Cara dan Tips Agar Lantai Kayu Kolam Renang Bagus dan Tahan Lama

0
1942
pool deck alami

Ingin agar wooden pool deck atau dek lantai kayu kolam renang terlihat bagus dan tahan lama? Simak beberapa tips dan caranya di bawah ini. Mulai dari desain yang diaplikasikan, bahan yang dipakai, sampai lem yang diterapkan harus memiliki kualitas dan ketetapatan yang baik.

Pemilihan lantai dekat dengan kolam renang atau biasa disebut pool deck memang demikian menarik. Akan tetapi terdapat persoalan yang sering membuat orang mengurungkannya. Persoalannya terkait dengan sifat organik kayu yang dipersepsi kurang awet dan aplikasinya dekat dengan pool atau kolam renang yang paparan airnya sangat tinggi. Padahal, banyak kayu yang kualitasnya sangat bagus dan akan membuat lantai pool dek tetap bagus dalam waktu sangat lama. Hanya saja, kita memang perlu cermat untuk membangun jenis lantai outdoor ini. Berbagai faktor harus diperhatikan mulai dari alat bahan yang digunakan sampai dengan desain yang diterapkan.

Seperti apa material sampai desain yang tepat untuk pool deck Anda? Kami akan bagikan tips-tips pentingnya di bawah ini.

Agar Lantai Kayu Kolam Renang Tampak Bagus dan Awet

Kualitas Material Dek Kolam Renang

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat pool dek (atau pool deck) yang bagus adalah memastikan bahwa bahan pembuatnya juga memiliki kualitas yang baik. Seperti apakah material yang bagus itu? Untuk menentukannya, kita perlu menelisik terlebih dahulu tantangan-tantangan atau faktor yang bisa mengancam keindahan ataupun keawetan deck kolam renang. Beberapa faktornya adalah:

• Sinar matahari yang tinggi
• Paparan hujan lebat atau pun kecil
• Paparan air di sekitar kolam renang (pool)
• Humiditas atau kelembaban yang tinggi di area kolam
• Faktor fisik berupa tekanan akibat aktivitas yang kita lakukan
• Faktor pembusukan biologis oleh jamur, rayap, hingga bakteri dekompositor
• Berbagai random factor lainnya yang jelas tak bisa disebutkan satu per satu

lantai decking sekitar kolam renang

Dengan kata lain, semua bahan yang digunakan idealnya memiliki resistensi yang baik terhadap hal tersebut. Misalnya:

1. Untuk kayunya, maka kayu yang dibutuhkan adalah kayu kelas I atau kelas atas lainnya. Pilih kayu yang secara khusus tahan untuk kondisi outdoor heavy duty sebagaimana disebutkan di atas. Ulin adalah contoh kayu yang bagus dipakai sebagai material untuk lantai kayu kolam renang.
2. Bahan finishing harus merupakan bahan finishing outdoor dan memiliki karakter anti gores yang baik. Untuk warnanya, pilih pewarna dengan pigmen yang bagus untuk eksterior. Sedangkan untuk coatingnya, gunakan coating berbasis PU atau polyurethane seperti top coat BioThane.
3. Lem yang dipakai juga harus memiliki ketahanan pada cuaca luar. Lem secara khusus harus mampu membentuk ikatan atau bonding tang tak mudah rusak terhadap panas matahari hingga air.

Slope

Saat Anda mendesain lantai kayu kolam renang, jangan lupa bagian slope atau turunannya. Bagaimanapun juga lantai dek pool ini harus memberikan “akomodasi” untuk aktivitas berenang. Pastikan penggunanya dapat nyaman turun ke pool ataupun naik dari kolam renang.

Maintenance atau Perawatan

Selalu pastikan untuk melakukan perawatan pada deck pool Anda. Perawatan yang dimaksud bisa berupa:

1. Pembersihan area deck yang dilakukan secara berkala. Pembersihan secara ringan perlu dilakukan tiap hari. Misalnya dengan menyapu area deck. Sedangkan pembersihan yang lebih intens bisa dilakukan untuk skala 1 minggu. Di sini deck dibersihkan lebih mendetil.
2. Perawatan dengan menggunakan semir kayu. Beberapa produk semir kayu bisa digunakan untuk merawat pool deck kolam renang Anda. Misalnya semir dengan bahan beeswax dan natural oil seperti Biopolish. Semir seperti ini mampu membuat serat kayu lebih halus, menguatkan warna kayu, dan membuat kayu lebih resisten terhadap air.
3. Perbaikan ketika terjadi kerusakan pada lantai. Pemeriksaan rutin dan perbaikan juga perlu dilakukan secara berkala. Perbaikan atas kerusakan pada dek kolam renang akan membantu Anda mencegah kerusakan yang lebih parah.
4. Refinishing atau pengecatan ulang baik untuk warna ataupun untuk coatingnya. Refinishing untuk lantai kayu kolam renang perlu dilakukan apabila cat yang diterapkan sudah mulai rusak. Sebaiknya, bacalah rekomendasi aplikasi cat, dan temukan keterangan ketahanan cat.

Pertimbangan Aspek Keselamatan

Aspek keselamatan juga amat penting diperhatikan. Apalagi bila kolam renang tersebut nantinya juga akan digunakan oleh anak-anak dan orangtua. Beberapa feature keselamatan yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Pagar di pinggir lantai kolam renang. Pagar perlu dibuat juga saat memasang lantai untuk mencegah balita dan anak-anak masuk ke pool tanpa spengetahuan orangtua mereka.
2. Pemilihan bahan finishing yang tak membuat licin.
3. Pemasangan deck pool di mana desainnya tak membuat lantai kayu terus menerus dalam kondisi basah. Sebab bagaimanapun juga, basahnya deck pool dapat membuat lantai tersebut menjadi licin.
4. Pemasangan lantai kayu dengan tekstur yang agak kasar. Kayu bisa dibedakan berdasarkan teksturnya, ada yang teksturnya lembut, sedang, hingga kasar. Sebaiknya untuk lantai kayu kolam renang, gunakanlah kayu yang kasar.

Masih banyak lagi safety tips lainnya. Tapi setidaknya pastikan bahwa desain lantai tersebut tak membahayakan penggunanya sebagaimana dijelaskan pada beberapa poin di atas.

Landscaping

Apa itu landscaping? Landscaping secara ringkas adalah suatu usaha supaya lantai kayu kolam renang yang dibuat memiliki desain sesuai dengan bangunan dan taman di sekitarnya. Lantai deck pool, selain sering diterapkan untuk kebutuhan pribadi, juga sering diterapkan untuk kebutuhan komersil. Misalya sebagai elemen untuk meningkatkan daya tarik atas hotel, resort, bahkan restaurant. Adanya lantai kayu memang terbukti mampu membaut suasana lebih asri sekaligus menarik. Akan tetapi, jelas bahwa perlu desain yang juga bagus pada dek pool seperti ini. Desain deck harus memperhatikan bangunan di sekitarnya dan komposisi taman di mana ia diaplasikan.

Desain deck-nya sendiri sangat banyak. Berikut ini adalah contoh beberala desain lantai kayu kolam renang yang bisa Anda tiru dan sesauikan dengan kebutuhan.

lantai kayu kolam renang mewah

Lantai Kayu Kolam Renang Mewah

Kesan mewah akan membuat kolam Anda mengundang decak kagum orang. Untuk desainnya sendiri bisa ditambahkan elemen-elemen khusus untuk menguatkan kesan luxurious tersebut. Misalnya dengan pemakaian lampu taman yang indah.

Natural

Desain lantai kayu kolam renang yang paling umum diaplikasikan adalah desain dengan kesan natural. Kesan ini disukai dan memang inline dengan pemakaian kayu yang mampu menonjolkan tema-tema nature dan organic.

Minimalis

pool deck modern

Untuk hotel, rumah, perumahan, atau pun resort dengan desain minimalis, maka deck pool yang diterapkan pun tak salah bila desainnya juga turut minimalis. Toh minimalis bukan berarti buruk. Dengan perpaduan pemakaian kayu yang alami, justru lantai terlihat sederhana tapi sangat menawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here