Lebih Dekat dengan Laminasi Batok Kelapa dan Jenis-jenis Polanya

0
51

Salah satu bahan yang potensinya besar namun jarang diketahui adalah tempurung kelapa. Produk tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan beragam benda, termasuk ketika diolah terlebih dahulu menjadi laminasi batok kelapa.

Cocos nucifera atau pohon kelapa adalah tumbuhan yang hampir semua bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan. Dalam hal ini, bagian tempurung kelapa bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk. Misalnya untuk membuat mangkok, vas bunga, hingga item fashion seperti dompet. Hal ini pun telah kami ulas di artikel terdahulu mengenai batok kelapa.

Namun, di era yang modern seperti sekarang ini, pemanfaatan cocos nucifera tak lagi sekadar itu-itu saja. Teknik laminasi bisa diaplikasikan sehingga membuat bahan tempurung kelapa bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih luas.

Mengenal Laminasi Batok Kelapa

Laminasi adalah sebuah proses menyatukan lempengan yang lebih kecil agar membentuk bidang yang lebih luas. Contoh produk laminasi yang terkenal adalah kayu laminasi. Wood lamination sebagaimana namanya terbuat dari potongan kayu kecil yan kemudian disatukan dengan lem sehingga membentuk papan yang lebih lebar.

CS Lem Kayu

Pada batok kelapa, cangkang buah itupun mula-mula dihancurkan dulu sehingga menghasilkan banyak serpihan. Setelah itu serpih-serpih ini ditata ulang untuk membentuk suatu pola tertentu yang lebih menarik.

Agar lebih jelas, silahkan simak contoh motif dari produk tersebut.

Motif Laminasi Batok Kelapa

Laminasi Batok Kelapa dan Jenis-jenis Polanya
  1. Rajang acak, di mana tempurung digergaji membentuk Rajang, lalu ditata rapat tidak beraturan
  2. Motif pecahan, di mana batok dipecah sehingga serpihnya menjadi tak beraturan untuk kemudian ditata secara rapat dan acak
  3. Motif pecahan belang. Motif ini mirip motif kedua, hanya saja, digunakan aksen belang dengan penggunaan tempurung yang lebih muda
  4. Motif anyam, di mana batok dipotong merajang lalu diatur membentuk pola anyaman
  5. Motif anyaman belang. Motif ini sama seperti motif anyam, hanya saja digunakan selingan tempurung yang masih muda
  6. Motif kotak, di mana tempurung dipotong menjadi kotak-kotak kemudian ditata secara teratur dan rapat
  7. Motif segitiga, di mana tempurung dipotong membentuk serpih segitiga. Setelah itu, potongan-potongan kecil itu disatukan secara rapat
  8. Motif batu bata, di mana batok dipotong dengan bentuk persegi panjang. Setelah itu polanya selang-seling seperti pengaturan dinding bahan bangunan.
  9. Motif pusaran, di mana tempurung kelapa dipotong memanjang lalu ditata sehingga membentuk seperti spiral atau kumparan
  10. Motif blarak, di mana tempurung di potong Rajang untuk kemduian ditata agar menyerupai motif blarak atau daun kelapa

Tiap motif menawarkan estetika tersendiri. Jadi kita perlu memilih motif yang tepat untuk tiap jenis produk yang hendak dibuat.

Tips Memilih Batok Kelapa

Usaha laminasi batok kelapa adalah usaha yang menjanjikan. Sebagai produsennya, permintaan atas produk Anda sangatlah tinggi. Sedangkan bila Anda hanya mengolahnya lebih lanjut, masyarakat pun secara umum menyenangi produk berbasis batok kelapa.

Namun agar lebih maksimal, tentu harus ada beberapa hal yang diprhatikan. Misalnya saja menurut aspek usia tempurung. Semakin tua tempurung, warnanya semakin gelap dan densitasnya semakin tinggi. Secara umum, tempurung tua memang lebih baik asalkan tidak terlampau tua. Sebab bila batok sudah sangat tua, ia justru rentan rusak selama proses pengolahan.

Gunakan Lem yang Bagus

Produk laminasi batok kelapa memerlukan adhesive untuk proses pembuatannya. Selain itu, lem juga diperlukan untuk mengolah lebih lanjut material ini.

Lem harusnya tidak sekadar berdaya rekat kuat, namun juga lebih aman digunakan dan tahan lama. Dan untuk kebutuhan tersebut, kami merekomendasikan dua produk terbaik Bio Industries, yaitu Crossbond X3 dan Crossbond X4. Agar lebih jelas, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Crossbond X4 untuk Pembuatan Laminasi Bato Kelapa

lem laminasi batok kelapa

Untuk pembuatan laminasi batok Anda bisa menggunakan Crossbond X4. Sebab lem ini memang diformulasikan sebagai adhesive untuk pembuatan produk laminasi. Selain tempurung kelapa, Crossbond X4 pun sudah biasa digunakan dalam pembuatan bambu laminasi, teak block, dan produk sejenis yang lain.

Secara khusus Crossbond X4 didesain untuk perekatan menyebar. Dan karena itu, viskositasnya disesuaikan untuk kebutuhan itu. Lem ini pun cepat menyebar dan tidak menimbulkan lapisan yang tebal di area perekatannya.

Crossbond X3 untuk Merekatkan Laminasi Tempurung Kelapa dengan Bahan lain

Crossbond X3 kami sarankan untuk Anda yang hanya mengolah produk laminasi batok kelapa lebih lanjut. Untuk kebutuhan seperti ini, Anda membutuhkan lem untuk kerajinan berbasis PVAc, Crossbond X3.

Crossbond X3 adalah lem untuk joinery dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dari konstruksi hingga pembuatan mebel. Dengan demikian, daya rekat dan ketahanan adhesive ini tak perlu Anda pertanyakan sama sekali.

Contoh aplikasi Crossbond X3 adalah pada pembuatan dompet dari tempurung kelapa. Untuk merekatkan batok dengan bahan dompet yang lain, Crossbond X3 bisa digunakan dengan hasil rekat yang sangat baik.

Kelebihan Crossbond sebagai Lem Laminasi Batok Kelapa

Crossbond X3 dan Crossbond X4 memang menawarkan fungsi yang berbeda. Namun keduanya memiliki kelebihan serupa. Berikut ini beberapa kelebihan lem Crossbond dan kenapa kami sangat merekomendasikannya untuk Anda.

  1. Dari segi daya rekatnya, lem ini menawarkan perekatan yang sangat baik
  2. Dari segi keamanannya, Crossbond adalah PVAc water based yang aman digunakan
  3. Dari segi estetikanya, Crossbond adalah lem yang bagus karena tidak menyebabkan glue line ataupun lapisan film tebal
  4. Dari segi harganya, adhesive ini tersedia dengan harga dan kemasan yang terjangkau
  5. Dari segi pemakaiannya, lem ini bukan hanya sangat mudah digunakan, melainkan juga sangat hemat

Kontak dan Pemesanan

Segera beli dan dapatkan lem Crossbond X3 dan Crossbond X4. Bagi Anda yang tertarik, silahkan kunjungi kami ke Bio Service Point atau agen-agen Bio Industries. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online di situs ini. Atau, bila Anda menghendaki, bisa juga membeli di online shop langganan Anda. Produk kami telah tersebar dalam berbagai bentuk online shopping. Pastikan saja Anda membeli produk asli dari penjual yang terpercaya.

Kesimpulan

  1. Batok kelapa adalah salah satu material yang memiliki potensi pemanfaatan sangat besar. Produk ini bisa digunakan untuk membuat berbagai produk, utamanya kerajinan dengan estetika yang tinggi.
  2. Selain itu, batok juga bisa diolah lebih dulu menjadi produk laminasi. Pembuatan laminasi batok kelapa akan memungkinkan material ini digunakan sebagai bahan baku lebih banyak produk.
  3. Pola-pola laminasi tempurung kelapa pun sangat beragam. Masing-masing memiliki nilai estetika tersendiri.
  4. Di lemkayu.net, untuk mendukung usaha pembuatan dan pemanfaatan produk ini, kami menyediakan lem Crossbond.
  5. Lem Crossbond X4 bisa digunakan untuk pembuatan produk laminasinya, sedangkan lem Crossbond x3 untuk pembuatan kerajinan dari bahan laminasi tersebut.

Semoga informasi mengenai laminasi batok kelapa ini bermanfaat. Terus ikuti artikel edukatif lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here