan kering yang baik, mudah dan praktis digunakan, sangat kuat, dan tidak menyebabkan estetika produk rusak.

Berapa harga Crossbond? Salah satu alasan kenapa lem ini direkomendasikan adalah karena harganya yang terjangkau. Adhesive ini bisa Anda beli dengan harga mulai Rp. 45.000 untuk Crossbond X3 dan Rp. 50.000 untuk Crossbond X4. Murah sekali bukan?

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Pastikan Meja Lipat Anak Tak Membahayakan

Hal terakhir ini sebetulnya wajib selalu diperhatikan saat kita membuat produk apapun untuk buah hati. Ya, safety atau keamanan anak memang harus diutamakan. Sudah kewajiban mereka yang dewasa untuk melindungi anak-anak. Apalagi si kecil juga masih ceroboh dan belum bisa melindungi dirinya sendiri dengan baik. Maka, barang apapun yang diberikan harus benar-benar aman.

Bagaimana cara membuat meja lipat anak yang aman? Jawabannya tak sesulit yang kita kira. Kita hanya harus memastikan bahwa semua bahan yang dipakai aman. Termasuk bahan-bahan yang meresap ke dalam meja lipat tersebut. Jadi, ketika si kecil menjilatnya pun, ia tidak akan mengalami keracunan.

Bila dirinci, berikut ini bahan yang harus diperhatikan keamananya:

  1. Bahan utama yang dipakai
  2. Bahan pendukung seperti adhesive yang dipakai

Yang dimaksud “keamanan” sendiri tak sekedar mengenai zat-zat yang terkandung pada suatu produk. Selain zat-zat yang terkandung, bentuk dan wujud produk juga harus diperhatikan. Salah satunya mengenai bagian sudut meja. Usahakanlah untuk tidak membuat meja dengan sudut lancip. Bagi kita yang dewasa, hal ini terkesan sepele. Tapi tidak demikian pada anak. Begitu juga pemanfaatan bahan logam. Kita harus waspada jangan sampai ada karat yang membuat kesehatan anak terganggu.

Sekiranya, itulah beberapa tips penting yang bisa Anda ikuti untuk bisa membuat meja lipat anak yang bagus. Pada intinya adalah, keseluruhan aspek pembuatan meja harus diperhatikan. Bahkan termasuk mengenai lem yang jarang dibahas orang. Safety juga harus diutamakan selain perkara keindahan mebel itu saja.

Semoga bermanfaat! Terus ikuti update artikel menarik lainnya mengenai tutorial dan tips membuat beragam jenis mebel dan kerajinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here