Cara Menghilangkan Bekas Lem Kayu dalam 5 Langkah Mudah

0
10498
menghilangkan bekas lem

Saat kita melakukan proses perekatan, lem adalah bahan wajib yang harus disediakan. Namun penggunaan bahan ini menimbulkan dampak yang mau tak mau harus diatasi. Dampak tersebut terwujud dalam bentuk sisa pengeleman yang biasanya keluar saat dua kayu direkatkan. Ini sebenarnya hal yang wajar. Justru saat lem keluar dari area yang direkatkan, maka lem sudah benar-benar merata penuh di bagian yang dilem itu. Namun tentu saja kita harus mencari cara menghilangkan bekas lem kayu ini.

menghilangkan bekas lem

Ketahui Posisi Lem

Pasca lem mengering, akan sangat susah bagi kita untuk melihat adanya noda dari bahan itu pada kayu. Sebab, lem menjadi tak berwarna setelah menjadi kering. Tapi tenang, dengan trik mudah kita bisa melihat bagian mana saja pada kayu yang kotor oleh lem. Caranya dengan mengusap kayu menggunakan kain basah. Substrat kayu secara otomatis akan berubah warna menjadi lebih tua dan kita bisa melihat bagian lem yang nampak berbeda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Lem Kayu dalam 5 Langkah Super Mudah

Lunakkan Substrat Lem

Sebelum menghilangkan lem secara fisik, lunakkan dulu substrat adhesive tersebut. Gunakan bahan yang direkomendasikan. Biasanya keterangan seperti ini bisa Anda baca pada kemasan produk.

Baca Juga : Yuk, Simak 3 Alasan Gunakan Kayu Bekas dari Agen Lem untuk Kayu Crossbond

Lakukan Penggosokkan

Sekiranya lem sudah lunak, gosok dengan alat-alat seperti wol baja. Pelan-pelan! Jangan menggosok noda bekas pengeleman tersebut dengan keras sebab bisa menyebabkan (1) kerusakan kayu; (2) masuknya partikel lem ke dalam kayu. Keduanya sama-sama berdampak buruk bagi tahapan pengolahan kayu berikutnya. Jadi berhati-hatilah saat menggosok dan lakukan searah pola serat kayu. Setelah selesai, lap dengan kain kering.

Baca Juga : Eva Phaethon, Lem yang Bagus untuk Taco Sheet

Amplas untuk Menghilangkan Sisa Lem

Setelah digosok, sebagian besar lem akan hilang. Namun masih terdapat sisa-sisa kecil yang tertinggal dan tak bisa digosok sebab beresiko merusak kayu. Oleh karena itulah, tahapan berikutnya cara menghilangkan bekas lem kayu dilakukan dengan mengamplas bekas tersebut. Pada tahapan ini, diharap semua noda lem benar-benar telah hilang.

Bersihkan

Tahapan terakhir cara menghilangkan noda bekas lem kayu ialah dengan membersihkan semua kotoran pada proses di atas. Segala jenis debu, serpihan kayu, hingga partikel lem akan dibersihkan pada tahapan ini. Gunakan saja kain lembab dan gosok pada kayu perlahan-lahan. Setelah itu, keringkan kayu untuk tahapan pengolahan berikutnya.

Mudah bukan? Jadi, jangan khawatir pada noda lem yang diakibatkan proses perekatan yang justru disarankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here