Ini Dia Lem Kayu Cepat Kering untuk Konstruksi Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan!

0
2612
sambungan pada meja

Kualitas adhesive untuk kebutuhan konstruksi tak bisa hanya dilihat dari aspek daya rekatnya saja.

Salah satu aspek krusial yang harus diperhatikan adalah kecepatan kering lem. Seperti apa lem kayu cepat kering untuk konstruksi itu dan apa nama lem yang bisa diandalkan? Simak informasinya berikut ini.

Wooden construction atau konstruksi kayu merupakan rangka yang dibuat menggunakan material kayu untuk mewujudkan bentuk tertentu. Rangka seperti ini bisa digunakan untuk menghasilkan struktur sebuah produk, mulai dari furniture hingga bangunan.

Bahkan kerajinan atau craft pun membutuhkan rangka dalam proses pengerjaannya. Bisa dikatakan hampir semua produk berkayu dan beberapa produk non kayu membutuhkan rangka seperti ini. Di rumah-rumah, kita bisa mendapatinya dalam pembuatan rangka atap hingga tiang-tiang dinding.

Dalam bidang furniture, kita bisa mendapatinya saat mengamati rangka dasar aneka mebel mulai dari yang 100% terbuat dari kayu, hingga sofa-sofa empuk dengan busa dan kain. Kerajinan pun dihasilkan dari rangka dasarnya terlebih dahulu yang kerap memanfaatkan bahan kayu.

Pemanfaatan kayu selain mudah dicari dan telah lama digunakan, juga memberikan banyak keuntungan. Di antara berbagai keuntungan tersebut adalah kenyamanannya saat digunakan dan sifatnya yang bisa lebih lama dipakai.

Beberapa material seperti besi hingga plastik sintetis boleh saja dipakai untuk menggantikan kayu. Akan tetapi pemakaiannya seringkali dianggap kurang nyaman. Logam-logam seperti besi juga jelas lebih berat sehingga sulit untuk diterapkan pada berbagai kesempatan. Belum lagi harga besi yang mahal dan material sintetis berbahan plastik yang sulit diuraiakan.

Keuntungan lain pemanfaatan kayu adalah fleksibilitas pemakaiannya. Salah satunya ditujukan dalam berbagai proses penyambungan. Joinery atau penyambungan antar komponen rangka yang menjadi bagian vital produk tak bisa diterapkan pada kebanyakan bahan sintetis dengan leluasa.

Sebaliknya kayu yang bisa dibentuk dengan aneka desain bisa mendukung penyambungan yang jauh lebih kokoh dan sesuai.

konstruksi atap

Wood Joint atau Sambungan Kayu sebagai Komponen Vital Rangka Produk

Sebagaimana disebut di atas, kemampuan kayu didesain menjadi aneka wood joint merupakan salah satu keunggulan utama material ini. Dalam sejarahnya, wood joint bahkan sudah melahirkan aneka desain yang sangat bervariasi. Misalnya saja

1. Sambungan temu atau butt joint yang merupakan sambungan yang dihasilkan dengan mempertemukan ujung dua kayu.
2. Lap joint yang dibuat dengan memotong salah satu tebal kayu sebesar tebal kayu lainnya.
3. Finger joint, sambungan yang dibuat menyerupai rangka jari yang saling mengatup.
4. Biscuit joint, yang mengandalkan struktur mirip biskuit untuk menyambungkan dua kayu.
5. Dowel, yang memanfaatkan stik kayu kecil berbentuk tabung panjang untuk menyambungkan dua kayu

Tentu saja selain kelima jenis sambungan di atas, masih sangat banyak jenis sambungan kayu yang lain. Sebut saja nama-nama seperti dovetail joint, sambungan lidah dan mulut, hingga sambungan-sambungan khusus yang hanya ditemukan di beberapa wilayah tertentu.

Pada intinya, fleksibilitas kayu telah berhasil mendukung diciptakannya aneka rupa sambungan ini. Yang harus diperhatikan berikutnya adalah ketepatan memilih sambungan dan pemakaian lem yang bisa mendukung sambungan dengan baik.

konstruksi kerajinan

Memilih Lem yang Baik untuk Konstruksi

Di atas telah dijelaskan pentingnya memilih adhesive yang baik untuk mendukung kebutuhan penyambungan kayu. Mengapa demikian?

Sambungan kayu atau wood joint hampir selalu membutuhkan bahan pendukung. Selain paku, lem menjadi bahan pendukung yang harus diediakan. Penggunaan lem akan membuat sambungan lebih terikat secara kimia dan fisika.

Ikatan yang dihasilkan adhesive mampu membuat dua kayu benar-benar menyatu sehingga rangka produk juga menjadi lebih stabil dan tahan lama. Dibanding pemakaian paku, pemanfaatan lem juga dinilai lebih menguntungkan secara estetika.

Lantas seperti apa lem yang baik yang seharusnya dipilih? Jawabannya tentu harus memperhatikan karakteristik adhesive bersangkutan. Namun salah satu karakter yang tak boleh diabaikan adalah aspek kecepatan kering lem.

Memilih lem kayu cepat kering untuk konstruksi bisa dibilang merupakan salah satu perkara serius untuk kesuksesan berbagai industri woodworking.

Keuntungan Menggunakan Lem Kayu Cepat Kering untuk Konstruksi

lebih banyak profit

Meski hanya berperan sebagai bahan perekat, namun aspek kecepatan kering lem memang sangat penting diupayakan. Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mencari lem kayu cepat kering untuk konstruksi. Beberapa alasan tersebut antara lain:

1. Mendukung alur produksi yang lebih efisien
2. Memastikan kualitas penyambungan lebih baik. Semakin cepat lem mengering, kontaminasinya dengan zat lain seperti debu makin terminimalisir
3. Menghemat budget dengan mempercepat proses produksi

Crossbond X3, Lem Kayu Cepat Kering untuk Konstruksi

Di lemkayu.net, kami menyediakan dua varian adhesive terbaik yang bisa Anda gunakan. Terdapat Phaethon dan Crossbond yang bisa memenuhi aneka kebutuhan Anda. Khusus untuk perekatan konstruksi, lem yang kami sarankan adalah Crossbond X3.

Adhesive Crossbond X3 merupakan adhesive berbasis PVAc atau polyvinyl acetate yang menggunakan air sebagai pelarutnya. Crossbond X3 didesain khusus sebagai lem konstruksi dengan keunggulan:

1. Daya rekat yang baik
2. Indoor adhesive yang tahan lama
3. Sangat mudah digunakan
4. Harga terjangkau mulai Rp. 45.000,- dengan pemakaian hemat karena solid content tinggi
5. Sangat aman dan ramah lingkungan

Kayu Cepat Kering untuk Konstruksi

Selain kelima keunggulan di atas, Crossbond X3 berbeda dengan adhesive lainnya juga karena sifatnya yang memiliki kecepatan kering sangat baik.

Adhesive ini didesain mampu mengering dalam standar mesin sehingga ideal digunakan untuk kebutuhan manual maupun untuk kebutuhan industri woodworking skala besar yang menggunakan mesin-mesin canggih.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, adhesive ini bisa digunakan untuk mendukung:

1. Industri mebel atau furniture, misalnya pembuatan meja, almari, hingga sofa-sofa berbahan kayu
2. Konstruksi, misalnya pembangunan rangka atap hingga bangunan lainnya seperti Gazebo
3. Industri kerajinan yang memanfaatkan kayu
4. Industri perlengkapan dapur dari kayu atau wooden kitchen ware (Crossbond X3 memiliki kualitas keamanan sangat baik).
5. Dan berbagai industri lainnya yang membutuhkan penerapan wood joint berkualitas

Bagaimana Cara Menggunakan Crossbond X3?
Salah satu keunggulan Crossbond X3 terletak pada sifatnya yang mudah digunakan dengan kecepatan kering yang baik. Untuk menggunakan adhesive ini, Anda hanya perlu:

1. Mempersiapkan media yang akan dilem. Media harus dikeringkan, dibersihkan, dan dipastikan dalam MC standar.
2. Pengolesan Crossbond X3 pada kedua sisi permukaan yang akan dilem.
3. Pemakaian clamp (sangat direkomendasikan)
4. Menunggu hingga kering.
5. Selesai

Mudah sekali bukan? Tidak diperlukan bahan tambahan atau alat-alat khusus dalam pemakaian lem ini.

Dapatkan Crossbond secara Online!

Lem kayu konstruksi Crossbond X3 bisa Anda dapatkan dengan mudah. Silahkan lakukan pembelian via website ini atau dengan mengunjungi agen-agen kami yang telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Anda juga bisa mengandalkan aneka marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia. Hanya dengan berbekal Rp. 57.000, Anda sudah bisa menikmati kualitas terbaik lem kayu cepat kering untuk konstruksi andalan kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here