5 Kriteria Lem untuk MDF Hijau yang Bagus dan Produk Rekomendasi Kami

0
131

Apa ya lem untuk MDF hijau yang bagus digunakan? Apakah bisa menggunakan perekat kayu biasa? Atau harus menggunakan bahan perekat khusus?

Pada artikel yang lalu, lemkayu.net telah mengulas mengenai MDF HR atau MDF hijau. Sedikit mengingat pembahasan tersebut, kita bisa mengatakan bahwa MDF HR adalah fiberboard medium densitas yang memiliki ketahanan terhadap kelembaban.

MDF HR umumnya digunakan untuk membuat produk furniture interior, namun di area yang lembab. Misalnya saja untuk membuat kabinet dapur dan juga rak untuk kamar mandi kering. Akan tetapi, produk ini pun sering digunakan untuk pembuatan mebel yang secara umum dibuat dengan menawarkan sifat lebih tahan jamur.

Keberadaan furniture MDF HR sangat menguntungkan konsumen pribadi ataupun para pelaku usaha. Pelaku usaha penginapan, misalnya, bisa menghemat budget dalam jumlah signifikan saat harus menyediakan mebel rak pada kamar mandi kering.

CS Lem Kayu

Namun, kualitas MDF HR tetap harus didukung oleh bahan-bahan yang lain. Misalnya saja perekat. Agar kabinet dapur, alamari, atau rak MDF hijau tak mudah rusak, diperlukan lem yang juga bagus. Kriteria dan saran lem yang bagus untuk kebutuhan tersebut akan kami bahas di bawah ini.

Baca juga: 6 Kelebihan Lantai Vinyl

5 Kriteria Lem untuk MDF Hijau yang Bagus

Tahan terhadap Kelembaban

Digunakan pada bahan yang tahan terhadap kelembaban untuk menghasilkan produk yang memiliki feature serupa, tentu idealnya lem yang dipakai pun menawarkan kelebihan itu. Sebab bila tidak, pemakaian MDF HR tidak akan maksimal.

mdf hijau

Coba bayangkan apa jadinya bila lem yang dipakai untuk membuat kabinet dapur tidak tahan lembab. Meski MDF-nya tak mudah rusak, area sekitar pengeleman bisa mengalami kerusakan. Alhasil, konsumen akan merasa rugi dengan kualitas produk tersebut.

Berdaya Rekat Kuat

Lem untuk MDF hijau tentu juga harus memiliki daya rekat yang baik. Sebab pada akhirnya, aspak ini adalah aspek paling penting untuk menilai kualitas lem.

Daya rekat lem sendiri bisa diartikan sebagai derajat kemampuan ikatan lem tetap bertahan meski dikenai faktor eksternal. Daya rekat bisa dinilai dengan berbagai pengujian. Misalnya saja dengan merenggangkan dua buah kayu yang telah direkatkan satu sama lain. Semakin besar tenaga yang dibutuhkan untuk melepaskan dua kayu tersebut, maka semakin baik pula daya rekat adhesive.

Cocok dengan Bahan Finishing Pelapis

MDF sangat sulit dicat. Oleh karena itu, untuk memfinish-nya, umum diterapkan metode tempel. Misalnya saja dengan mengelem lembaran HPL dan veneer di atas permukaan material tersebut.

Lem yang digunakan pun idealnya cocok untuk kebutuhan ini. Sekiranya Anda hendak menggunakan veneer, carilah lem yang cocok untuk merekatkan veneer. Begitu pula bila Anda hendak menggunakan HPL sebagai pelapis MDF HR, maka pilihlah adhesive untuk bahan sintetis.

Terjangkau dan Hemat

Lem untuk kebutuhan usaha pasti memengaruhi budget yang dihabiskan. Oleh karenanya, bila Anda hendak membeli lem untuk usaha pemanfaatan MDF hijau, Anda perlu mengkalkukasi biayanya.

Selain harga, kehematan produk juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai Anda membeli produk yang dibanderol dengan harga murah, tapi ternyata sangat boros digunakan dan daya rekatnya tidak baik.

Aman Digunakan

Lem untuk MDF hijau idealnya juga harus memiliki keamanan yang bagus. Sebab di zaman sekarang ini, tuntutan masyarakat atas produk yang aman semakin meningkat.

Bila Anda tak mau menggunakan lem yang aman, bisa-bisa produk Anda tidak lolos standar keamanan yang diterapkan pemerintah. Para pembeli pun meragukan produk Anda karena dianggap membahayakan.

Kami Sedia Crossbond dan Eva Phaethon untuk Anda!

Lemkayu.net menyediakan lem yang bisa Anda gunakan untuk pengolahan MDF HR menjadi berbagai produk. Langsung saja, berikut ini adhesive yang kami sarankan untuk Anda.

Crossbond sebagai Lem MDF Hijau

lem untuk MDF hijau

Crossbond adalah lem PVAc water based yang ideal digunakan untuk perekatan produk kayu. Lem ini memenuhi kriteria ideal sebagai adhesive untuk MDF HR yang bagus. Apalagi, lem ini pun tersedia dalam dua varian.

Varian yang pertama adalah Crossbond X3. Crossbond X3 cocok digunakan untuk area sambungan (joinery) fiberboard. Sedangkan varian yang kedua adalah Crossbond X4. Crossbond X4 cocok digunakan untuk merekatkan veneer pada fiberboard. Atau untuk merekatkan papan fiberboard satu di atas yang lain.

Sebab seperti yang kita ketahui, MDF memang sering difinish dengan metode tempel. Salah satu pelapis yang banyak digunakan adalah pelapis organik (natural) dari kayu premium seperti veneer mahoni, veneer jati, dan lain sebagainya.

Eva Phaethon sebagai Lem untuk MDF Hijau

Lem untuk MDF Hijau

Eva Phaethon adalah lem yang sangat efisien digunakan bila And ahendak merekatkan High Pressure Laminate pada MDFG hijau. Sebagaimana yang kita tahu, dalam pembuatan kitchen set, selain veneer, seringkali digunakan pelapis HPL.

Sebenarnya, bisa saja Anda menggunakan Crossbond X4 untuk kebutuhan tersebut. Namun hasilnya tidak optimal dan cenderung boros sebab bahannya tidak cocok. Untuk keperluan pelapisan bahan sintetis dari HPL hingga PVC ke fiberboard, maka lem terbaik di pasaran adalah Eva Phaethon.

Lem ini pun memenuhi kriteria lem untuk MDF hijau yang bagus. Aspek-aspek kualitasnya lengkap dari ketahanan, tidak menyebabkan glue line, hingga harganya yang terjangkau.

Kontak dan Pemesanan

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera pesan dan nikmati berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Eva Phaethon dan juga Crossbond sebagai lem MDF hijau. Anda dapat melakukan pemesanan dari smartphone Anda sekarang juga lho. Cukup chat CS kami dan CS akan memandu Anda mengikuti prosedur pemesanan yang mudah dan cepat.

Baca juga: Tips Membeli Lem Triplek Tahan Air

Namun, bila Anda hendak membeli secara langsung, tentu saja kami siap menunggu Anda ke Bio Service Point. Selain bisa langsung membeli Eva Phaethon, Anda pun bisa melihat aneka produk woodworking kami lainnya yang mungkin menarik bagi Anda. Di Bio Service Point kami menyediakan cat, pengawet kayu, hingga bleaching kayu (pemutih). Menarik, bukan?

Simpulan

  1. MDF hijau atau MDF HR adalah produk fiberboard yang didesain khusus agar memiliki ketahanan terhadap humiditas yang baik. Bahan ini umum digunakan untuk pembuatan kitchen set hingga interior furniture.
  2. Dalam pembuatan mebel berbasis MDF HR, diperlukan lem yang bagus. Lem diperlukan untuk merekatkan sambungan atau mengaplikasikan pelapis seperti veneer dan High Pressure Laminate.
  3. Idealnya, lem untuk kebutuhan ini haruslah memiliki ketahanan pada kelembaban yang juga baik. Selain itu, lem juga harus berdaya rekat kuat, terjangkau, aman digunakan, dan cocok dengan pelapis fiberboard.
  4. Untuk kebutuhan tersebut, tersedia 3 adhesive untuk Anda. Ketiganya adalah Crossbond X3, Crossbond X4, dan Eva Phaethon.
  5. Untuk merekatkan sambungan, silahkan gunakan Crossbond X3. Untuk merekatkan pelapis veneer, gunakan Crossbond X4. Sedangkan untuk pelapisan HPL, gunakanlah Eva Phaethon.

Semoga informasi mengenai lem untuk MDF hijau ini bermanfaat ya. Terus ikuti artikel menarik yang lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here