Semua Tentang Meja yang Perlu Anda Tahu!

0
1338

Apa itu meja? Apa saja jenis dan manfaatnya? Berapa harga produk ini? Semua hal mengenai meja akan dibahas pada artikel kali ini.
Apa Pengertiannya?

Sebagai salah satu furniture yang punya banyak manfaat, meja atau dalam Bahasa Inggris disebut table adalah furniture yang digunakan untuk meletakkan sesuatu dengan bagian atas berupa potongan dengan ukuran beragam.

Tak ada yang tak mengenal mebel ini. Semua lapisan masyarakat yang dibedakan atas etnis hingga status sosial mengetahui mebel tersebut. Bahkan tiap budaya biasanya memiliki bentuk khas sendiri-sendiri. Contohnya adalah Japanese table.

Meski beda dengan varian meja secara umum, namun Japanese table memiliki fungsi dan struktur serupa sebagaimana kebanyakan produk sejenis lainnya. Japanese table memiliki ketinggian yang rendah dan biasanya dipasangkan dengan bantalan kursi kayu atau dudukan yang khusus.

Dalam perkembangannya saat ini, fusi desain dan bentuk produk tersebut juga sering terjadi. Misalnya, aplikasi ukiran jepara untuk produk modern yang menghasilkan suatu keindahan tersendiri.

Jenis-jenis Meja

Memiliki manfaat yang begitu banyak sebagaimana disebut di atas, tentu furniture ini memiliki banyak jenis atau macam. Pembagiannya didasarkan pada berbagai aspek mulai dari bentuk, penempatan, fungsi, desain, hingga bahan pembuatnya.

Macam Meja Menurut Bentuknya

Pengategorian termudah untuk membagi meja adalah menurut bentuknya. Beberapa variannya antara lain adalah:

1. Bundar
2. Segi empat
3. Persegi
4. Segitiga
5. Bentuk alami kayu (misalnya bentuk membulat bonggol atau batang pohon besar)
6. Bentuk “abstrak” atau khas menurut desainernya. Bentuk-bentuk seperti ini biasanya memang dibuat secara khusus supaya mampu memperlihatkan kesan yang tak biasa.

Macam Meja menurut Penempatannya

Berdasarkan penempatannya, ada setidaknya tiga jenis furniture ini.
1. Pertama, yang diletakkan di tengah ruangan. Misalnya dining table dan rest room table
2. Kedua, diletakkan mepet pada tembok (biasanya membelakangi dinding). Contohnya adalah TV table dan coffee table
3. Ketiga, diletakkan di sudut ruangan. Corner TV table adalah contoh produk menyudut yang didesain sedemikian rupa sehingga cocok diletakkan di sudut ruangan. Biasanya bagian belakang furniture dibuat membentuk segitiga.

Jenis Meja Menurut Fungsinya

Menurut fungsi atau gunanya, berikut ini macam-macam meja:

1. Untuk makan
2. Untuk belajar
3. Untuk ruang tamu
4. Untuk tempat kopi atau coffee table
5. Untuk bar kitchen
6. Untuk berjualan
7. Untuk dekorasi
8. Untuk menaruh berbagai barang seperti TV
9. Dan masih banyak lagi yang tak dapat disebut satu per satu.

meja kopi

Varian Meja Menurut Desain

Berdasarkan desainnya, macam meja sangat banyak dan mustahil untuk disebut satu per satu. Namun bila kita kelompokkan menurut eranya, berikut ini contoh pembagian berdasarkan desain:

1. Desain Tua, misalnya gaya Eropa klasik, gaya Indonesia, gaya kolonial Belanda, gaya Oriental, dan gaya-gaya khas lainnya
2. Desain baru, misalnya desain minimalis, kontemporer, gothic, futuristic, hingga natural. Desain ini diciptakan oleh berbagai desainer furniture yang memang ahli di bidangnya.

Selain dua kelompok di atas, ada juga produk baru yang dibuat khusus nampak lawas. Misalnya desain meja gaya shabby chic. Gaya ini mengkombinasikan kesan tua dan indah secara bersamaan.

Biasanya, diaplikasikan warna pastel lembut dan kesan rusak atau cacat di sana-sini. Bentuk produk juga dibuat klasik sehingga kesan lawas yang timbul makin kuat.

Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Berdasarkan bahan pembuatnya, meja bisa dikelompokkan dalam banyak jenis. Misalnya saja, produk yang terbuat dari kayu, plastik, logam, kaca, dan kombinasi berbagai bahan tersebut.

Secara umum, material yang paling banyak dipakai untuk membuat produk ini adalah kayu. Bahan lain sering dipakai sebagai bahan pendukung atau sampingan.

Meski demikian, berbagai bahan lain terus dibuat dan menciptakan inovasi-inovasi khusus. Yang terbaru adalah stainless steel. Bahan stainless steel sebagaimana namanya akan membuat table Anda mudah bernoda. Sehingga cocok untuk dipakai sebagai kitchen furniture atau untuk berjualan. Meski tetap saja, bahan paling favorit untuk produk ini tetaplah kayu, baik itu kayu solid ataupun kayu olahan.

Beberapa kayu olahan yang kerap dipakai untuk membuat produk ini antara lain:

1. MDF dan HDF atau Medium Density Fiberboard dan High Density Fiberboard
2. Particle board
3. Plywood
4. Blockboard

panel hpl dan mdf

Bahan-bahan di atas memang tak sebaik kayu solid. Akan tetapi, harganya jauh lebih murah dibanding kayu solid.

Aneka Contoh Gaya Desain

Sebagaimana disebut di atas, varian desain meja sebetulnya sangat banyak. Kita jelas tak bisa menyebutnya satu per satu. Namun sebagai gambaran, berikut ini contoh desain produk dengan beberapa style atau gaya yang memang populer.

Minimalis

Adalah gaya yang hanya memanfaatkan elemen fungsional. Segala detil yang tak perlu harus disingkirkan, termasuk aplikasi ukiran.

Bohemian

Merupakan style desain yang mengkombinasikan kesan etnik, natural, hangat, hingga messy.

Shabby Chic

Merupakan gaya yang mengkombinasikan kesan tua dengan kesan cantik dan lembut.

model meja makan shabby chic

Indonesian Style

Adalah style desain khas negara kita yang meliputi seluruh produk dengan keindahan budaya tiap etnis.

Renaissance

Adalah gaya dari Eropa terutama pada zaman pencerahan atau renaissance.

meja renaissance

Berapa Harga Meja?

Lantas berapa harga furniture ini? Jawabannya tergantuk spesifikasi produk yang akan Anda beli. Bila Anda hanya ingin membeli produk lipat untuk belajar, jelas budget yang disediakan jauh lebih rendah. Namun beda lagi bila Anda ingin membeli produk dengan gaya tua yang sudah langka. Tak bisa tidak, Anda pasti harus membeli dengan harga yang mahal.

Mudahkah Membuat Meja?

Membuat meja bisa dikatakan gampang-gampang susah. Dari segi bentuk, kebanyakan di antara kita memang akan menggampangkan proses pembuatan produk ini. Sebab struktur produk ini memang sangat sederhana. Bagian pokoknya adalah bagian kaki serta permukaan meja.

Meskipun demikian, kenyataannya, tak semua orang bisa membuat furniture ini. apalagi dengan tingkat ketelitian yang baik. Bandingkan saja misalnya, produk buatan pengrajin profesional dan masyarakat awam. Pasti kerapian dan kekokohan produk akan terlihat superior pada meja yang dibuat oleh pengrajin profesional.

Membuat Meja dengan Crossbond

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Kami punya tips tersendiri bagi Anda yang ingin membuat meja lho! Pertama, kalau Anda masih awam, jangan abaikan yang namanya ketelitian pengukuran. Untuk membuat meja yang bukan hanya rapi namun kokoh, ketetapan pengukuran sangat krusial. Pasalnya ketidakcermatan pengukuran bisa menyebabkan penyambungan antar komponen tidak bisa berjalan baik.

membuat meja

Tips kedua dari kami adalah aplikasi Crossbond ketika Anda hendak membuat meja. Lem kayu khusus tersebut memiliki berbagai formulasi yang membuatnya kuat, tahan lama, aman, tapi juga sangat mudah digunakan. Crossbond bisa digunakan untuk sambungan ataupun pelapisan.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai meja. Semoga bermanfaat ya! Terus nantikan update artikel kami di lemkayu.net! Kami akan senantiasa membagikan berbagai informasi menarik seputar dunia furniture dan pengeleman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here