Apa Lem Kayu Parket untuk Lantai Ruangan yang Bagus?

0
1982

Sedang mencari lem kayu parket  yang bagus dan tahan lama? Bila iya, silahkan simak informasi yang akan kami sajikan berikut ini mengenai produk perekat yang tepat serta cara pembeliannya.

Desain interior selalu mengalami perkembangan dibuktikannya dengan adanya berbagai desain interior mulai dari furniture, aksesoris, hiasan dinding dan lain sebagainya. Namun, tren desain ini selalu berputar, salah satunya penggunaan parket.

Parket untuk beberapa tahun terakhir mulai gemar digunakan kembali untuk memberikan kesan rumah semakin elegan dan mewah. Parket saat ini dibagi menjadi dua macam yakni parket kayu solid dan parket sintetis.

Pengaplikasian parket tersebut juga berbeda, banyak hunian rumah lebih memilih menggunakan parket sintetis karena lebih praktis namun tidak jarang pula yang menggunakan parket dari kayu solid karena menginginkan kesan yang lebih natural dan alami.

CS Lem Kayu

Parket sintetis hanya cukup direkatkan saja tanpa harus pres kayu tersebut sehingga prosesnya lebih cepat. Bahkan terdapat beberapa parket kayu sintetis yang sudah diberikan perekat sehingga tinggal pasang saja.

Sayangnya, parket kayu sintetis juga memiliki kelemahan yakni parket ini cenderung licin ketika digunakan untuk menapakkan kaki. Tentu cukup berbahaya bagi anak-anak dan lansia karena permukaannya yang licin.

Sedangkan parket kayu solid lebih keset digunakan sehingga memberikan kenyamanan ketika digunakan. Untuk aplikasi parket solid kayu memang tergolong lebih rumit dibandingkan parket kayu sintetis, Anda harus pres antar kayu sekuat mungkin agar dapat melekat sempurna dan hasilnya pun optimal.

Penggunaan lantai kayu parket ini didukung dengan teknik perekatan tipe laminasi. Jangan khawatir akan ketahanannya. Selama kita menggunakan bahan-bahan yang baik, maka lantai pun akan bertahan lebih lama.

Dalam hal ini, Anda tentu perlu memperhatikan beberapa komponen seperti lem yang akan digunakan untuk merekatkan antar papan lantai kayu. Lem yang berguna sebagai bahan perekat mempengaruhi fungsionalitas lantai sehingga harus dipilih dari jenis yang benar-benar baik.

Karena tidak sedikit lem kayu memiliki daya rekat yang lemah sehingga membuat parket kayu akan mudah bergelombang. Selain itu, parket kayu juga tidak dapat melekat dengan sempurna. Jadi, Anda harus memperhatikan berbagai fitur kelebihan lem yang akan digunakan sebagai pengelem lantai kayu.

Lalu bagaimana memilih lem kayu laminasi yang bagus untuk parket? Berikut penjelasan lem laminasi yang bagus untuk mengelem parket.

Memilih Lem Kayu Palet Berkualitas untuk Lantai Ruangan

Dalam mengaplikasikan parket untuk lantai interior maka tidak boleh secara sembarangan dalam memilih lem. Karena tidak semua jenis lem memiliki kerekatan yang kuat ketika digunakan sebagai lantai kayu.

Salah satu kriteria yang harus diperhatikan dalam pemilihan lem adalah masalah ketahanannya. Bila kita asal menggunakan lem yang kualitasnya buruk, jelas saja lantai akan dengan cepat rusak dan harus segera direnovasi.

Tentu akan memakan waktu serta biaya apabila harus merenovasi ulang lantai kayu tersebut. Ketahanan lem memang sangat mempengaruhi kualitas parket nantinya. Terlebih parket tersebut digunakan sebagai lantai yang setiap harus harus bergesekan.

lem untuk laminasi kayu yang tepat

Selain ketahanan maka dibutuhkan cara pengaplikasian yang tepat sehingga parket dapat melekat dengan sempurna. Bagaimana cara mengaplikasikan lem kayu yang tepat untuk parket:

  1. Bersihkan terlebih dahulu lantai dari debu.
  2. Lapisi lem pada bagian sisi parket kayu dengan cara laminasi. Tunggu hingga kering
  3. Ulangi pelapisan tersebut hingga semua sudah terpasang. Pastikan setiap parket terpasang dengan baik (tidak melembung atau lepas)
  4. Setelah kering, bersihkan permukaan parket tersebut hingga siap untuk dilapisi pernis.

Terlihat sederhana namun apabila tidak dilakukan dengan teliti dan hati-hati maka hasilnya akan berantakan dan ketahannya pun tidak akan sama. Maka dari itu, selain pemilihan lem maka pastikan cara pengaplikasian lem serta peletakan parket dilakukan secara benar.

Untuk penggunaan parket maka dibutuhkan lem yang khusus digunakan dengan cara laminasi. Mengingat masih sedikitnya lem kayu di pasaran maka disarankan untuk menggunakan lem kayu Crossbond X4.

Kenapa harus dengan lem Crossbond X4? Ketahanan lem memang memberikan hasil yang baik pada media yang dilapisinya. Selain awet dan kuat, faktanya terdapat faktor lain yang mesti diperhatikan.

Ada faktor lain yang tak bisa kita abaikan selain faktor umum seperti daya rekat hingga daya sebar lem. Faktor tersebut adalah keamanan bahan adhesive. Keamanan yang dimaksud adalah bahan yang digunakan pada adhesive tersebut.

Jangan salah. Hingga hari ini, banyak lem kayu palet dan berbagai jenis adhesive lainnya megandung bahan membahayakan. Penggunaan produk seperti itu jelas saja akan menyebabkan paparan berbahaya bagi kita terutama anak-anak yang suka bermain di lantai.

Dengan kandungan  bahan yang aman membuat anak-anak akan lebih nyaman bermain dan orang tua tidak perlu khawatir lagi. Maka dari itu, selain memperhatikan kualitas lem laminasi sebaiknya perhatikan kembali kandungan bahan yang terdapat didalamnya.

Crossbond™ X4 adalah lem kayu parket dengan bahan dasar PVAc yang kami rekomendasikan untuk perekatan laminasi seperti lantai kayu. Produk adhesive ini secara khusus didesain untuk tipe perekatan tersebut tanpa menggunakan bahan yang membahayakan. Produk ini pun bisa diaplikasikan pada media lain termasuk bambu, rotan, dll.

Jadi, baik untuk lantai ataupun kerajinan dari material serat alam akan sangat efisien jika menggunakan lem Crossbond X4. Ditambah, lem ini juga tidak menimbulkan masalah ketika dilapisi dengan solvent seperti cat.

Jadi, lem Crossbond tidak hanya cocok digunakan oleh users dengan DIY saja melainkan juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha kerajinan ataupun perkayuan. Terlebih saat ini banyak tren hiasan dinding yang menggunakan lem untuk laminasi kayu.

Karena kandungan bahan pada lem Crossbond aman digunakan maka Anda dapat menembus pasar internasional dengan mudah. Banyak buyer dari mancanegara yang saat ini sangat memperhatikan kandungan bahan suatu produk kayu baik lem, kayu hingga bahan finishing.

Keunggulan CROSSBOND X4

  1. Daya rekat kuat. Dengan daya rekat yang kuat membuat lem Crossbond X4 dapat bertahan lama setelah diaplikasikan ke media
  2. Daya sebar luas. Anda dapat menggunakan alat khusus aplikasi lem atau menggunakan kuas ketika mengaplikasikan Crossbond X4. Sebab, dengan daya sebar yang luas membuat le mini lebih efektif ketika diaplikasikan karena tidak memakan waktu.
  3. Viscositas lem medium. Ketika diaplikasikan, lem tidak tebal sehingga Anda tidak akan menghabiskan banyak lem /tidak boros lem.
  4. Tidak menyebabkan glue line dan tidak tebal. Crossbond X4 termasuk lem yang praktis dan mudah diaplikasikan bahkan oleh orang yang masih awam karena tidak menimbulkan glue line.
  5. Termasuk lem water based. Ini lah salah satu alasan Crossbond X4 termasuk lem yang aman digunakan karena penggunaan bahan yang terbuat dari air.
  6. Cepat kering. Karena penggunaan bahan dari air membuat lem akan lebih cepat kering.
  7. Didesain khusus untuk tahan lama. Lem ini mampu bertahan lama bahkan oleh paparan sinar matahari ataupun karena kelembaban.
  8. Tahan solvent. Setelah diaplikasikan, lem ini dapat dilapisi dengan cat solvent apapun tanpa mempengaruhi ketahanannya.
  9. Mudah dibersihkan
  10. Aman dan ramah lingkungan
    1.  

Informasi Cara Beli Crossbond

Pembelian Online

Dengan kecanggihan teknologi tentu saja berpengaruh pada proses jual-beli. Ada beberapa cara untuk membeli lem Crossbond, yakni

Anda dapat menghubungi customer service Bioindustries pada nomor kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda dapat menghubungi via e-mail [email protected]

Kini produk-produk Bioindustries termasuk Crossbond juga terdapat di e-commerce kesayangan Anda yakni,

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Pembelian Offline

Untuk pembelian offline, Anda dapat mengunjungi kantor Bio industries berikut

  1. Bio Center Yogyakarta Phone / fax: 0274 388301 Hp / WhatsApp: Klik Di Sini e-mail: [email protected]
  2. Bio Service Point Jepara Phone: 0291 598992 e-mail: [email protected]
  3. Bio Service Point Cirebon Phone: 0231 320759 e-mail: [email protected]
  4. Agen-agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

Menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan akan membuat lingkungan lebih nyaman. Seperti halnya Crossbond dan produk Bioindustries lainnya yang memang diformulasikan sebagai bentuk ikut dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Penggunaan produk yang tidak aman digunakan tentu akan berdampak pada lingkungan dan kesehatan Anda ataupun orang-orang terdekat Anda. Bahkan banyak kandungan dari produk seperti lem, cat, lilin dll yang justru berbahaya bagi lingkungan seperti polusi udara.

Polusi udara yang disebabkan oleh produk-produk tersebut tidak hanya sekedar mencemari udara bahkan berdampak pada lapisan ozon. Senyawa yang terkandung hingga menyebabkan lapisan ozon rusak adalah VOC.

VOC sendiri sudah dianggap berbagai oleh regulasi internasional yakni United State EPA (Enviromental Protection Agency) karena dampak yang ditumbulkan. Maka dari itu, merujuk dari standar regulasi US EPA inilah Crossbond diformulasikan khusus menggunakan bahan-bahan yang aman dan tidak menyebabkan masalah pada kesehatan ataupun lingkungan.

Masih ingin menggunakan produk lem yang berbahaya? Terlebih dengan bau menyengat yang justru berbahaya bagi kesehatan? Yuk beralih kepada produk yang ramah lingkungan seperti produk-produk dari Bioindustries ini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here