5 Contoh Hiasan dari Rotan Super Unik

0
2512
vas bunga rotan

Penasaran dengan cantiknya hiasan dari rotan? Mari simak informasi di bawah ini dan temukan tips untuk membuatnya lebih baik.

Rotan merupakan salah satu spesies tanaman merambat yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Tanaman ini telah lama digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat Indonesia. Anda kenal peribahasa “Tak ada rotan, akar pun jadi” bukan?  Dari peribahasa tersebut, kita tahu bahwa sejak lama bahan ini sudah dicari dan digunakan nenek moyang.

Dari beragam produk rotan sendiri, hiasan dari bahan ini adalah salah satu yang sering digunakan. Meski tak sepopuler mebel dari rotan, namun rattan decorative nyatanya mampu membuat suasana ruangan semakin tampak menarik. Berikut ini beberapa contoh hiasan dari bahan tersebut.

5 Contoh Hiasan dari Rotan

Spiral Rotan di Dinding

CS Lem Kayu

Pada tipe hiasan ini, Anda mengatur agar rotan dibentuk seperti spiral. Aplikasikan finishing sesuai warna yang Anda inginkan, gantung atau tempel di tembok, dan jadilah hiasan cantik di rumah Anda!

Bola-bola Rotan

Bola-bola rotan terbuat dari kumpulan simpul rotan yang didesain sedemikian rupa. Bola-bola ini dapat diisi dengan lampu ataupun diwarnai dengan beragam finishing yang Anda rasa bagus.

Sangkar Burung Mini

Gunakan rotan untuk membuat sangkar burung mini. Anda bisa mengisinya dengan bunga, burung plastik/hias, hingga burung asli. Letakkan di meja atau gantung di salah satu bagian tembok. Pasti suasana ruangan jadi lebih segar.

sangkar burung rotan (2)

Vas dari Rotan

Anda juga bisa menggunakan rotan untuk membuat hiasan berupa vas. Tipe vas ini pun pasti akan sangat cocok untuk diterapkan pada rumah bergaya vintage dan rustic.

Korden Hias untuk Dinding

Pada jenis dekorasi ini, Anda hanya tinggal menyusun rotan secara horizontal dan vertikal. Gantung di tembok, dan selesailah langkah yang harus dikerjakan. Meski sederhana, namun nyatanya efeknya bagus.

dekorasi rotan

Tips Pembuatan Hiasan dari Rotan

  1. Rancang sesuai tema ruang di mana craft tersebut akan diletakkan.
  2. Gunakan lem yang kuat seperti Crossbond.
  3. Aplikasikan finishing yang menarik baik untuk hiasan natural maupun non natural. Jangan biarkan rotan digunakan tanpa dicat. Bila Anda ingin mempertahankan warna alami rotan, gunakan saja cat atau coating transparan. Sebab dengan aplikasi cat, diharapkan rotan tak langsung diserang faktor perusak seperti jamur. Sehingga usia pakainya pun lebih lama.
  4. Hindarkan hiasan dari panas matahari langsung dan kelembaban yang terlalu tinggi.
  5. Aplikasikan pemoles seperti Biopolish untuk mempertahankan keindahan furniture dari rotan.
CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here