Ternyata Ini Lem Kayu Cair yang Bagus untuk Laminasi

0
2133
kayu lapis

Apa tipe lem kayu cair yang bagus untuk pelapisan? Adhesive untuk pelapisan memang tak bisa disamakan dengan adhesive untuk kepentingan lainnya. Ketika orang sering mengandalkan kekentalan, adhesive untuk laminasi yang bagus justru sebaiknya yang tidak kental bahkan cenderung cair.

Pada berbagai kesempatan kerap orang menggunakan kriteria kekentalan untuk menentukan kualitas lem. Padahal aspek tersebut sebenarnya tak menjamin kualitas lem secara umum. Lem yang kental tidak selalu lebih baik. Ada kalanya, justru lem harus diencerkan terlebih dahulu supaya bisa meresap dan menyebar pada permukaan lebar. Hal ini sangat perlu diperhatikan saat Anda mengelem beberapa produk seperti:

Kayu Lapis

Proses pembuatan kayu lapis melibatkan pengeleman lembaran kayu tipis dengan area yang luas. Oleh sebab itulah dibutuhkan lem seperti kriteria di atas.

Pemasangan Veneer

Veneer merupakan kayu yang dipotong tipis sehingga dihasilkan lembaran yang biasanya digunakan untuk finishing tempel. Lem yang bagus untuk veneer haruslah bisa meresap ke dalam medianya sekaligus bisa menyebar secara merata.

Instalasi Lantai Kayu dengan Lem Kayu Cair

Instalasi lantai kayu juga membutuhkan lem yang mudah menyebar secara merata. Sebab area yang direkatkan memang berupa area luas yang bila tidak dilem secara merata, kualitasnya tak akan optimal.

lem kayu cair

Masih banyak lagi contoh perekatan yang membutuhkan adhesive dengan kriteria daya sebar serta daya serap yang bagus. Namun secara umum, adhesive dengan tipe ini dibutuhkan untuk pengeleman laminasi.

Pengeleman laminasi atau pelapisan digunakan ketika kita hendak merekatkan media yang biasanya berupa bidang datar tanpa wood joint khusus (kecuali finger joint). Selain untuk kayu lapis, pemasangan lantai, hingga pemasangan veneer, tipe perekatan ini bisa kita temukan dalam pembuatan FJLB maupun wall paneling. Bambu laminasi pun secara umum dibuat dengan teknik ini. Yang jelas sebagaimana telah dijelaskan di atas, dibutuhkan lem yang bagus dengan viskositas atau kekentalan yang tak begitu tinggi. Malah kadang-kadang diperlukan lem kayu cair atau cenderung cair.

Contoh lem yang bagus untuk tipe perekatan seperti ini adalah Crossbond X4. Kami menyediakan adhesive tersebut lengkap dengan feature unggulan mulai dari daya rekat hingga keamanannya yang berstandar internasional. Crossbond X4 juga tahan lama dan mudah diaplikasikan.

Menggunakan Lem Kayu Cair Crossbond X4

Dalam pemakaiannya, Crossbond X4 pun lebih hemat digunakan. Baik untuk kayu lapis hingga pemasangan veneer, Anda bisa memanfaatkan Crossbond X4 hanya dengan mengoleskannya saja pada salah satu sisi media. Meski sepertinya tak signifikan, nyatanya pengolesan di satu sisi media ini akan membantu Anda menghemat banyak budget. Apalagi untuk produksi dengan skala besar.

Jadi bila Anda hendak membeli lem kayu cair untuk pelapisan, segera saja andalkan lem terbaik Crossbond X4. Silahkan hubungi kami via kontak yang disediakan pada fitur Pesan Sekarang. Anda dapat segera terhubung dengan CS kami untuk informasi lainnya yang lebih detil.
Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here