Bingung Memilih Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus? Dapatkan Solusinya di Sini!

0
2095

Salah satu bahan vital dalam proses laminasi kayu adalah pengeleman yang dilakukan. Kualitas lem berperan sangat penting untuk menghasilkan produk laminasi yang mumpuni. Lantas, bagaimana cara memilih lem untuk laminasi kayu yang bagus? Apa produk lem yang bisa dipakai?

Pelaminasian merupakan sebuah proses yang bisa merujuk pada dua kondisi. Kondisi pertama adalah ketika sebuah bahan dibentuk menjadi sebuah media yang lebih luas, sedangkan kondisi kedua merujuk pada proses ketika beberapa bahan dilapiskan satu sama lain. Pelaminasian bisa diaplikasikan pada berbagai media. Kayu adalah salah satunya. Bahkan pelaminasian kayu atau wood lamination merupakan salah satu proses kunci dalam industri pengolahan kayu dewasa ini.

Beberapa contoh produk laminasi yang bisa dilihat adalah panel FJLB yang kerap digunakan untuk kitchen kabinet hingga bagian atas meja. Pemasangan lantai pun juga terbilang sebuah proses laminasi. Demikian pula pemasangan dinding panel kayu, pembuatan multipleks, dan berbagai proses sejenis lainnya. Pada berbagai tahapan ini, laminasi memberikan keuntungan karena:

CS Lem Kayu

1. Memungkinkan digunakannya komponen kayu yang lebih kecil
2. Menyediakan kayu dalam bentuk lebih luas
3. Menyediakan kayu dalam ukuran lebih tebal (pada kasus seperti pembuatan multipleks)

Meningkatkan Kualitas Kayu Laminasi dengan Lem yang Tepat

Karena penerapannya dalam bidang woodworking sangat luas, proses laminasi perlu diperhatikan dengan baik hasilnya. Kualitas pelaminasian sendiri tergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah pemakaian lem untuk laminasi yang baik. Sayangnya, memilih lem untuk laminasi kayu yang bagus bukanlah perkara sepele. Apalagi bagi mereka yang masih sangat awam dalam industri woodworking.

Menurut pendapat teknisi-teknisi profesional yang diwawancarai lemkayu.net, berikut ini beberapa aspek utama dan mendasar yang perlu diperhatikan saat membeli lem untuk laminasi.

Tips Memilih Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus menurut Ahli

1. Pilih lem yang memang didesain untuk kebutuhan tersebut. Anda akan menemukan berbagai jenis adhesive di pasaran. Namun jangan hanya melihat adhesive-adhesive tersebut dari merk-nya. Lihatlah klasifikasi adhesive dari fungsinya. Pilih lem yang memang difungsikan untuk perekatan bertipe laminasi. Hindari lem yang jelas-jelas tak bisa digunakan untuk laminasi seperti tipe-tipe lem yang menggumpal.
2. Sebaiknya pilih dari jenis PVAc glue atau lem putih (sering juga disebut lem kayu). Lem PVA memiliki tingkat keamanan yang baik, daya rekat kuat, dan secara umum cocok untuk perekatan laminasi. Tapi ingat sekali lagi, pilih lem PVAc untuk laminasi.
3. Sesuaikan dengan kondisi di mana produk laminasi akan ditempatkan. Secara umum, adhesive bisa dibagi dua berdasarkan ketahanannya, yakni adhesive indoor dan adhesive outdoor. Untuk kebutuhan seperti pemasangan lantai hingga pembuatan furniture kebun (garden furniture), sebaiknya adhesive outdoor yang digunakan.


4. Perhatikan cover area lem. Cover area penting diperhatikan sebab inilah salah satu aspek utama kualitas lem laminasi. Pasalnya perekatan tipe laminasi seringkali memerlukan banyak adhesive untuk luas permukaan yang lebar.
5. Pilih lem yang tak menggumpal. Usahakan memilih lem yang mampu bisa meresap ke dalam kayu, bukannya malah menyebabkan gumpalan tebal.

Didasarkan pada lima kriteria di atas, lem laminasi yang kami sarankan kepada pembaca adalah lem Crossbond X4. Bukan hanya merupakan PVAc glue untuk laminasi, adhesive ini juga dilengkapi dengan berbagai feature unggulan seperti cover area luas, bisa untuk outdoor, dan tidak menyebabkan gumpalan.

Crossbond X4 juga merupakan jenis lem yang menurut Fine Woodworking termasuk lem terkuat dari berbagai jenis lem lainnya seperti epoxy dan urea formaldehida. Sangat menarik bukan? Apalagi harga lem ini hanya Rp. 50.000,- saja dan bisa dipesan secara online via web ini atau berbagai marketplace.

Untuk memilih lem untuk laminasi kayu yang bagus pada dasarnya tidaklah sulit. Mengandalkan kelima poin di atas hingga langsung menggunakan lem laminasi berkualitas seperti Crossbond X4 akan membuat produk laminasi Anda lebih baik.

Lem untuk Laminasi Kayu yang bagus

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here