Rekatkan Sambungan Bambu Ini dengan Lem untuk Konstruksi Bambu Crossbond X3

0
1313
lem bambu murah untuk mebel

Tak kalah dengan kayu, bambu pun punya aneka bamboo joint tersendiri. Dan sama seperti kayu juga, aplikasi sambungan bambu tersebut membutuhkan dukungan lem untuk konstruksi bambu yang bagus, Crossbond X3.


Sambungan adalah sebuah area di mana dua komponen produk disatukan hingga terbentuk sebuah struktur. Sambungan biasanya menerapkan desain tersendiri yang kemudian didukung dengan paku, lem, maupun tali. Aplikasi sambungan ini dengan mudah kita temukan pada kayu, namun bukan berarti pada bambu tak ditemukan beragam jenis sambunga. Berikut ini contoh jenis-jenis sambungan konstruksi bambu.

Jenis Sambungan Bambu

Interlocking Connection

Adalah sambungan yang dibuat dengan menggunakan alat khusus “connection”. Diperlukan satu bambu yang dipasang pada alat tersebut.

Keunggulan dan Kekurangan

CS Lem Kayu

Dari segi kekuatannya, sambungan ini memiliki kekuatan yang baik dan dapat digunakan untuk beragam keperluan. Meski demikian, biaya pembuatan sambungan ini tergolong tinggi.

Double Butt Bent Joint

Adalah tipe sambungan bambu yang melibatkan beberapa galah. Untuk membuatnya, satu bambu yang diposisikan vertikal dipilih berdiameter d, sedangkan yang horizontal dibentuk lubang berbentuk D.

Keunggulan dan Kekurangan

Sambungan ini sangat menarik dan secara teknis sederhana. Namun pengerjaannya membutuhkan perlengkapan khusus. Selain itu, kekuatannya juga kurang bagus.

Plug-in

Adalah tipe sambungan bambu yang membutuhkan dua bilah bambu dan satu bilah bambu tambahan. Dua bambu dilubangi secara vertikal (yang pertama) dan horizontal (yang kedua). Potongan bambu lain kemudian dimasukkan di bambu yang dilubangi secara horizontal hingga disambungkan ke lubang vertikal (bambu pertama).

Keunggulan dan Kekurangan

Tipe sambungan ini secara visual bisa memberikan tampilan menarik dan bisa menahan beban berat. Apalagi dengan dukungan lem untuk konstruksi bambu Crossbond X3. Kekurangannya, terletak pada pengerjaannya yang rumit.

Positive fitting connections

Positive Fitting Connection adalah jenis sambungan bambu yang biasanya digunakan untuk mebel maupun konstruksi pada bangunan.

Keunggulan dan Kekurangan

Dari segi visual, sambungan ini memiliki tampilan yang menarik dan tidak membutuhkan bambu dalam jumlah banyak. Namun sambungan ini bisa menurunkan kekuatan bambu itu sendiri dan cara pengerjaannya tergolong rumit.

Friction-tight Rope Connection

Sebagaimana istilah “rope” pada nama sambungan ini, proses pembuatannya memerlukan tali. Sambungan ini paling banyak digunakan, baik untuk kayu maupun mebel.

Keunggulan dan Kekurangan

Dari cara pembuatannya, sambungan bambu ini sebetulnya mudah dibuat dan hasilnya pun memberikan tampilan menarik. Selain itu kekuatannya juga bagus. Meski demikian, sambungan ini memiliki kekurangan berupa syarat tekniknya yang harus benar-benar baik.

Aplikasi Lem untuk Konstruksi Bambu Joint
Selain dibutuhkan ketepatan bentuk serta desain agar bamboo joint di atas bisa menyambungkan elemen produk dengan kuat, juga diperlukan dukungan dari lem untuk konstruksi bambu.

Tipe lem konstruksi, sebagaimana yang kita tahu adalah lem yang digunakan untuk pembuatan rangka. Tipe lem seperti ini sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pembuatan ranga baik itu kayu maupun bambu. Lem konstruksi akan membuat sambungan benar-benar menyatu sehingga friksi atau ketegangan antara dua komponen produk yang disambungkan berkurang dengan penyatuan keduanya.

Di lemkayu.net ini, kami secara khusus menyediakan lem untuk konstruksi bambu Crossbond X3. Berbasis PVAc glue, lem ini memiliki kekuatan, ketahanan, kemudahan aplikasi, hingga tingkat keamanan yang baik. Crossbond X3 juga memiliki tingkat keamanan yang baik, bahkan sudah food grade. Adhesive ini akan sangat cocok diandalkan untuk berbagai tipe penyambungan bambu di atas. Tertarik membeli Crossbond X3? Pesan langsung via kontak CS kami yang tertera di laman website ini.

 

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here