Begini Cara Membuat Tongkat Rotan Sederhana!

1
3283

rotanRotan, selain memiliki guna untuk membuat mebel, juga bisa dipakai untuk mempercantik benda lainnya. Misalnya pembuatan tongkat dengan lilitan rotan yang secara estetika terlihat sangat menarik. Bagaimana cara membuatnya? Bagi Anda yang ingin berkreasi dengan bahan ini, yuk simak dulu langkah-langkah cara membuat tongkat rotan di bawah ini.

Produk yang Akan Dibuat

Produk yang akan dibuat pada artikel ini adalah tongkat kayu yang dimodifikasi dengan melilitkan rotan melingkar mengelilinginya. Dengan cara ini, tongkat akan terlihat lebih menarik tanpa harus diaplikasikan cara yang lebih sulit seperti pemahatan.

Baca Juga : cara membuat keranjang buah dari rotan

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan produk ini adalah:

  1. Tongkat kayu
  2. Rotan
  3. Lem Crossbond™ X4
  4. Kawat tipis

tongkat rotan

Cara Membuat Tongkat Rotan

  1. Amplas, bersihkan, dan keringkan tongkat kayu. Sementara itu, lenturkan rotan dengan cara merendamnya. Untuk sementara lilitkan juga rotan pada tongkat yang lain.
  2. Aplikasikan lem (keadaan rotan sudah dikeringkan) pada kayu yang dililit rotan. Gunakan Crossbond™ X4. Usapilah beberapa cm tongkat kayu dengan Crossbond™, lalu lilitkan rotan. Lakukan begitu terus hingga bagian kayu yang ingin dililiti rotan sudah habis.
  3. Diamkan hingga mengering. Pastikan kondisi rotan selalu terjaga melingkar. Anda bisa menggunakan clamp press khusus atau menggunakan tali yang diikatkan di beberapa bagian yang mudah lepas.
  4. Lilitkan kawat tipis.
  5. Selesai.
  6. Tips
  7. Aplikasikan finishing yang menarik sesuai selera Anda. Secara garis besar, ada tipe finishing natural transparan dan ada pula tipe finishing solid.
  8. Cegah substrat rotan dalam keadaan kering dengan waktu cukup lama. Secara berkala, olesilah rotan dengan poles atau semir alami kayu. Dengan begitu, serat rotan akan senantiasa halus, dan tidak mudah rusak.
  9. Bila Anda ingin menjualnya, jangan lupa gunakan silica gel pada kemasan tongkat rotan tersebut. Pastikan juga kemasannya bersih dan tertutup rapat.
  10. Aplikasi kawat tipis pada beberapa bagian tongkat rotan harus dilakukan dengan hati-hati. Pilih kawat yang ukurannya memang benar-benar tipis sehingga tidak merusak estetika tongkat.

cara membuat tongkat dari rotan

Demikian tips dan cara membuat tongkat rotan. Ayo, berkreasi sekarang juga!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here