Ini, Lem Kayu Konstruksi untuk Bridle Joint yang Terbaik!

0
901
bridle

Salah satu sambungan yang banyak diaplikasikan untuk produk-produk kayu ialah bridle joint. Dalam aplikasinya, sambungan ini memerlukan adhesive dengan kualitas yang baik. Seperti apakah lem kayu konstruksi untuk bridle joint yang tepat?

bridle

Mengenal Bridle Joint

Bridle joint merupakan sambungan yang sangat mirip dengan mortise dan tenon. Akan tetapi terdapat perbedaan dalam hal ukuran dibanding sambungan tersebut. Tenon pada sambungan ini memiliki panjang sedalam timber yang akan dimasuki, dan mortise-nya dibuat dengan kedalaman timber tersebut seluruhnya. Desain ini memungkinkan dua bagian kayu terkunci rapat dan memiliki perkuncian yang kuat. Kita juga akan bisa melihat bagian ujung tenon-nya tak seperti pada sambungan mortise dan tenon. Hal ini membuatnya dinilai atraktif bagi beberapa pihak namun kurang disukai bagi beberapa yang lain.

Aplikasi Lem Kayu Konstruksi untuk Bridle Joint

Penerapan sambungan bridle joint memerlukan adhesive sebagai pemersatu bagian kayu yang disambungkan. Karena sambungan ini memiliki area yang lebih luas, penggunaan adhesive pun biasanya harus dilakukan dalam jumlah lebih banyak dengan daya rekat yang jauh lebih baik.

CS Lem Kayu

lem kayu konstruksi crossbond untuk bridle joint

Untuk aplikasi wood joinery, tentu adhesive yang diperlukan adalah adhesive struktural/konstruksi. Dalam hal ini, lem kayu konstruksi yang memiliki daya rekat yang baik ialah lem berjenis PVAc. Dari majalah finewoodworking, disebutkan bahwa dibanding kebanyakan adhesive lainnya, lem PVAc atau biasa disebut lem putih justru menunjukkan daya rekat yang jauh lebih baik. Apalagi lem PVAc yang telah dimodifikasi khusus dari formulasi dasarnya.

Di antara berbagai lem putih tersebut, Anda bisa memanfaatkan Crossbond sebagai lem untuk bridle joint. Sebagaimana disebut di atas, sambungan ini merupakan tipe sambungan yang memerlukan adhesive dengan daya ikat tinggi. Crossbond dengan inner cross linker modifier dan penambahan sifat khusus pada aspek waterproofing akan menjadi lem kayu konstruksi untuk bridle joint yang ideal. Terwujudnya bridle joint yang berkualitas tentu akan membuat sambungan ini bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan woodworking. Sebut saja sebagai sambungan untuk frame dan beragam jenis furniture.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here