Hati-hati Memilih Lem yang Kuat untuk Bambu!

0
1091
Lem Yang Kuat Untuk Bambu

Proses pengolahan bambu menjadi beragam produk modern, memerlukan lem dengan daya rekat yang baik. Atau dengan kata lain, lem yang kuat untuk bambu menjadi kebutuhan krusial atas dihasilkannya bambu-bambu berkualitas.

Teknologi telah membawa kita memasuki era baru di mana hal yang dulunya sulit dilakukan, kini makin mudah dilakukan. Pengolahan bambu ialah contohnya. Substrat silindris dari tanaman rumput-rumputan tersebut kini bisa diolah menjadi lantai, furniture, panel dinding, atap, hingga vinir!

Namun tentu saja dalam pengolahan bambu menjadi berbagai produk tersebut, diperlukan bahan-bahan pendukung yang kualitasnya harus diseleksi dengan ketat. Aspek kekuatan ialah salah satunya. Tingkat kekuatan atau daya rekat lem bahkan bisa disebut sebagai aspek inti produk perekat.

Lem Yang Kuat Untuk Bambu

Tips Mendapatkan Lem yang Kuat untuk Bambu

CS Lem Kayu

Kehati-hatian atau lebih tepatnya kecermatan dalam memilih produk adhesive harus selalu diutamakan terkait dengan aspek daya rekatnya. Yang pertama harus diingat adalah tidak bisa disamakannya produk lem yang satu dengan yang lain hanya karena bahan dasarnya sama. Lem PVAc merek A misalnya, tentu memiliki kualitas kekuatan yang berbeda dibanding lem PVAc merek B. Demikian juga lem epoksi merek A yang tak mungkin sama persis dengan lem epoksi merek B.

Lem Yang Kuat Untuk BambuHal kedua yang perlu dicermati adalah berkembangnya anggapan di masyarakat yang tidak selalu tepat. Misalnya asumsi-asumsi yang berkembang seperti kekuatan lem PU dan epoksi yang pasti selalu lebih baik dibanding lem PVAc. Hal demikian nyatanya tidak selalu berlaku. Majalah Fine Woodworking telah menemukan bahwa pada pengujian terhadap aspek daya rekat lem, performa adhesive berbasis PVAc bahkan lebih baik dibanding lem epoksi dan PU.

Crossbond merupakan contoh lem PVAc dengan kekuatan unggulan. Lem yang kuat untuk bambu ini bekerja pada level molekuler menciptakan perekatan ekstra dengan ikatan-ikatan inner cross yang tepat dan spesifik.

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah aspek atau fitur lem terkait di luar masalah kekuatannya. Sebab meski sangat penting, namun kekuatan saja tak cukup untuk membuat sebuah produk bambu berkualitas. Mulai dari daya tahan sampai dengan pengaruh lem pada estetika juga turut harus diseleksi. Dengan demikian, lem yang kuat untuk bambu pilihan Anda bisa benar-benar menghasilkan bambu bermutu tinggi.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here