Eva Phaethon, Lem yang Bagus untuk Taco Sheet

0
118
lem untuk taco sheet

Eva Phaethon adalah lem untuk taco sheet terbaik. Alasannya? Yuk simak poin-poin kelebihannya di bawah ini.

Taco sheet pada dasarnya adalah produk bahan coating lembaran sejenis deco sheet dan HPL. Hanya saja, taco sheet biasanya memiliki tekstur tertentu.

Produk ini disukai pasar karena harganya yang terjangkau, pilihan warna yang beragam, dan secara umum cocok dengan kayu olahan. Selain itu, sebagai pelapis sintetis, taco juga memiliki resistensi terhadap air yang cukup baik.

Hanya saja, aplikasi produk ini sangat tergantung pada lem yang digunakan. Bila kualitas lemnya baik, tentu hasil finishing taco juga baik. Namun bila jelek, kualitas akhir finishing akan terpengaruh.

CS Lem Kayu

Lem atau adhesive pada dasarnya adalah cairan kimia yang berfungsi untuk mengikat dua atau lebih substrat. Pemilihan lem pada proyek-proyek pembuatan mebel berlapis taco sheet jelas tak bisa dilakukan secara sembarangan.

Lem untuk Taco Sheet yang Bagus

Untuk memilih lem yang bagus, perlu dipahami dulu karakteristik taco dan substrat yang akan dipakai. Taco pada dasarnya memiliki sifat serupa polimer plastik pada umumnya. Permukaannya licin dengan porositas yang rendah dan resistensi terhadap air.

Di sisi lain, kayu olahan yang biasanya difinish dengan taco justru memiliki karakter yang berkebalikan. MDF, particle board, dan beberapa material lain memiliki porositas yang tinggi, sangat mudah menyerap air, dan permukaannya pun tidak licin seperti plastik.

Apabila yang menjadi bahan finishing kayu olahan adalah veneer, tentu bisa digunakan lem PVA seperti Crossbond X4. Namun dalam hal ini, lem PVA tidak bisa digunakan sebab perekatan melibatkan bahan dengan 2 karakter yang berlainan.

Lem yang dipakai pun seyogyanya memiliki kemampuan untuk merekatkan media dengan ciri yang berbeda tersebut. Selain itu, aspek-aspek yang lainnya juga perlu diperhatikan. Misalnya saja, aspek daya rekat dan keawetan. Sebab aspek-aspek itulah yang memengaruhi hasil pengeleman secara estetika ataupun usia pakai.

Yang juga tak kalah penting, lem juga perlu untuk kemudahan dalam aplikasinya. Jangan sampai Anda membeli adhesive yang mensyaratkan alat-alat khusus yang tidak Anda miliki dalam aplikasinya.

Aspek keamanan bahan lem juga wajib jadi perhatian. Sebab saat ini, masyarakat sudah mulai melek akan isu keamanan produk dan isu-isu kelestarian alam.

Intinya, pilihlah lem yang cocok dan unggul pada banyak aspek. Di pasaran sendiri sudah banyak lem yang bisa Anda pilih dengan kisaran harga yang beragam. Nah, daripada repot-repot menyeleksi, Anda bisa memilih menggunakan Eva Phaethon.

Kenapa Eva Phaethon adalah Lem Taco Sheet Terbaik?

Eva Phaethon adalah lem yang menggunakan bahan dasar ethylene vinyl acetate. Secara umum lem ini disediakan khusus untuk kebutuhan perekatan pada material yang karakternya berlainan.

Jika Crossbond X4 bisa digunakan untuk perekatan veneer dengan kayu olahan, Eva Phaethon bisa digunakan untuk perekatan pelapis sintetis dengan engineered wood.

lem eva phaethon

Selain karena aspek kecocokan, lem ini juga memiliki cukup banyak keunggulan dariĀ  aspek berikut ini.

  • Daya Rekat; Lem ini memiliki daya rekat yang baik sehingga akan membuat proses finishing dengan bahan ini lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.
  • Daya sebar; Eva Phaethon merupakan lem laminasi dengan viskositas yang didesain khusus untuk perekatan pelapisan seperti aplikasi taco sheet.
  • Mudah digunakan. Lem ini bisa diaplikasikan dengan kuas ataupun mesin otomatis. Selain itu, aplikasinya cukup dilakukan pada salah satu sisi saja.
  • Tidak tebal dan tidak menyebabkan glue line sehingga hasilnya lebih bagus.
  • Harga terjangkau. Lem ini bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau dan dengan pemakaian yang sangat hemat.

Yang tidak kalah menarik, lem untuk taco sheet ini juga aman digunakan. Lem Eva Phaethon pun bisa membantu Anda memproduksi mebel-mebel yang ramah lingkungan atau ecofriendly.

Serba Guna untuk Bahan Sintetis

Selain keunggulan di atas, Eva Phaethon masih memiliki satu keunggulan yang lainnya. Keunggulan itu terletak pada sifat lem yang serba guna.

Formula EVA memang merupakan formula multifungsi. Dan sebagai bahan lem, Eva Phaethon bukan hanya bisa digunakan untuk perekatan taco saja.

Dalam bidang pembuatan furniture, lem ini juga bisa digunakan untuk perekatan pelapis yang lain. Misalnya saja High Pressure laminate, deco sheet, lembar PVC, dan masih banyak lagi.

Semua pelapis sintetis di atas pada dasarnya memiliki sifat yang serupa. Jadi bila Anda hendak menggunakannya untuk kayu olahan, Anda bisa menggunakan lem ini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here