Panduan Lengkap Memilih Merk Lem untuk Kayu yang Murah, Kuat, dan Aman

0
1105
sambungan kayu

Murah, hemat, dan aman, ketiga hal tersebut adalah aspek sangat penting yang wajib diperhatikan kala kita hendak memilih merk lem untuk kayu yang bagus. Oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini, lemkayu.net secara khusus akan membagikan tips dan panduan mendapatkan lem yang tepat tersebut.

Tips Memilih Merk Lem untuk Kayu dengan Tepat

Pahami Dulu Fungsi Adhesive

Pertama-tama, kita tentu harus tahu dulu apa sebenarnya kegunaan adhesive yang akan diterapkan. Sering, orang awam hanya mengira bahwa lem berperan merekatkan dua media saja. Padahal, efeknya sangat besar. Lem bukan hanya berpengaruh pada kekokohan produk, namun juga pada estetika dan keamanannya. Jadi aspek-aspek seperti kandungan adhesive pun harus diperhatikan.

Kedua, masalah pengeleman pada dasarnya adalah masalah yang komplek. Tapi yang penting, kita harus memperhatikan kecocokan antar 3 A, yakni:
1. Adhesive atau lemnya
2. Adherent atau bahan yang dilem
3. Application atau cara mengelemnya
Ketiga hal ini harus sinkron satu sama lain supaya hasil pengeleman pun berhasil dengan baik.

Daya Rekat Lem

Pastikan merk lem untuk kayu yang dipilih punya daya rekat yang bagus. Daya rekat berhubungan dengan ikatan kimia yang mampu dibentuk lem. Lem yang baik akan menghasilkan ikatan yang kuat bahkan kompleks sehingga tidak mudah rusak.

CS Lem Kayu

Untuk pengujiannya, ada beberapa uji kekuatan lem yang bisa kita andalkan. Minta saja trial untuk adhesive yang akan digunakan perusahaan Anda. Atau bila tidak, andalkanlah sertifikat atau uji resmi dari manufaktur lem terkait terkait kekuatan produknya. Pastikan bahwa lem yang digunakan punya standar kekuatan yang bagus.

Ketahanan Lem dan Keawetan Produk

Lem jangan hanya kuat saja. Selain kuat, pilih pula adhesive yang tidak mudah rusak. Dengan begitu, produk yang dihasilkan pun akan menjadi lebih awet. Pilih adhesive yang memiliki resistensi atau ketahanan yang baik. Khusus untuk kebutuhan perekatan luar ruangan, gunakan lem yang memang diformulasikan untuk eksterior. Jangan sekali-kali menggunakan lem indoor untuk kebutuhan outdoor.

sambungan dovetail

Lem yang Aman Itu Perlu

Pilih lem yang memiliki tingkat keamanan yang baik, dan hindarilah adhesive dengan kandungan-kandungan membahayakan. Dua alasan yang harus Anda perhatikan adalah:

1. Untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja. Dengan minimalisir resiko ini, keselamatan pekerja lebih terjamin. Dengan demikian, anggaran yang harus disediakan untuk kebutuhan ini juga bisa diperkecil.
2. Untuk menghasilkan produk yang aman dan ramah lingkungan. Dewasa ini, kebutuhan akan produk aman dan ramah lingkungan semakin meningkat. Selain disukai pasar, produk yang aman juga harus disediakan mengingat peraturan atau regulasi yang berlaku.
Memang, untuk menentukan lem yang aman tidaklah mudah. Namun bukan berarti tak bisa dilakukan.

Lem Harus Murah

Harga tentu harus diperhatikan. Namun murah tidaknya suatu barang jelas tak bisa dilihat dari harganya saja. Untuk berhemat dengan cerdas, Anda perlu memperhatikan:

1. Kualitasnya. Pilih lem yang setidaknya punya kualitas “standar”. Hindari lem di bawah standar karena justru akan merugikan Anda meski harganya lebih murah.
2. Solid content atau berat kering lem tersebut
3. Cover area atau daya tutup lem
4. Ada tidaknya alat dan bahan tambahan yang dibutuhkan. Secara umum, kita mengenal lem 2 K atau 2 Komponen dengan 1 Komponen. Secara umum, lem 1 K jelas lebih hemat dibanding lem 2 K.

Lem dan Kelancaran Proses Produksi

Apakah adhesive yang Anda gunakan bisa terintegrasi dengan baik dalam alur produksi produk Anda? Perhatikanlah hal ini dengan baik. Pilihlah merk lem untuk kayu yang memiliki kecepatan kering ideal sehingga jalannya proses produksi sesuai dengan alur standar. Selain itu pastikan pula lem bisa dikerjakan dengan perlengkapan yang Anda miliki. Jangan malah nekat membeli lem yang harus diaplikasikan dengan cara rumit dan dengan alat-alat yang tak Anda miliki.

Merk Lem untuk Kayu yang Kami Sarankan

Mencermati berbagai kriteria di atas, lem yang kami sarankan adalah Crossbond. Berbasis polyvinyl acetate, Crossbond memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat yang baik sampai ketahanan yang bagus. Lem Crossbond juga akan membantu Anda mewujudkan produk eco friendly karena kandungannya yang 100% non toksik.

Crossbond bisa digunakan dengan cara yang mudah. Lem ini hanya perlu dioleskan saja pada media yang akan direkatkannya tanpa perlu perlengkapan tambahan.

Adhesive Crossbond juga tersedia dalam dua varian. Varian pertama adalah Crossbond X3 untuk kebutuhan konstruksi, sedangkan varian kedua adalah Crossbond X4 untuk kebutuhan laminasi. Kedua tipe Crossbond tersebut akan membantu Anda mewujudkan beragam produk kayu dari furniture sampai konstruksi bangunan. Lem ini bisa diandalkan untuk:

1. Konstruksi elemen rumah seperti dinding hingga bagian atap.
2. Pembuatan tangga dan pagar rumah.
3. Pemasangan dinding panel kayu, lantai, hingga decking
4. Pembuatan bangunan semi permanen seperti gazebo dan pergola
5. Pembuatan berbagai jenis furniture dari kursi hingga buffet
6. Pembuatan aneka jenis kerajinan
7. Pembuatan kitchen ware

Merk lem untuk kayu ini bisa Anda beli dengan harga terjangkau. Berikut ini rincian harga Crossbond untuk dua kemasan yang berbeda:

No Varian Crossbond Fungsi Kemasan Harga
1 Crossbond X3 Perekatan konstruksi atau pembuatan rangka, bisa digunakan untuk penyambungan kayu aneka tipe ¼ kg Rp. 45.000,-
1 kg Rp. 165.000,-
2 Crossbond X4 Perekatan laminasi, misalnya untuk pemasangan veneer, pembuatan kayu lapis, parket, kayu laminasi, hingga pemasangan decking. ¼ kg Rp. 50.000,-
1 kg Rp. 355.000,-

Merk lem untuk kayu ini juga bisa digunakan untuk beragam spesies kayu mulai dari jati, mahoni, pinus, merbau, ebony, dan aneka tipe kayu lainnya. Selain itu, Crossbond juga bisa digunakan untuk kayu olahan atau engineered wood seperti Medium Density Fiberboard, Particle Board, tripleks, teackblock, hingga block board.

Ayo, Pesan Merk Lem untuk Kayu Ini!

Bagaimana? Menarik bukan berbagai kualitas yang ditawarkan Crossbond? Dapatkan lem ini untuk segera menikmati keunggulannya. Anda bisa melakukan pembelian dengan 3 opsi di bawah ini:

1. Pembelian secara online via website ini yang bisa dilakukan dengan menghubungi kami via kontak CS yang tertera.
2. Pembelian secara online di berbagai online shop atau marketplace.
3. Pembelian secara langsung di kantor dan agen-agen Bio Industries. Hubungi kami untuk keterangan pembelian secara langsung lebih lanjut.

Pilih cara pembelian yang paling nyaman Anda lakukan. Toh, opsi manapun yang Anda pilih untuk mendapatkan lem tersebut, Crossbond selalu hadir dengan kualitasnya yang paling baik.

Semoga bermanfaat! Nantikan berbagai artikel mengenai perekatan lainnya pada artikel berikutnya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here