Bagaimana Cara Membuat Kerajinan Hiasan dari Daun Kering?

0
26451
kerajinan daun kering lucu

Bagaimana cara membuat kerajinan hiasan dari daun kering? Percaya tak percaya, ternyata caranya sangat mudah. Namun tentu saja diperlukan dukungan adhesive yang kualitasnya tak main-main seperti Crossbond X3.

daun kering

Pernahkah Anda berjalan-jalan di taman dan menemukan keindahan daun-daun kering yang berjatuhan? Warnanya yang jingga kecoklatan dan pola tulang daunnya yang kontras membuatnya terlihat sangat menarik. Bak pelukis handal, alam sepertinya memang selalu memberikan kejutan dengan setiap karya yang dimilikinya.

CS Lem Kayu

Sekarang coba bayangkan bila kita mampu mengabadikan keindahan berbagai daun kering tersebut dalam bentuk craft atau kerajinan? Pasti sangat mengasyikkan bukan? Dan ternyata, tak seperti yang orang pikir, cara pengerjaan kerajinan menggunakan daun kering tidaklah sulit. Memang caranya juga tak semudah membalik telapak tangan. Tapi bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Dengan dukungan bahan berkualitas, terutama dari aspek lemnya, Anda pasti mampu menghasilkan aneka hiasan daun kering yang menawan. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.

kerajinan daun kering lucu

Alat dan Bahan

1. Silica Gel Bio Industries
2. Lem Crossbond X3. Jangan sembarangan menggunakan lem ya. Sebab lem yang kualitasnya buruk bisa menyebabkan daun kering tak menempel sempurna.
3. Kuas kecil
4. Papan kayu dan frame atau piguranya
5. Cat (opsional)

ULTRA-PHAETHON

5 Langkah Mudah Bagaimana Cara Membuat Kerajinan Hiasan dari Daun Kering

1. Pilih daun kering yang warna, bentuk, dan pola tulang daunnya Anda sukai. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks atau taman kota untuk menemukan aneka daun cantik yang bisa dipilih. Bila dirasa perlu, gunakan juga bunga yang Anda suka.
2. Pastikan daun yang Anda pilih cukup tua tapi tidak benar-benar kering. Hindari memilih daun yang sudah sangat kering, sebab daun seperti itu akan langsung rusak begitu kita menekannya.
3. Keringkan daun dalam wadah tertutup berisi silica gel. Lama pengeringan sangat tergantung pada kelembaban daun dan banyaknya daun yang Anda masukkan. Jadi, cek secara berkala (jangan terlalu sering!) kekeringan daun Anda. Ketika daun sudah kering (biasanya lapisannya sudah sangat tipis seperti kertas), Anda bisa mengikuti langkah 4.
4. Siapkan papan kayu, pastikan permukaannya bersih dan kering. Aplikasikan cat bila dirasa perlu.
5. Lem daun kering pada papan kayu dengan Crossbond X3 dan sesuaikan dengan rancangan bentuk yang Anda inginkan. Oleskan tipis saja dan lakukan dengan hati-hati. Selanjutnya tunggu lem mengering dan bingkai papan tersebut dengan figura yang disiapkan.

bagaimana membuat kerajinan hiasan dari daun kering

Lima langkah di atas sangat mudah dilakukan. Jadi jangan ragu untuk mengikutinya. Satu yang harus diingat mengenai bagaimana cara membuat kerajinan dari daun kering yang bagus ialah dengan menggunakan lem hingga silica gel yang baik. Sebab tanpa lem hingga silica gel yang baik, kualitas kerajinan hiasan di atas tak akan benar-benar bagus dan tahan lama.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here