Lem Kayu untuk Finger Joint Tanpa Glue Line!

0
2365
finger joint (2)

Salah satu kelemahan sambungan box joint atau finger joint adalah garis pengelemannya yang bisa sangat terlihat. Agar kontras pada garis ini tidak makin tajam, diperlukan lem kayu untuk finger joint tanpa glue line.

finger joint (2)

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Kekurangan dan Kelebihan Finger Joint atau Box Joint

Pada beberapa artikel sebelumnya, kita telah banyak membahas mengenai apa itu sambungan finger joint. Meskipun banyak dimanfaatkan, namun tipe sambungan ini tak lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kelebihan finger joint adalah kekuatannya yang sangat bagus dan aplikasinya yang relatif mudah. Sambungan ini dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki area untuk dilem yang lebih luas. Sehingga hubungan antar kayu bisa benar-benar menyatu dengan lem yang digunakan.

perawatan kayu alami natural oil

Meskipun terkenal kuat, namun finger joint kadang dihindari karena memperlihatkan glue line yang begitu mencolok. Dengan kayu yang dibuat seperti jari yang saling-silang, tipe sambungan ini tidak cocok untuk aplikasi mebel yang ingin memperlihatkan permukaan warna seragam. Meskipun demikian, dengan cara-cara khusus kita bisa mengurangi kekurangan finger joint ini. Salah satunya adalah dengan penggunaan lem yang tepat.

Penggunaan Lem Kayu untuk Finger Joint tanpa Glue Line

Di pasaran, ada banyak lem yang bisa dipakai untuk finger joint. Namun demikian, tidak semuanya bisa memberikan kualitas yang baik untuk sambungan ini. Apalagi untuk berbagai jenis lem yang cenderung menyebabkan warna pada garis pengeleman.

Sebagaimana disebut di atas, kadang orang menghindari finger joint karena penampakan area pengelemannya. Bila kemudian kita menggunakan lem yang warnanya kontras, tentu akibatnya area pengeleman tersebut menjadi semakin tampak. Bayangkan saja misalnya papan meja yang direkatkan dengan sambungan ini tampak berlekuk-lekuk. Bila sejak awal didesain demikian, tentu tak mengapa. Akan jadi masalah, ketika kita ingin memiliki meja yang warnanya seragam tanpa perlu terlihat garis pengeleman.

promo produk biovarnish wood filler

Crossbond

Menyadari bahwa di pasaran ada banyak lem yang tersedia, sebenarnya memilih lem untuk finger joint tanpa glue line adalah hal yang gampang-gampang susah dilakukan. Pencarian akan lebih mudah karena ketersediaan adhesive yang banyak. Namun di sisi lain, pilihan dalam jumlah banyak tersebut pasti akan lebih memusingkan kita.

Sebagai rekomendasinya dan untuk mempermudah pencarian lem yang tepat, kami sarankan penggunaan Crossbond. Dari berbagai adhesive di pasaran, lem ini unggul karena daya rekat sampai ketahanannya. Namun lem ini juga memiliki fitur unggulan untuk meminimalisir kekurangan finger joint. Pasalnya, Crossbond termasuk lem kayu untuk finger joint tanpa glue line!

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here