Mengenal Gergaji Bundar: Dari Sejarah hingga Variannya

0
189

Gergaji bundar adalah salah satu alat yang praktis digunakan dalam pengolahan kayu.

Dengan apa orang memotong kayu? Beberapa dari Anda akan menjawab gergaji. Gergaji yang dimaksud biasanya ukurannya tidak begitu besar dan memiliki bentuk memanjang ala trapesium.

Tipe gergaji tersebut memang salah satu yang sangat populer. Anda akan menemukannya di pabrik furnitur besar hingga di rumah masyarakat pada umumnya.

Gergaji sangat praktis digunakan untuk memotong kayu-kayu dengan ukurang sedang hingga kecil. Harganya pun juga terjangkau.

Iklan Biothane Banner perkenalan CS Lem Kayu

Namun demikian, gergaji yang kita kenal tersebut sebetulnya hanya satu dari sekian jenis gergaji yang ada di lapangan. Salah satu tipe yang sangat menarik untuk dibahas adalah gergaji bundar atau circular saw.

Apa itu Gergaji Bundar?

Gergaji bundar circular saw atau pada dasarnya adalah gergaji yang digunakan untuk memotong berbagai material dengan mata pisau atau bahan abrasive yang berputar pada poros tertentu. Penggunaan alat ini umum di bidang pengolahan kayu, logam, plastik, hingga konstruksi bangunan.

Untuk bisa berputar pada porosnya, pada zaman dahulu gergaji bundar memanfaatkan tenaga uap. Memasuki era modern saat ini, gergaji bundar bekerja dengan memanfaatkan daya listrik. Namun, tak sedikit juga circular saw yang mengandalkan mesin hidraulik ataupun bahan bakar minyak seperti solar.

Ciri-ciri umum pemotongan dengan circular saw,

  1. Hasil pemotongan cukup akurat
  2. Area pinggiran yang dipotong akan menjadi kasar dan perlu diperhalus dengan kertas amplas
  3. Area yang dipotong pada bagian tengah umumnya cukup halus
  4. Settingan alat harus dilakukan secara geometris (memperhatikan arah)

Untuk Apa Alat itu Digunakan?

Hingga hari ini circular saw atau gereja bundar banyak digunakan untuk,

  1. Memotong batang pohon menjadi kayu-kayu log lebih kecil
  2. Memotong bahan logam hingga plastik yang keras
  3. Kebutuhan woodworking yang lebih simpel seperti dalam pembuatan mebel
gergaji bundar portable

Untuk tiap tujuan penggunaan tersebut, circular saw hadir dengan spesifikasi dan ukuran yang berbeda. Contoh, pada kebutuhan untuk memotong log-log menjadi lebih kecil, jenis yang umum digunakan adalah saw mill dengan mata pisau yang diamaternya bisa mencapai 3 meter. Untuk kebutuhan woodworking simpel, orang-orang bisa memanfaatkan portable saw yang ukurannya tidak besar.

Cara Kerja Gergaji Bundar

Untuk tipe yang umum, biasanya kayu yang akan dipotong di-clamp dulu dengan kuat. Setelah itu, gergaji dilewatkan untuk memotongnya. Pada varian seperti table saw, gergaji diposisikan stagnan dan material kayu dilewatkan padanya supaya terpotong.

Jenis-jenis Gergaji Bundar

Beberapa jenis circular saw bisa dibedakan menurut faktor-faktor tertentu. Berikut ini di antaranya.

Sawmill

Pada mulanya, sawmil didesain untuk memotong kayu dengan ukuran lebih kecil setelah melewati pemotongan dengan gergaji lain. Namun sejak tahun 1822, desainnya diubah menjadi lebih besar hingga berdiameter 3 m dan memanfaatkan circular saw.

Beberapa menyebut bahwa inovasi itu pertama kali diterapkan di Belanda. Namun, tak sedikit juga yang mengatakan bahwa penggunaannya pertama kali berlokasi di Inggris.

Meski demikian, pada mulanya pun inovasi tersebut dianggap kurang praktis. Sebab dengan ukuran mata pisau yang besar, dibutuhkan kekuatan ekstra. Barulah setelah alat bisa disambungkan dengan mesin uap, ia mulai disukai para woodworker.

gergaji bundar sawmill
Sumber: pinterest.com

Cordwood

Gergaji cordwood sering disebut juga dengan istilah buzz saw. Tipe ini termasuk dalam varian gergaji bundar karena menggunakan mata pisau serupa sawmill.

Hanya saja, apabila sawmill memotong kayu menurut pola seratnya, cordwood memotong pola serat itu sendiri.

Diameter mata pisau cordwood beragam dari 510 mm hingga 910 mm. Penggunaannya banyak ditemukan pada proses pemotongan log dan sisa potongan sawmill.

Di masa lalu, cordwood sangat terkenal di Amerika. Orang-orang pedesaan Amerika menggunakannya untuk memotong kayu bakar. Namun dengan produksi gergaji yang lebih mudah dipakai (chainsaw), perlahan popularitas cordwood mulai menurun. Apalagi, banyak yang menganggap tipe ini kurang aman.

Gergaji Bundar Elektrik

Di masa lalu beberapa alat seperti sawmill memanfaatkan tenaga uap. Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan gergaji yang memproduksi alat serupa namun dengan sumber energi yang berbeda.

Yang paling populer tentu saja tipe elektrik dengan baterai. Salah satu perusahaan yang mempelopori tipe ini adalah Silksaw. Bukan hanya bisa bekerja dengan baterai, tipe ini juga portable sehinga mudah dibawa kemana-mana.

Cold Saw

Cold saw adalah jenis gergaji bundar yang banyak digunakan pada proyek pengolahan logam. Diameter mata pisaunya cukup luas dengan poros yang berputar. Ada tiga tipe mata gergaji yang dipakai, yakni yang solid, segmental, dan carbide.

Abrasive Saw

Beberapa circular saw memanfaatkan diamond blade. Hal ini untuk menghindari abrasi yang diakibatkan karena alat dipakai untuk memotong material berat. Misalnya semen, aspal, logam, batu-bata, dan juga keramik.

Baca juga: Prospek Kerajinan Sabut Kelapa

Selain tipe-tipe umum di atas, klasifikasi gergaji juga bisa dilakukan menurut faktor lain, misalnya:

  1. Menurut daya yang dipakai; ada yang elektrik, menggunakan BBM, mesin hidraulitik, mesin uap, dan manual.
  2. Menurut kemudahan pemindahannya; portable atau non portable
  3. Fungsi umum; memotong bahan kayu vs non kayu. Khusus untuk kayu masih bisa dibedakan lagi, yakni untuk memotong kayu berukuran besar atau kayu berukuran kecil
  4. Menurut proses kerjanya: kayu dilewatkan pada mata pisau atau mata pisau dilewatkan pada kayu
  5. Menurut tipe pemotongannya: searah pola serat atau memotong pola serat

Apakah Gergaji Bundar ‘Worth It’ untuk Dibeli?

Apalah alat ini worth it untuk dibeli? Jawabannya tergantung kebutuhan Anda. Misal, Anda bekerja sebagai petani kayu, investasi pembelian sawmill adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Namun, bila Anda adalah seorang pengrajin kayu biasa, tentu table saw lebih masuk akal untuk dibeli.

Bagaimana bila Anda hanyalah orang awam yang sesekali perlu memotong kayu bakar? Bila demikian adanya, sebaiknya beli saja hand saw tipe universal yang harganya murah.

Iklan Biothane utama CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here