6 Kelebihan Lantai Vinyl untuk Anda yang Masih Ragu Memasangnya

0
192
kelebihan lantai vinyl

Tak sedikit kekurangan lantai vinyl. Namun, tak sedikit pula keunggulan yang ditawarkannya. Di kesempatan ini, lemkayu.net akan membagikan beberapa kelebihan lantai vinyl khusus untuk Anda.

Vinyl flooring adalah salah satu material sintetis yang kini sedang naik daun sebagai pengganti lantai kayu. Ia pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan Perancis pada abad ke-19. Tak lama setelah itu, sebuah perusahaan Swedia memproduksi lantai vinyl dan diikuti dengan perusahaan dari Amerika dan Kanada. Sampai saat ini, vinyl flooring terus mengalami peningkatan permintaan.

Tak Hanya Penuh dengan Kekurangan

Pada artikel sebelumnya, lemkayu.net telah mengupas beberapa kekurangan lantai ini. Sedikit kilas balik pada artikel tersebut, beberapa kekurangan vinyl flooring antara lain terletak pada estetikanya yang kurang, teksturnya yang tak nyaman, hingga ketahanannya yang masih kalah dibanding wooden flooring.

Alhasil, tak sedikit orang yang “mundur” saat mempertimbangkan hal tersebut. Meski demikian sebenarnya lantai ini pun menawarkan kelebihan-kelebihan yang tak sedikit. Selain itu, tiap manufaktur lantai tersebut juga hadir dengan kualitas yang berbeda-beda. Sehingga, jangan heran bila kadang vinyl flooring dari suatu brand tertentu memiliki kualitas dan harga lebih tinggi dari lantai kayu.

CS Lem Kayu

Nah, di kesempatan ini, lemkayu.net akan menjelaskan beberapa kelebihan lantai ini. Bagi Anda yang bermaksud memasangnya namun ragu dengan kekurangannya, kami harap ulasan di bawah ini bisa membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

6 Kelebihan Lantai Vinyl

Sangat Beragam

Vinyl adalah bahan sintetis sehingga tampilan produknya bisa didesain oleh manusia. Anda ingin punya lantai dengan tampilan kayu mahoni? Bisa. Atau Anda ingin tampilan batu marmer yang sangat mahal? Semuanya bisa saja disediakan oleh manufaktur vinyl flooring.

Namun tentu saja perbedaan tampilan itu berpengaruh pada aspek harga. Lantai vinyl yang luxury atau mewah umumnya dibanderol dengan harga berkalilipat dari lantai yang biasa.

Supply Banyak dan Semakin Inovatif

Dengan jumlah permintaan yang tinggi, jumlah supply vinyl flooring seolah tak perlu dikhawatirkan. Selain itu, dari tahun ke tahun, selalu muncul inovasi baru dari produk ini.

Apalagi, manufaktur yang memproduksi lantai ini juga tersebar di berbagai penjuru dunia. Sehingga ide-ide yang diterapkan pada lantai ini begitu beragam.

Ketahanan yang Baik

Kelebihan lantai vinyl yang ketiga terletak pada sifatnya yang memiliki ketahanan yang baik. Karena merupakan sintetic produk, lantai ini umumnya bukan target hama-hama rumahan seperti rayap dan jamur.

Resistensinya terhadap kelembaban dan air juga lebih mumpuni. Namun tentu saja, paparan air terus menerus sebaiknya dihindarkan pada lantai ini. Sebab warna lantai bisa pudar. Lem yang digunakan untuk merekatkannya pun lama kelamaan bisa lepas.

Salah satu kelebihan lantai vinyl yang paling utama tentu saja harganya yang terjangkau. Dibanding lantai kayu, memang lantai ini menawarkan harga lebih terjangkau.

Kelebihan Lantai Vinyl dari Segi Harga

Untuk anak muda milenial yang mengharapkan membangun rumah cantik namun dengan biaya lebih murah, vinyl flooring sangat bisa diandalkan. Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa mendapatkan look yang tak biasa.

kelebihan lantai vinyl

Tidak Berat dan Bisa Didaur Ulang

Tentu saja lantai ini tidak berat! Vinyl terbuat dari bahan sintetis serupa dengan plastik. Distribusi produk ini tidak membutuhkan suatu kondisi yang persyaratannya tinggi. Ekspor vinyl flooring pun lebih mudah diterapkan dibanding ekspor lantai kayu solid.

Selain itu, jenis lantai ini secara mengejutkan ternyata bisa didaur ulang. Pada abad ke-19 saat pertama ditemukan, banyak manufaktur yang tertarik dengan bahan ini karena kemampuannya didaur ulang. Hal ini berbeda dengan material lantai sintetis lainnya yang tak bisa di-recycled sehingga cenderung mencemari lingkungan.

Perawatan dan Pemasangan yang Semakin Mudah

Tak hanya tampilannya, kelebihan lantai vinyl juga terletak pada perawatan dan pemasangannya yang semakin mudah. Untuk pemasangannya, pada mulanya lantai ini memang dikenal sangat sulit diterapkan dengan hasil yang rapi. Bahkan perlu tukang dengan keterampilan khusus untuk instalasi lantai ini.

Namun seiring berjalannya waktu, makin banyak perusahaan lantai vinyl yang berinovasi membuatnya lebih mudah dipasang. Bahkan beberapa manufaktur menjamin produknya bisa dipasang secara DIY (dilakukan sendiri).

Perawatan lantai juga tak kalah mudahnya. Salah satu peningkatan kualitas produk ini bisa dilihat dari kemampuannya untuk diperbaiki. Pada masa lalu, vinyl flooring punya reputasi buruk tak bisa diperbaiki bila sudah rusak. Namun kini, perbaikan sangat mungkin dilakukan untuk beberapa produk vinyl.

Sedia Lem Eva Phaethon untuk Optimalkan Kelebihan Lantai Vinyl

Aplikasi lantai vinyl bisa dilakukan dengan beberapa cara, tergantung jenisnya. Ada vinyl sheet yang diaplikasikan serupa wallpaper, namun ada juga lantai yang bentuknya sudah seperti papan-papan lantai kayu. Pada papan vinyl, umumnya lapisan vinyl ditempelkan dengan lem pada sebuah papan.

Untuk aplikasi vinyl sheet dan untuk perbaikan perekatannya yang mulai renggang, Anda bisa mengandalkan Eva Phaethon.

Eva Phaethon adalah lem berbasis ethylene vinyl acetate atau biasa disingkat EVA. Lem ini memiliki daya rekat yang kuat, tahan lama, terjangkau, dan juga cukup mudah digunakan. Untuk pelapisan lantai ini, Anda bisa mengoptimalkan kelebihan lantai vinyl dengan aplikasi di salah satu permukaannya saja. Dengan demikian, Anda bisa menghemat lebih banyak budget.

Namun kelebihan utama Eva Phaethon sesungguhnya terletak pada sifatnya yang bisa merekatkan bahan dengan sifat yang berbeda. Eva Phaethon bisa merekatkan bahan sintetis dengan porositas rendah seperti vinyl hingga bahan berporositas sedang atau tinggi seperti lantai semen dan kayu.

Kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua lem. Sebab pada banyak kasus, suatu produk adhesive hanya bisa digunakan untuk merekatkan satu jenis benda dengan porositas yang sama.

cara memperbaiki wallpaper mengelupas

Bila Anda tertarik silahkan hubungi Customer Care kami lebih lanjut untuk pemesanan secara daring. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja secara langsung ke agen kami atau langsung ke Bio Service Point.

Pembelian di online shop pun bisa dilakukan lho. Kami sengaja membuka opsi tersebut karena memang banyak pelanggan Eva Phaethon yang menanyakan ketersediaan produk ini di toko daring langganannya.

Simpulan

  1. Pada artikel yang lalu, kami telah menjelaskan beberapa kekurangan lantai vinyl. Salah satu kekurangan lantai ini terletak pada sifatnya yang kurang estetik dan nyaman dibandingkan dengan lantai kayu.
  2. Namun demikian lantai ini pun menawarkan tak sedikit kelebihan. Tiga di antara berbagai kelebihan lantai vinyl adalah harganya yang lebih murah, tampilannya yang beragam, dan ketersediaannya yang semakin meningkat.
  3. Jadi, jangan mundur sekiranya Anda memang bermaksud membeli dan memasang lantai ini.
  4. Dan, untuk kebutuhan perekatan vinyl flooring, Anda bisa mengandalkan Eva Phaethon.
  5. Lem Eva Phaethon menawarkan perakatan yang sangat baik dengan sifat tahan lama dan harga yang lebih terjangkau.
    Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.
CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here