Jenis Lem untuk Bambu yang Cocok Apa ya?

0
6351
panel-bambu
Bamboo panelling

Apakah jenis lem untuk bambu yang cocok digunakan? Pada dasarnya, proses perekatan dilakukan dengan memperhatikan banyak faktor. Akan tetapi, secara umum wajib diperhitungkan mengenai media yang akan dilem, bahan lem, dan metodenya. Ketiga faktor di atas tidak boleh hanya diperhatikan sendiri-sendiri. Diperlukan kecocokan antar faktor-faktor tersebut. Misalnya antara bahan lem dengan media yang akan dilem. Mau sebagus apapun produk perekat yang digunakan, namun bila tidak sesuai dengan medianya, lantas untuk apa proses pengeleman tersebut dijalankan?

Contoh lain yang tak kalah penting adalah tujuan pengeleman kita dan kaitannya dengan tipe perekatan yang diwujudkan. Sebagai contoh, bila kita akan mengelem panel-panel kayu, jelas metodenya sangat berbeda dengan pengeleman antar komponen mebel. Pada pembuatan panel kayu, tipe perekatannya adalah tipe laminasi yang sejenis dengan perekatan pada lantai parket sampai decking. Sedangkan perekatan antar komponen furniture lebih mendekati tipe perekatan konstruksi.

panel-bambu
Bamboo panelling

 

Crossbond™

CS Lem Kayu

Dengan berbekal pengetahuan di atas, hendaknya Anda mengidentifikasi dulu kebutuhan pengeleman yang diperlukan. Sehingga Anda tidak akan dibuat bingung dengan produk perekatan yang jumlahnya begitu banyak di pasaran. Anda tinggal menyortir tiap produk perekat berdasarkan kebutuhan Anda. Bukan malah sebaliknya.

Lem yang kami rekomendasikan sebagai jenis lem untuk bambu yang cocok adalah Crossbond™. Crossbond™ terdiri dari dua varian yang bisa dipilih berdasarkan jenis perekatannya:

Crossbond™ X3 untuk Konstruksi

lem kayu palet untuk kabinet dapurAdalah bahan perekat berjenis lem putih atau PVAc. Produk ini didesain khusus sehingga cocok digunakan untuk bambu, kayu, dan substrat sejenis lainnya. Crossbond™ X3 dianjurkan untuk produk yang akan diletakkan dalam ruangan atau indoor. Produk ini secara umum unggul karena daya rekatnya, daya sebar, tidak berbau, mudah digunakan, murah, dan ramah lingkungan.

Crossbond™ X4 untuk Laminasi

jenis lem untuk bambuUntuk pembuatan panel bambu atau bamboo paneling, lantai, dst, Anda bisa memanfaatkan adhesive Crossbond™ X4. Crossbond™ X4 adalah lem resin alifatik yang bisa digunakan untuk outdoor maupun indoor. Secara umum, produk ini juga unggul karena daya rekatnya, daya sebar, tidak berbau, tahan cuaca, mudah digunakan, murah, dan ramah lingkungan.

Mana jenis lem untuk bambu di atas yang cocok untuk Anda? Silahkan Anda tentukan sendiri sesuai keperluan!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here