Cara Mudah Membuat Tempat Hp dari Kayu Bekas

0
1715
tempat hape

Jangan buang kayu bekas Anda begitu saja. Baik itu bekas bangunan atau mebel, Anda bisa membuat kreasi menarik dari kayu tersebut. Di bawah ini contohnya. Berbekal kayu tak terpakai yang jumlahnya pun tak banyak, Anda bisa membuat tempat hp dari kayu bekas yang sangat menarik. Penasaran? Yuk, langsung saja simak tutorial caranya di bawah ini.

Usaha bisa dimulai dari berbagai hal, termasuk dimulai dari bahan yang dianggap tak berguna lagi. Kayu bekas adalah salah satunya. Selain bisa digunakan untuk membuat mebel, kayu-kayu bekas juga bisa dibuat untuk menghasilkan perkakas kecil seperti tempat hape atau smartphone. Tempat hape atau handphone merupakan salah satu perkakas yang pastinya banyak dibutuhkan di zaman digital ini. Dengan hampir semua orang yang memiliki smartphone, tentunya permintaan akan kebutuhan ini juga besar di zaman ini. Jadi, singkat kata, berbekal kayu bekas, Anda bisa memulai usaha tempat handphone.

Cara Membuat Tempat Hp dari Kayu Bekas

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  1. Potongan kayu yang tidak terpakai. Anda bisa menggunakan kayu baru atau kayu dari mebel Anda yang rusak. Silahkan saja gunakan bahan yang tersedia. Tapi, pastikan bahwa material tersebut masih dalam kondisi yang baik dan tidak diserang rayap ataupun jamur.
  2. Berbagai alat woodworking standar atau alat pengolahan kayu misalnya saja pemotong kayu, amplas, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui apa saja alat woodworking yang biasa digunakan, bacalah artikel kami mengenai tema tersebut.
  3. Lem Crossbond X3. Lem ini disarankan bukan hanya karena punya daya rekat yang kuat dan harganya murah. Crossbond X3 juga sangat mudah digunakan dengan hasil yang begitu baik. Tidak semua lem kayu memiliki keunggulan seperti ini. Banyak lem lain yang hasilnya memang bagus tapi proses penerapannya rumit. Karena itulah hanya Crossbond X3 yang kami sarankan.
  4. Penggaris dan alat tulis seperti pensil atau spidol

Langkah-langkah Cara Membuat Tempat Hp dari Kayu Bekas

CS Lem Kayu

Setelah Anda siap dengan berbagai alat di atas, segera lakukan langkah-langkah pembuatan tempat smartphone di bawah ini.

  1. Pertama, lakukan dulu tahapan persiapan. Ada dua hal yang perlu disiapkan. Yang pertama, siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Kumpulkan lalu bawa ke tempat Anda akan membuat tempat hp tersebut. Selanjutnya, siapkan juga kayu yang akan digunakan. Ini penting. Kayu harus dalam kondisi baik sebelum diolah. Kayu harus bersih dan tidak terkena noda minyak sama sekali, sebab lem yang dipakai (Crossbond X3) adalah lem berbasis air.
  2. Buat rancangan produk. Anda harus mengukur sendiri smartphone Anda. Ukur, lalu dari ukuran tersebut, tentukanlah ukuran untuk gadget tersebut. Lihat gambar contoh, tapi tentukan sendiri ukurannya agar sesuai dengan selera Anda.
  3. Potong kayu berdasarkan ukuran yang Anda buat. Bagaimana dengan sambungannya? Mudah saja. Untuk sambungannya, Anda hanya perlu sedikit memotong atau melubangi papan kayu utama sebesar dan sebentuk dengan potongan kayu kecil di depan dan belakang papan.
  4. Setelah itu, Anda hanya perlu merekatkan semua komponen yang memang sudah siap disatukan. Gunakan lem Crossbond X3 yang sudah disiapkan. Gunakan dengan jumlah yang cukup, tidak kurang namun juga tidak lebih.
  5. Tunggu lem sampai kering. Selama proses ini, ada baiknya, Anda mengaplikasikan clamp press agar sambungan benar-benar kuat dan presisi. Bila Anda tak punya clamp press, Anda bisa mencoba menggunakan peralatan alternatif yang gunanya mirip. Misalnya, dengan mengikat saja dua kayu yang telah disambungkan.
  6. Selesai! Kini Anda hanya perlu melakukan finishing saja. Proses finishing bisa dilakukan dalam banyak varian. Hasilnya pun beragam. Ada yang warnanya natural, warna solid color, hingga warna-warna yang tergolong unik seperti warna dengan efek vintage. Pilih saja yang menurut Anda paling bagus.
sambungan

Selesai! Setelah Anda mengaplikasikan keenam langkah di atas, Anda sudah bisa menikmati wadah smartphone kayu yang menarik.

Tips Membuat Tempat Hp dari Kayu Bekas supaya Lebih Menarik

Supaya tutorial di atas bisa menghasilkan tempat smarphone yang lebih menarik, Anda bisa mengikuti beberapa poin tips di bawah ini.

  1. Di atas telah kami terangkan untuk melakukan finishing agar hasilnya lebih bagus. Jenis finishing yang bisa diterapkan ada sangat banyak dan tak melulu harus berwarna-warni solid. Jadi, jangan ragu untuk memilih warna yang lain. Misal, untuk warna natural, tersedia banyak pilihan bukan hanya transparan saja. Ada warna natural salak, warna natural teak atau jati, dan lain sebagainya. Carilah inspirasi finishing yang tepat. Andalkan berbagai sumber yang kredibel seperti catkayu.com.
  2. Agar tempat handphone lebih menarik, Anda juga bisa mengkombinasikan pemakaian kayu dengan bahan yang lain. Misalnya bahan-bahan alam seperti rotan, batok kelapa, dan lain sebagainya.
  3. Di atas, hanya diterangkan tutorial sederhana untuk membuat tempat smartphone kayu. Anda bisa memodifikasi langkah-langkah di atas untuk menghasilkan tempat handphone yang lebih menarik dan tak biasa. Di bawah ini kami perlihatkan contohnya untuk Anda. Perhatikan, pada model di bawah ini, terdapat tambahan komponen yang bisa digunakan untuk meletakkan benda-benda Anda yang lainnya.
  4. Jangan ragu untuk melukisi tempat handphone tersebut bila Anda memang pandai menggambari kayu. Bila tidak, Anda juga bisa mengandalkan teknik lain seperti decoupage.
  5. Bila Anda ingin menjual produk ini, kemaslah dengan baik. Faktor pengemasan sangat penting karena berpengaruh terhadap keawetan produk selama masa pengiriman. Selain itu, pengemasan yang baik juga pasti akan membuat produk terlihat lebih menarik.
  6. Sekali lagi, lem yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond X3. Kami tidak merekomendasikan lem yang lain sebab belum tentu kualitasnya sebaik Crossbond X3.
tempat smartphone

Kesimpulan

Ada banyak produk yang bisa dihasilkan dari kayu tak terpakai, baik itu kayu bekas mebel ataupun kayu bekas bangunan. Salah satunya adalah tempat hp alias smartphone. Di zaman modern di mana hampir semua orang menggunakan smartphone ini, penggunaan tempat hape pasti lebih banyak secara kuantitas di masyarakat. Anda pun bisa memanfaatkan fakta tersebut dengan menghasilkan tempat handphone yang bagus. Tutorial cara pembuatannya pun mudah dan bisa Anda ikuti di atas. Pun demikian agar tempat handphone lebih menarik, ada beberapa kiat yang bisa diterapkan mulai dari tips finishing sampai penggunaan bahan lainnya. Yang jelas, jangan lupa gunakan lem Crossbond X3 agar tempat handphone tersebut lebih berkualitas. Bersama Crossbond X3, Anda bisa membuat tempat handphone yang lebih kuat, awet, dan juga menarik secara estetika.

Semoga bermanfaat! Update terus artikel selanjutnya di lemkayu.net untuk mendapatkan aneka tutorial lainnya. Kami masih akan hadir dengan berbagai panduan untuk membuat berbagai kerajinan sampai mebel berukuran besar.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here