Cara Mudah Membuat Hiasan Dinding dengan Warna Charcoal

0
2030
hiasan charcoal (2)

Bosan dan ingin mengerjakan proyek kayu yang lain daripada yang lain? Atau Anda malah sedang ingin membuka usaha dalam industri woodworking? Kenapa tidak mulai dari yang sederhana dulu? Misalnya dengan membuat hiasan dinding warna charcoal. Pasti hasilnya sangat menarik dan bisa dijual dengan mudah.

Finishing Charcoal yang Sedang Naik Daun

Trend warna finishing 2018 membawa dua nama ke puncak pembicaraan. Keduanya adalah patina dan charcoal. Pada pembahasan sebelumnya, kita bersama-sama telah membahas mengenai patina. Warna hasil oksidasi ini rupanya dianggap sangat menarik belakangan ini. Lantas bagaimana dengan charcoal?

Baca Juga : tips membuat kerajinan daun kering

Dari istilahnya, charcoal berarti “arang”. Dan memang, warna ini identik dengan warna arang atau bekas kebakaran. Di Jepang, malah ada suatu teknik tersendiri di mana kayu diolah dengan cara dibakar. Hasilnya selain bisa melindungi kayu, ternyata juga unik dari segi tampilan. Warna terbakarnya kayu inilah yang juga disebut sebagai charcoal.

Dalam dunia woodworking modern, aplikasi warna charcoal lebih sering diterapkan dengan cara memanfaatkan cat-cat tertentu. Salah satu produk cat yang paling banyak dimanfaatkan adalah glaze. Glaze adalah produk cat khusus yang diaplikasikan untuk sekedar memberikan efek warna tambahan sekaligus menguatkan serat kayu. Glaze mampu memberikan aksen charcoal sesuai warna glaze itu sendiri.

Baca Juga : tips membuat kerajinan dari daun kering

Apa Saja Kelebihan Finishing Charcoal?

Ada alasannya mengapa warna charcoal sangat disukai belakangan ini dan bahkan menjadi warna trending 2018. Berikut ini beberapa alasan di antaranya:

1. Memberikan kesan hangat

Warna ini mampu memberikan kesan hangat. Charcoal biasanya juga dibuat dengan aksen kalem sehingga makin memperkuat kesan hangat tersebut.

2. Memberikan kesan unik

Warna ini mampu memberikan kesan yang sangat menarik karena berbeda dari kebanyakan warna konvensional.

3. Bisa diaplikasikan pada beragam gaya

Meskipun tergolong unik, warna ini fleksibel diterapkan. Malah charcoal jauh lebih fleksibel dibanding warna unik lainnya seperti boat hingga patina. Warna ini pun dapat diaplikasikan pada berbagai gaya mulai dari mid century, klasik, gaya futuristik, gaya modern and minimalis dan berbagai gaya yang lainnya.

4. Membuat keindahan serat kayu makin maksimal

Warna ini mampu meningkatkan keindahan serat alami kayu. Pola atau alur serat yang awalnya tak begitu terlihat akan menampakkan keindahannya bila kayu difinish dengan teknik ini. Furniture atau produk kayu yang dihasilkan pun menjadi tampak semakin menawan.

5. Bisa diterapkan pada banyak bahan

Kalau finishing kayu natural hanya bisa diterapkan pada bahan kayu, tidak demikian dengan charcoal. Warna ini bisa diterapkan pada berbagai bahan mulai dari logam, alas sofa, hingga bantal sofa. Selain itu, warna ini juga dengan mudah dikombinasikan dengan warna yang lainnya sehingga memudahkan penggunaannya.

warna charcoal (2)

Yuk, Buat Hiasan Dinding Warna Charcoal

Unik bukan warna charcoal yang sedang trendy ini? Selain bisa diaplikasikan pada berbagai mebel, warna ini juga bisa diterapkan untuk berbagai dekorasi atau hiasan dinding di rumah. Tertarik mencoba membuatnya? Kenapa tidak? Toh caranya sama sekali tidak sulit kok.

Alat dan BahanLem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Yang akan kita buat adalah hiasan sederhana berupa beberapa potongan kayu yang dijadikan satu di atas papan dengan warna charcoal. Hiasan ini nantinya bisa Anda gantung di dinding rumah. Nah untuk membuatnya, pertama-tama, siapkan dulu semua alat dan bahan di bawah ini.

1. Potongan kayu. Anda bisa menggunakan kayu palet atau kayu solid lainnya yang tidak terpakai. Seberapa banyak kayu yang dibutuhkan? Jawabannya tergantung ukuran hiasan yang ingin Anda buat.
2. Papan kayu yang dijadikan alas untuk potongan kayu.
3. Gergaji
4. Amplas
5. BioVarnish warna sonokeling
6. Glaze Black
7. Top Coat Matte dari BioColours
8. Air suling sebagai pengencer
9. Kuas
10. Paku (untuk memberikan kesan tua)
11. Lem untuk kayu Crossbond X4

Setelah semua alat dan bahan di atas siap, kumpulkan di lokasi tersendiri yang sirkulasi udaranya baik.

Langkah-langkah Membuat Hiasan Dinding Warna Charcoal

1. Tentukan dulu luas dan bentuk hiasan dinding kayu yang Anda inginkan. Anda bebas saja membuat hiasan dinding warna charcoal yang besar atau kecil. Bentuknya pun bisa dibuat asimetris sesuai estetika yang Anda sukai. Contoh, Anda ingin membuat hiasan dinding berukuran 60 x 40 cm. Maka Anda bisa menyiapkan papan 60 x 40 cm, dan potongan kayu berukuran 60 x 10 cm sebanyak 4 buah. Atau agar lebih variatif, Anda bisa membuatnya 2 potongan berbeda ukuran pada satu sisi horizontal, jadi ada 8 potongan masing-masing 4 dengan ukuran 40 x 10 cm dan 20 x 10 cm.
2. Setelah potongan kayu dipotong, pastikan potongan tersebut bersih dan kering. Gunakan amplas untuk menghaluskannya.
3. Siapkan BioVarnish Sonokeling. Encerkan dulu dengan air suling perbandingan 1 : 1. Setelah itu tunggu kering, lalu amplas. Lakukan pengamplasan secara ambang saja dengan tujuan agar permukaannya halus.
4. Siapkan Glaze Black. Glaze adalah cat yang fungsinya untuk memberikan efek charcoal.
5. Encerkan Glaze dengan perbandingan 1 banding 5 (1 cat : 5 air). Aplikasikan Glaze, tunggu 5 menit. Setelah itu, sapu Glaze dengan kain bersih.
6. Tunggu sisa Glaze yang masih menempel supaya mengering. Berikutnya, lakukan pengamplasan secara ambang saja dengan tujuan agar permukaannya halus.
7. Aplikasikan top coat matte atau death matt. Setelah itu tunggu kering, berikutnya lakukan pengamplasan. Lakukan secara ambang dan perlahan saja dengan tujuan agar permukaan finishing halus.
8. Setelah semua potongan kayu dicat dengan warna charcoal, siapkan alas kayu. Bersihkan, ratakan, dan keringkan papan tersebut.
9. Siapkan Crossbond X4.
10. Secara bergantian, aplikasikan Crossbond X4 untuk merekatkan potongan kayu pada alasnya. Gunakan Crossbond dalam jumlah cukup dan merata.
11. Tertarik memberikan efek lebih unik pada hiasan? Anda bisa memberikan aksen lebih tua dengan memaku hiasan. Tambahkan saja pemakuan di sisi-sisi pojok potongan kayu.
12. Biarkan lem mengering, dan Anda pun selesai membuat hiasan dinding warna charcoal.

Tips-tips Unik Tambahan

1. Warna charcoal sebagaimana dijelaskan sebelumnya sangat bervariatif. Tak ada salahnya menerapkan warna charcoal yang berlainan pada potongan kayu Anda. Misalnya, bila tadi kita menggunakan BioVarnis Sonokeling, kita bisa menggunakan yang walnut brown untuk yang lain. Atau bila tadi kita menerapkan charcoal black, kita bisa mencoba charcoal grey pada potongan yang lain.
2. Selain menerapkan warna charcoal yang berlainan, kita juga bisa menerapkan teknik kerajinan lain seperti decoupage. Bila Anda tepat memilih napkin decoupage yang sesuai, hiasan pasti akan makin menawan.
3. Jangan sungkan bereksperimen dengan bentuk. Selain bentuk simetris kotak, kita juga bisa membuat bentuk tidak simetris. Bahkan bisa saja kita membentuk hiasan ini melingkar seperti matahari.

hiasan charcoal (3)

Nah, demikianlah sedikit tips dan cara membuat hiasan dinding warna charcoal. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here