Cantiknya Kabinet Bambu dengan Lem untuk Laminasi Bambu Berkualitas ini

0
1255
kabinet dapur bagus

Wow, rupanya bahan bambu bisa digunakan sebagai material pembuat kabinet. Ini dia keindahan kabinet dapur dari bambu yang didukung perekat terbaik, lem untuk laminasi bambu berkualitas, Crossbond!

kabinet dapur bagus

Produk-produk bambu yang diolah dengan teknik pelapisan atau laminasi kini makin marak digunakan. Penggunaan yang fleksibel dan harga yang kompetitif menjadi dua alasan utama papan bambu disukai pelaku usaha. Di luar itu, papan bambu juga masih menunjukkan keindahan khas bambu yang berbeda dari kayu. Pola serat bambu yang unik dengan kombinasi warnanya yang terang bisa membuat produk yang dihasilkan lebih segar dipandang. Contohnya bila kita menerapkannya untuk membuat kabinet dapur.

Benar. Kabinet dapur selama ini banyak memanfaatkan kayu laminasi. Misalnya saja plywood hingga panel FJLB. Tapi rupanya, furniture seperti ini pun bisa dibuat dengan bahan bambu. Sangat menarik bukan? Tentu ini kabar gembira bagi masyarakat sebab pilihan mereka makin beragam.

Tips Membuat Kabinet Dapur dari Bambu Lebih Berkualitas

Meski berpotensi menjadi produk kegemaran masyarakat, produsen kabinet bambu harus ekstra hati-hati. Selama ini, bambu dianggap sebagai material yang kurang awet dibanding kayu. Bisa saja stigma ini masih bertahan. Apalagi bila kita tidak memaksimalkan kualitas kabinet yang dihasilkan. Kabinet dapur boleh saja cantik, namun bila kurang awet, apa gunanya?

Untuk itulah, diperlukan usaha-usaha khusus. Dan karena bahan yang harus awet adalah bambu laminasinya, maka penggunaan lem wajib Anda perhatikan. Lem bisa dibilang kunci keawetan bambu laminasi setelah karakter bambu itu sendiri. Lem yang dipilih untuk bambu laminasi harus kuat, tahan air, tahan panas, dan tahan solvent.

1. Kuat, agar bambu laminasi lebih kokoh menyangga beban berat.
2. Tahan air, solvent, dan panas, agar ketika digunakan untuk keperluan memasak, kabinet tak mudah rusak.

Tapi Anda tak perlu khawatir memilih adhesive dengan kualitas-kualitas di atas. Pasalnya, saat ini telah tersedia adhesive khusus untuk laminasi bambu, Crossbond X4. Lem ini termasuk jenis lem PVAc namun telah dimodifikasi agar waterproof, tahan solvent, hingga panas. Lem untuk laminasi bambu berkualitas ini juga termasuk jenis lem yang tipenya menempati urutan pertama lem terkuat menurut Popuolar Woodworking Magazine.

Bambu juga Harus Dipilih yang Bagus

Sebagaimana disebut di atas, pemilihan lem untuk laminasi bambu harus dipilih dengan kriteria khusus. Bahan bambunya pun sebaiknya ditentukan yang sudah tua, dari jenis tahan hama, densitas tinggi, dan ukurannya setidaknya standar.
Dengan memastikan penggunaan lem untuk laminasi bambu berkualitas serta karakter bambunya sendiri, maka kabinet dapur pun pasti lebih mudah dibuat bermutu tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here