Pengertian Dovetail dan Lem Kayu Konstruksi untuk Sambungan Dovetail yang Tepat

0
1134
sambungan dovetail

Menjadi salah satu sambungan terkuat, aplikasi dovetail tak bisa dilepaskan dari penggunaan lem kayu untuk konstruksi sambungan dovetail yang bagus. Apa sebenarnya sambungan dovetail dan seperti apa lem yang direkomendasikan? Yuk, simak infonya berikut ini.

sambungan dovetail

Sambungan dovetail atau biasa disebut fantail joint merupakan salah satu teknik penyambungan yang paling umum diaplikasikan dalam pembuatan furniture, kabinet, hingga konstruksi bangunan. Dengan kekuatannya yang mampu memberikan semacam kuncian, sambungan ini menjadi banyak diaplikasikan pada bagian pinggir sebuah produk.

CS Lem Kayu

Desain sambungan dovetail melibatkan dua kayu yang bagian ujungnya dibentuk saling melengkapi. Mirip dengan finger joint, diaplikasikan semacam jari namun dengan bentuk trapesium. Selanjutnya kedua kayu tersebut disambungkan satu sama lain menggunakan adhesive dengan kekuatan yang baik.

Sejarah Dovetail

Dilihat dari asal usulnya, sambungan ini diduga telah lama diaplikasikan manusia sejak zaman pra sejarah. Misalnya saja yang paling tua diketahui adalah ditemukannya furniture dari zaman Mesir Kuno serta pusara kaisar China yang sudah menggunakan sambungan ini.

Aplikasi

Sambungan dovetail dikenal sebagai sambungan yang sangat kuat karena desain jarinya yang dibuat sedemikian rupa. Seperti telah disebutkan di atas, hampir tak mungkin kedua kayu yang disambung dengan joinery ini bisa dipisahkan ketika lem sudah diaplikasikan. Meski demikian lem yang digunakan tentu harus benar-benar bagus.

half blid sambungan dovetail

Untuk aplikasinya, dovetail secara umum banyak digunakan untuk boks atau kotak perhiasan, kabinet dapur, hingga berbagai produk lainnya yang memerlukan kekuatan tinggi. Namun demikian, tingkat kesulitan pengerjaan sambungan ini memang tinggi dan memerlukan skill mumpuni dari woodworker.

Lem Kayu Konstruksi untuk Sambungan Dovetail

Peran lem untuk konstruksi sambungan kayu termasuk dovetail bisa dibilang begitu krusial. Sebab meski sambungan ini punya kuncian yang bagus, akan tetapi tanpa adanya adhesive, kekuatan kuncian tersebut akan sia-sia saja.

Yang harus diingat saat membeli adhesive untuk sambungan ini adalah:

1. Kekuatan lem
2. Ketahanan
3. Efeknya pada estetika (apakah lem menyebabkan glue line?)
4. Keamanan

Dari berbagai lem di pasaran, lem kayu konstruksi untuk sambungan dovetail yang kami rekomendasikan ialah Crossbond X3. Lem tersebut kuat, tahan lama, tak menyebabkan glue line, dan food grade.

Lem Kayu Konstruksi untuk sambungan Dovetail

Tipe Dovetail

Wood joint ini bisa dibedakan menjadi beberapa tipe. Misalnya saja dovetail basic (dasar), half blid dovetail, secret mitred dovetail, hingga double lapped dovetail. Masing-masing tipe punya sedikit perbedaan pada desain sambungan dan bisa dibedakan untuk kebutuhan berlainan.

Demikian sekilas informasi penting mengenai sambungan dovetail. Jangan lupa aplikasikan sambungan ini dengan lem kayu konstruksi untuk sambungan dovetail Crossbond X3.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here