Cara Membuat Pouch yang Unik

0
31
cara membuat pouch
Image: https://www.omnia.shop/products/pearl-pouch-purse

Bagaimana cara membuat pouch unik? Sebab saat ini, sudah banyak produk serupa yang membanjiri pasar. Membuat yang biasa saja akan membuat produk Anda kurang punya daya tarik.

Pouch adalah salah satu jenis cinderamata yang cukup populer. Orang-orang mencari produk ini ketika sedang mengadakan pesta, liburan atau sekedar mencari referensi produk kerajinan.

Pouch yang mudah dibuat banyak ditawarkan oleh pelaku usaha. Biasanya, UMKM-lah yang mendominasi supply pouch yang kita temui di pasaran.

Sayangnya, meski menarik dan sangat menguntungkan, bisnis ini semakin lama semakin kompetitif. Membuat produk yang biasa saja bisa membuat usaha Anda ketinggalan jauh. Kreativitas diperlukan dalam pembuatan souvenir macam pouch ini.

Cara Membuat Pouch Unik

1. Pouch Kayu (Wooden Pouch)

Pouch bisa dibuat menggunakan bahan kayu, baik itu kayu biasa, ranting, atau engineered wood seperti triplek. Penggunaan kayu memberikan kesan yang elegan sekaligus berkelas.

Aplikasi bahan kayu seperti ini pun sudah diterapkan pada produk jam. Brand Matoa misalnya, terkenal dengan jam tangan yang terbuat dari kayu. Keunikannya membuatnya populer dan dihargai sangat mahal.

Pembuatan pouch berbasis kayu pun tidak sesulit yang dibayangkan orang-orang. Dengan pengetahuan dan keterampilan memadai cara pengolahan kayu terutama untuk kerajinan, Anda dapat merealisasikannya tanpa masalah berarti.

pouch dari rangkaian kayu

Pun demikian dengan bahan-bahannya. Tak sulit mencari peralatan untuk membuat produk pouch dari kayu. Terkait lemnya, Anda malah bisa menggunakan lem Crossbond X3.

2. Natural Fiber Pouch

Indonesia adalah negara yang produksi natural fibernya cukup tinggi di dunia. Banyak jenis natural fiber atau serat alam digunakan.

Di kehidupan sehari-hari, dengan mudah kita bisa mendapatkan serat pelepah pisang, serat eceng gondok, jute, hingga serat pandan.

Sayangnya, belum banyak industri yang tertarik mengolah material ini. Padahal, produk berbasis serat alam memiliki prospek yang cerah baik di dalam ataupun di luar negeri.

Pun begitu dengan pouch. Aneka produk cinderamata seperti pouch juga bisa dibuat dengan bahan alam. Coba lihat sekeliling Anda. Tiap daerah di Indonesia memiliki keunikan flora yang bisa dikembangkan menjadi bahan untuk pouch.

cara membuat pouch dari material fiber

3. Decoupage

Salah satu cara membuat pouch yang unik adalah dengan menerapkan decoupage. Decoupage merupakan suatu teknik dekoratif khusus yang dilakukan dengan cara:

  1. Menempelkan napkin atau gambar pada permukaan media. Perekatannya dapat menggunakan lem Ultra Phaethon.
  2. Pelapisan dengan cat bening seperti top coat berbasis akrilik

Decoupage memungkinkan Anda membuat pouch dengan gambar yang cantik tanpa perlu melukisinya. Teknik ini juga bisa diterapkan pada banyak bahan mulai dari kain, kayu, natural fiber, dan lain sebagainya.

tas bagus dari bahan decoupage

4. Manik-manik

Penggunaan manik-manik juga bisa membuat pouch terlihat lebih indah. Apalagi, manik-manik memiliki tampilan yang beragam. Ada yang cocok untuk pangsa pasar anak-anak, remaja, hingga orangtua.

cara membuat pouch

Manik-manik bisa digunakan mendominasi produk, atau dijadikan elemen dekoratifnya saja. Atau, benda-benda mungil bulat ini juga bisa digunakan untuk menghias bagian pegangan tas. Yang tak kalah menarik, cara membuat pouch dengan manik-manik ternyat jug cukup mudah.

5. Batok Kelapa

Sama seperti natural fiber, Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah produksi kelapa yang tinggi. Malah, sejak beberapa tahun belakangan ini, Indonesia menempati peringkat 1 produsen buah kelapa. Saingan yang cukup membuat Indonesia kalang kabut hanya Filipina.

cara membuat tas dari batok kelapa

Dengan produksi yang demikian banyak, sudah pasti limbah batok kelapa di negara kita sangat tinggi. Sayangnya, potensi tersebut belum banyak dilirik para pengusaha.

Padahal, batok kelapa bisa digunakan untuk membuat banyak produk. Salah satunya tentu saja adalah pouch. Cara membuat pouch dari batok kelapa juga cukup mudah.

6. Eco-Print

Pernahkah Anda mendengar mengenai eco print? Bila Anda tertarik silahkan klik artikel kami tentang Eco Print.

Ringkasnya, eco print dilakukan dengan mencetak warna serta pola pada permukaan kain. Sumber warna dan polanya bukanlah bahan sintetis, melainkan daun dan bunga.

Penggunaan bahan alam itulah yang membuat ide tersebut sangat ramah lingkungan. Dan, setelah kain berhasil diwarnai, Anda bisa menjadikannya bahan pouch dengan desain yang menarik.

7. Kertas

Pouch berbahan kertas memang tidak bisa dijadikan cinderamata utama, hanya bisa digunakan untuk membuat bungkus dari suvenir yang ingin diberikan. Misalnya untuk bungkus suvenir patung mini, asbak, kaktus, hingga perhiasan.

Pouch kerta sendiri cukup banyak dicari. Sebab, sudah sewajarnya bila orang ingin membungkus souvenir yang dibuatnya dengan pembungkus yang cantik.

Jadi, bila Anda ingin menarget sesama pelaku usaha, cobalah cari cara membuat pouch kertas yang bagus. Selain itu Anda bisa menggunakan lem khusus kertas dari Ultra Phaethon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here