Dengan Ini, Furniture Rotan Bisa Awet Cantiknya!

0
1440
furniture rotan

Rotan yang merupakan serat alam adalah salah satu material yang memiliki fleksibilitas dan durabilitas yang baik. Kedua karakter tersebut membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture. Meski demikian, penggunaan furniture rotan bukannya tanpa memerlukan syarat perawatan. Perlu dilakukan kiat-kiat tertentu agar mebel ini bisa bertahan lebih lama.

furniture rotan

Jangan Biarkan Terlalu Kering dan Terlalu Basah

Rotan yang digunakan sebagai bahan baku mebel umumnya sudah dikeringkan sedemikian rupa. Tetapi, bukan berarti kita lantas mengaturnya agar selalu kering. Justru bila rotan dibiarkan dalam kondisi itu terlalu lama, substratnya akan makin mengering, rapuh, retak, dan pada akhirnya rusak. Oleh karena itu, jagalah rotan dari paparan langsung panas dan berbagai faktor pengering lainnya.

Baca Juga : ini cara membuat keranjang buah dari bahan rotan

Namun membiarkan rotan dalam kondisi terlalu basah atau lembab pun bukan pilihan baik. Kondisi ekstrim dan dalam jangka panjang yang lembab dapat menyebabkan rotan membusuk dan diserang jamur.

Pada intinya, keseimbangan harus diutamakan. Anda bisa menggunakan pemoles kayu seperti Biopolish untuk memberikan perawatan pada natural fiber ini. Penggunaan pemoles kayu bisa membuat serat alami rotan lentur sehingga tidak mudah rusak, namun juga tidak menyebabkan kelembaban tinggi.

Bersihkan secara Berkala

Lakukan perawatan dasar seperti membersihkan furniture rotan dari debu secara berkala. Lakukan pelan-pelan baik dengan kain maupun dengan vakum. Sprayer juga disarankan digukan untuk menjangkau detil-detil yang kecil. Jangan lupa keringkan mebel dengan tuntas pasca pembersihan ini.

Perawatan untuk Mencegah Jamur

Resiko serangan jamur akan meningkat bila mebel rotan dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan (baik saat digunakan, disimpan di gudang, atau dikirim dalam kontainer). Untuk mencegahnya, gunakan humidity absorber pada kontainer dan ruang penyimpanan. Sedangkan untuk mengatasi jamur yang sudah tumbuh, gunakan fungisida yang tepat. Jangan lupa setelahnya, kontrol kondisi lingkungan agar kelembaban tidak tinggi dan tempat peletakan bersih.

Segera Perbaiki

Kerusakan fisik sangat mungkin terjadi pada furniture rotan yang kita gunakan sehari-hari. Bila terjadi kerusakan semacam ini, segeralah lakukan perbaikan agar masalah tidak merembet kemana-mana. Selalu sedia lem kayu di rumah Anda. Dengan lem, Anda bisa segera menempel kembali bagian mebel rotan yang rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here