Plus Minus Memakai Lem Epoxy untuk Kayu

0
250
lem epoksi untuk kayu

Apa Anda sedang bingung hendak menggunakan lem epoxy untuk kayu atau tidak? Bila iya, Anda tak perlu bimbang lagi. Di kesempatan ini, lemkayu.net akan membahas bisa dan tidaknya lem tersebut dipakai untuk perekatan kayu.

Pengertian Lem Epoxy

Epoxy pada dasarnya adalah bahan multifungsi. Terdapat dua unsur pembentuk epoxy, yakni resin dengan hardener. Keduanya ketika dipisah berwujud cair, akan tetapi ketika disatukan akan bereaksi satu sama lain sehingga menghasilkan lapisan yang keras.

Epoksi telah digunakan untuk berbagai bidang kebutuhan. Bahan ini bisa digunakan untuk pembuatan lapisan coating lantai hingga untuk gap filling. Dan ternyata, bahan ini pun bisa dipakai untuk adhesive.

Karakter epoksi sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Resistensi yang sangat baik pada air
  2. Resistensi terhadap panas yang juga baik
  3. Resistensi terhadap beberapa bahan kimia meski tidak seluruhnya

Yang Ditawarkan Lem Epoxy untuk Kayu

CS Lem Kayu

Sebagaimana disebut di atas, lem epoxy adalah lem multifungsi. Dan karenanya lem ini pun sering dipakai untuk lem kayu. Ya. Dalam beberapa keperluan, rupanya, lem ini memang dapat memberikan manfaat besar untuk perekatan kayu. Salah satunya ketika lem yang diperlukan harus bisa mengisi celah yang lumayan lebar.

Lem Epoxy untuk Kayu

Epoksi yang memiliki sifat gap filling pun ama ideal untuk kebutuhan itu. Lem ini juga akan membentuk gap dengan lapisan yang tidak mudah rusak meski terkena berbagai paparan dari air, panas, dan lain sebagainya.

Beberapa pengrajin kayu memanfaatkan sifat epoksi yang memiliki daya rekat seperti lem untuk menghasilkan mebel yang sangat menarik. Misalnya untuk membuat meja dari belahan kayu yang menganga. Pada mebel itu, epoksi dapat dituangkan dan kemudian dihias lebih lanjut sehingga bisa memberikan kesan seperti kolam yang indah.

Kekurangan Lem Epoxy untuk Kayu

Meski bisa digunakan untuk kayu, akan tetapi bahan ini pun memiliki banyak kekurangan sebagai adhesive kayu. Salah satunya dari sifat lapisannya yang tebal. Ya, di satu sisi, epoksi memang bisa mengisi celah dengan lapisannya yang keras dan tebal. Tapi dalam berbagai keperluan perekatan kayu, sifat tersebut jutru menjadi suatu kekurangan.

Misalnya untuk menyambungkan kayu dengan wood joinery dowel. Tentu lem ini tidak bisa diandalkan sama sekali. Pun demikian, ada juga dua kekurangan lainnya yang membuat lem epoxy untuk kayu tidak ideal digunakan:

  1. Cara aplikasi yang sulit. Dibandingkan lem-lem kayu lainnya yang dijual di pasaran, penggunaan epoxy memerlukan cara aplikasi yang lebih sulit. Sebab aplikasinya harus dilakukan dengan mencampurkan 2 bahan untuk terjadinya proses curing.
  2. Harga yang mahal. Ya, bukan hanya cara aplikasi yang sulit, harga lem ini juga lebih mahal dibandingkan dengan kebanyakan lem untuk kayu.

Lebih Baik Menggunakan Crossbond

Untuk kebutuhan perekatan lem kayu, yang paling tepat digunakan adalah lem Crossbond. Epoksi lebih tepat digunakan untuk perekatan bahan yang memerlukan spesifitas tinggi. Misalnya untuk merekatkan logam, gelas, dan juga kaca. Pada perekatan untuk logam misalnya, epoksi akan menjadi lem yang ideal sebab salah satu syarat lem untuk logam yang baik adalah memiliki resistensi terhadap panas.

Untuk kayu sekali lagi, lem yang ideal digunakan adalah lem Crossbond. Adhesive Crossbond adalah adhesive dengan bahan utama polyvinyl acetate atau biasa disebut PVAc. Lem Crossbond ini memiliki semua kriteria sebagai lem yang sangat bagus digunakan. Crossbond tidak tebal, viskositas ideal, tidak glue line, sangat kuat, dan harganya juga sangat terjangkau.

Lem Crossbond bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan perekatan kayu, bambu, dan juga serat alam. Hingga kini pun, Crossbond telah diandalkan berbagai industri dari industri mebel, konstruksi bangunan, sampai kerajinan.

Crossbond juga terdiri atas dua varian yang sama-sama bisa digunakan, yaitu:

Lem Crossbond X3

Lem Crossbond X3 adalah lem untuk perekatan structural. Lem ini memiliki berbagai keunggulan dari sifatnya yang tahan lama, mudah digunakan, sangat rekat, dan juga tidak glue line.

crossbond x3

Lem Crossbond X3 juga aman digunakan. Dan secara estetika, lem ini tidak tebal sebagaimana lem epoksi. Anda bisa mengggunakan lem ini untuk merekatkan berbagai jenis wood joint atau sambungan kayu seperti dowel, siku, dan lain sebagainya.

Untuk penggunaannya sendiri, perlu diketahui bahwa Crossbond X3 adalah lem untuk indoor. Maka dari itu, lem ini tidak kami rekomendasikan untuk perekatan produk luar ruangan seperti misalnya untuk mengelem rangka garden furniture.

Lem Crossbond X4

Crossbond X4 merupakan lem untuk kebutuhan laminasi. Lem ini bisa digunakan untuk perekatan pada bidang yang lebar. Misalnya saja untuk perekatan:

  1. Pembuatan kayu lapis
  2. Pengeleman veneer
  3. Pemasangan dinding kayu
  4. Pemasangan lantai kayu
  5. Pembuatan teakblock
  6. Dan kebutuhan sejenis yang lain

Sama seperti Crossbond X3, lem ini juga kuat, tahan lama, hingga mudah digunakan. Yang membedakannya hanyalah fakta bahwa lem ini adalah lem untuk outdoor dan indoor. Jadi bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda.

lem untuk dinding kayu

Pemesanan

Mari, pesan adhesive Crossbond dengan cara sebagai berikut:

  1. Kontak dulu CS kami. Anda bisa menghubungi via WA, telepon, ataupun email.
  2. Silahkan berikan data untuk pemesanan seperti nama Anda, alamat, dan juga jumlah lem Crossbond yang hendak dipesan. Atau, Anda juga boleh untuk berdiskusi dulu menanyakan lem ini lebih lanjut.
  3. Bila Anda fix membeli, silahkan lakukan pembayaran sesuai petunjuk dari Customer Service kami.
  4. Tunggi kami melakukan konfirmasi. Kami akan segera memberikan nomor resi pengiriman.
  5. Tunggu produk sampai di alaman Anda. Kami juga akan ikut memantau proses pengiriman ini.

Anda juga bisa lho membeli secara langsung. Caranya, kunjungi saja kami di Bio Service Point yang berlokasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Simpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Epoksi dihasilkan dari reaksi antara hardener dengan resin. Reaksi ini akan menghasilkan suatu lapisan atau bahan keras yang memiliki resistensi terhadap panas, air, dan beberapa bahan kimia.
  2. Epoksi juga bisa digunakan sebagai lem. Lem epoksi pada banyak kesempatan dipakai untuk perekatan kayu.
  3. Ada beberapa yang ditawarkan lem epoxy untuk kayu. Salah satunya sifatnya yang bisa gap filling, yakni untuk merekatkan dua kayu yang retak atau memiliki celah cukup lebar dan membutuhkan gap filling yang resisten.
  4. Namun dalam berbagai kasus yang lain, lem ini tidak tepat dipakai untuk kayu. Sebab sulit diaplikasikan dan tebal.
  5. Untuk kebutuhan perekatan kayu pada umumnya, kami rekomendasikan Anda lem Crossbond, baik itu Crossbond X3 ataupun Crossbond X4.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Ikuti terus berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here