Kriteria Lem untuk Membuat Tempat Pensil dari Kayu yang Bagus

0
2131
tempat-pensil-dari-kayu

Ibarat cat untuk memperindah suatu produk, lem memiliki peran krusial agar suatu produk memiliki struktur kuat. Misalnya saja tempat pensil dari kayu. Kira-kira, apa ya lem untuk membuat tempat pensil dari kayu yang bagus?

tempat-pensil-dari-kayuPada artikel sebelumnya, kita telah membahas cara-cara pembuatan tempat pensil dari kayu. Pada artikel tersebut, juga telah dianjurkan untuk senantiasa memperhatikan kualitas bahan-bahan yang digunakan. Selain kayu, bahan perekatnya juga perlu diperhatikan.

Tahukah Anda bahwa fungsi lem yang nampak sederhana itu sebenarnya demikian krusial? Lem akan mempengaruhi kekuatan struktur suatu produk termasuk tempat pensil yang dibuat. Kelalaian memilih lem yang kualitasnya jelek berakibat pada tempat pensil yang kualitasnya juga jelek. Kasus ini sering ditemukan di pasaran. Tempat-tempat pensil kayu yang sudah didesain cantik, rupanya dengan mudah rusak karena tidak menggunakan bahan perekat berkualitas.

Lem untuk Membuat Tempat Pensil dari Kayu yang Bagus

pagar tampil baru dengan Orchid

Sebagai bahan rekomendasi, kami telah menganjurkan penggunaan lem Crossbond dalam pembuatan tempat pensil dari kayu. Pertimbangan yang digunakan untuk memilih Crossbond sendiri tak lain berdasarkan kriteria umum lem kayu yang bagus. Kriteria tersebut ialah:

Tahan Kelembaban

Lem untuk tempat pensil tidak perlu harus tahan air. Tetapi lem ini harus tahan terhadap kelembaban. Sebab, meski tempat pensil atau pencil cup pada umumnya hanya diletakkan dalam ruangan, tapi udara yang lembab bisa mempengaruhi ikatan adhesivnya. Kelebihan Crossbond™ adalah sifatnya yang lebih dari sekedar tahan lembab. Lem ini juga memiliki sifat water resistance yang bagus, tidak seperti lem putih pada umumnya.

Daya Rekat Kuat

Selain tidak mudah rusak akibat kelembaban, pastikan juga adhesive yang Anda pilih memiliki daya rekat kuat. Bagaimana cara mengujinya? Tentu ada standar khusus yang harus dilewati. Tetapi sebagai orang awam, pengujian bisa kita lakukan sendiri sebagai bahan pertimbangan. Caranya, rekatkan kayu dengan lem dan tunggu hingga ia mengering. Coba lepas perekatan tersebut. Bila terjadi kerusakan pada bagian di mana lapisan film lem dioleskan, maka kualitas lem itu buruk. Bila terjadi kerusakan pada kayu (bukan di bagian pengeleman), maka lem itu kualitasnya bagus.

Baca Juga:  Lem untuk Laminating Kayu? Ya Crossbond X4 Jawabannya!

Selain kedua pertimbangan tersebut, ada beberapa pertimbangan lagi yang penting diperhatikan saat memilih lem untuk membuat tempat pensil dari kayu, yakni: (1) Tidak menimbulkan glue line atau garis warna film lem; (2) Tidak menimbulkan bau menyengat; (3) Aman digunakan.

Lem untuk palet kayu tipe laminasi.
Lem untuk tipe laminasi.

Pertimbangan-pertimbangan inilah yang digunakan sehingga Crossbond dianjurkan sebagai lem untuk membuat tempat pensil kayu berkualitas.

Selamat berkarya!

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here