Hindari Celah dan Glue Line dengan Lem untuk Laminasi Kayu Berkualitas!

0
891
Lem Untuk Laminasi Kayu

Teknik laminasi kayu menjadi salah satu teknik umum dalam dunia woodworking. Sebagaimana teknik konstruksi, pada tahapan ini diperlukan kualitas lem yang bagus. Lem untuk laminasi kayu berkualitas bisa menyelamatkan Anda dari masalah-masalah seperti celah dan glue line.

Wood lamination atau bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti laminasi kayu adalah salah satu teknik pengerjaan kayu yang bisa merujuk ke berbagai proses yang berbeda. Laminasi bisa merujuk pada pembuatan panel kayu dengan komponen-komponennya, hingga pelapisan seperti pada multipleks. Meski demikian, secara umum terdapat kesamaan pada berbagai proses tersebut. Masalah-masalah yang harus dihadapi pun sering kali kurang lebih sama.

Lem Untuk Laminasi KayuMasalah-masalah Laminasi Kayu

Meskipun teknik laminasi sudah lama diterapkan dan terbukti memberikan manfaat besar, bukan berarti pengerjaannya tak rentan menimbulkan masalah. Beberapa persoalan yang sering terjadi pada teknik ini adalah munculnya gap dan glue line.

CS Lem Kayu

 

Gap atau celah terjadi bila komponen kayu tidak direkatkan dengan baik. Penyebabnya bisa berasal dari lem untuk laminasi kayu yang kurang kuat maupun cara memasangkannya yang tidak baik. Munculnya celah selain bisa menyebabkan tampilan produk tampak buruk juga bisa menjadi sumber persoalan lebih besar. Dari celah yang mulanya kecil tersebut, kerusakan dapat terus menyebar dan serangan jamur akan mulai meningkat. Perbaikan sangat disarankan ketika muncul celah seperti ini.

Sedangkan glue line atau garis lem adalah masalah yang terjadi ketika kita mengaplikasikan lem dengan warna mencolok. Masalah ini hanya bisa diatasi dengan memanfaatkan adhesive-adhesive yang warnanya bisa transparan pada kayu saja.

Produk Berkualitas dengan Lem untuk Laminasi Kayu Berkualitas

Dari paparan di atas, kita bisa melihat bagaimana lem memainkan peran besar terhadap kualitas produk-produk laminasi. Oleh sebab itulah, penggunaan lem laminasi yang baik sangat kami sarankan. Misalnya saja Crossbond X4. Lem berbahan dasar resin alifatik tersebut mampu memberikan perekatan unggulan karena secara khusus memang didesain untuk kebutuhan wood lamination. Lem ini tidak akan menimbulkan celah dan berbagai permasalahan lainnya karena:

Lem Untuk Laminasi Kayu

  1. Daya rekatnya kuat. Sehingga untuk laminasi melengkung pun, kinerja Crossbond sangat baik.
  2. Tahan solvent, tahan air, tahan panas.
  3. Bisa diaplikasikan untuk outdoor.
  4. Mudah digunakan.
  5. Sangat aman.
  6. Harga terjangkau mulai dari Rp. 50.000,- saja.

Dengan aplikasi Crossbond Anda bisa membuat produk-produk laminasi berkualitas mulai dari vinir, lantai kayu, panel, tripleks atau kayu lapis, dan sebagainya. Anda tinggal mengoleskan Crossbond saja pada salah satu sisi media yang akan direkatkan. Selanjutnya gunakan clamp press dengan tekanan yang sesuai.

Sangat sederhana bukan cara aplikasi lem untuk laminasi kayu tersebut? Meski demikian, efek dari feature unggulannya akan membuat produk-produk Anda bermutu tinggi.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here