Mau Beli Meja Makan Minimalis Modern? Baca Plus Minusnya di Sini

0
386
model meja makan minimalis

Salah satu desain furniture yang popularitasnya stabil adalah desain minimalis dan modern. Berbagai mebel dibuat mengikuti gaya ini. Termasuk, di antaranya adalah meja makan minimalis modern. Sedang mempertimbangkan set dining table and chair dengan gaya ini? Kami akan sajikan plus dan minusnya untuk Anda.

Ketika Ruang Makan Didesain dengan Gaya Minimalis dan Modern

Siapa tak suka dengan gaya minimalis? Gaya ini begitu populer sejak dicetuskan oleh para pelopornya pasca perang dunia II. Beberapa mengatakan gaya ini hanya menerapkan elemen reduktivis pada gaya modern. Tetapi beberapa yang lain, justru mengagumi hal tersebut dan mengatakan bahwa keindahan pada produk minimalis adalah keindahan yang effortless, alias the effortless beauty.

Mengapa gaya minimalis begitu disukai? Tentu karena banyak elemen pada gaya ini yang memang cocok untuk masyarakat kebanyakan. Apalagi kombinasi gaya minimalis modern. Kesan-kesan pada gaya ini, misalnya, sangat sejalan dengan kehidupan kita di era modern. Efisiensi, kebersihan, kejujuran, efektivitas, modernisme, dan lainnya merupakan nilai-nilai pada gaya minimalis modern yang cocok untuk gaya hidup kita saat ini. Karena itulah, gaya ini juga sering disebut sebagai gaya ”masa depan” dan kekinian.

CS Lem Kayu

Sebagai gaya yang sudah lama populer, style minimalis dan modern telah diterapkan di berbagai bidang. Salah satunya pada industri woodworking atau pengolahan kayu. Kita bisa melihat aneka mebel yang didesain dengan gaya ini. Misalnya saja set meja makan minimalis modern.

Apakah Anda juga tertarik dengan gaya ini? Sebagaimana disebut di atas, wajar banyak yang tertarik dengan mebel minimalis modern. Akan tetapi, kita juga perlu realistis. Kita perlu tahu apa saja hal yang bisa didapatkan dari mebel dengan gaya tersebut dibandingkan dengan mebel dengan gaya yang lain. Kemudian, kita juga perlu memahami, kesan yang sulit atau mahal tidak bisa didapatkan dari meja makan minimalis modern.

Yang Bisa Anda Nikmati dari Meja Makan Minimalis Modern

Pertama, mari kita bahas kesan-kesan yang akan tercipta dengan penggunaan mebel meja makan dengan style minimalis modern.

Efisien

Ruang makan Anda akan terlihat lebih efisien, pasalnya efisiensi memang menjadi salah satu nilai utama yang terpancar dari mebel minimalis. Kesan efisien ini terbentuk dari pemakaian elemen meja makan yang tidak berlebihan. Malah meja makan minimalis modern biasanya hadir dengan bentuk dan model yang sangat sederhana. Misalnya saja hanya berupa boks untuk makan atau meja dengan komponen mendasar, yakni permukaan meja dengan kaki meja. Tidak akan ada elemen tambahan yang mendetil seperti ukiran.

Sederhana namun Mengena

Kesederhanaan adalah salah satu kesan dari gaya minimalis. Meja-meja dibuat apa adanya tanpa diberi dekorasi yang tidak fungsional. Namun uniknya, kesederhanaan pada gaya minimalis memiliki kesan yang kuat. Sehingga kesederhanaan tersebut justru terkesan tajam dan tampak begitu mengena.

Efektif

Selain kesan efisien, meja makan minimalis modern juga bisa memberikan kesan yang efektif. Kesan efektif ini terwujud berkat pembuatan meja dengan bentuk dan desain yang tidak bertele-tele. Tiap elemen pada meja pasti memiliki fungsi tersendiri. Tidak ada elemen yang ada pada meja yang tidak memiliki fungsi yang bermanfaat.

Tegas dan to the Point

Meja makan minimalis modern yang lebih condong pada gaya modern akan terlihat sangat tegas sekaligus to the point. Kesan ini tercipta dengan pembuatan meja yang didesain dengan garis-garis simetri yang tegas. Selain itu, meja juga biasa dicat dengan warna-warna yang tajan. Misalnya saja warna biru tua, merah tua, orange, dan hijau.

meja makan modern

Kesan ini, sekali lagi biasanya hadir pada meja makan dengan gaya minimalis modern yang lebih condong pada style modernisme. Sebab, bila yang diaplikasikan murni gaya minimalis, umumnya warna yang diaplikasikan cenderung netral dan bahkan monokromatis.

Bersih

Suka dengan kebersihan dan kesan produk yang bersih? Area ruang makan merupakan area yang rentan kotor. Namun demikian, tentu saja bagian rumah ini harus selalu nampak bersih agar selera makan kita terjaga. Tanpa itu, bisa-bisa aktivitas makan kita akan terganggu. Gaya minimalis modern sendiri terkenal akan kesan bersihnya ini.

Gaya biasanya dibuat dengan warna-warna solid pastel atau natural yang bersih dan halus. Tidak ada kesan lawas ataupun sejenisnya pada meja dan kursi dengan gaya ini. Selain itu, struktur meja dan kursi juga biasanya sangat sederhana. Dengan demikian, proses pembersihan tidak akan sulit dilakukan. Anda tak perlu mengalami kesulitan sebagaimana saat membersihkan mebel dengan hiasan ukiran. Misalnya saja meja makan jati dengan gaya tradisional.

Seimbang dan Damai

Gaya minimalis modern dipengaruhi oleh banyak gaya yang lain. Salah satunya adalah style oriental Jepang. Dan seperti yang kita tahu, gaya Asian dan Jepang biasanya mampu menampilkan kesan yang damai serta seimbang (peace and balance). Tak mengherankan, tatkala meja makan minimalis modern pun juga mampu memberikan kedua kesan ini.

Dingin

Selain bersih, gaya minimalis modern yang kaya dengan warna putih serta netral juga mampu memberikan kesan dingin. Kesan dingin ini, bagi beberapa di antara kita mungkin dirasa kurang menarik. Apalagi ketika diterapkan untuk meja makan. Akan tetapi, bagi sebagian yang lain, justru kesan dingin ini sangat diminati.

 

Hindari Meja Makan Minimalis Modern Bila Anda Menginginkan Kesan Ini

Di atas, dijelaskan beberapa kesan yang menonjol pada gaya minimalis dan modern. Kesan-kesan tersebut akan memancar pada ruang makan kita. Mungkin Anda memang menyukai kesan-kesan tersebut. Oleh sebab itu, Anda boleh saja memilih meja makan minimalis dan modern untuk ditempatkan di ruang makan. Tetapi, bila tidak, maka jangan memaksakannya.

Jangan salah. Style design mebel sebenarnya sangat banyak. Bahkan kita akan kesulitan menyebutkannya satu per satu. Ada style tradisional Indonesia, palladian, danish, swedish, shabby chic, farmhouse, coastal, bohemian, dan lain sebagainya yang tak dapat disebutkan satu per satu.

Untuk menciptakan ruanan yang bagus, pilihlah style design dengan kesan yang Anda sukai. Contoh:

  1. Style farmhouse untuk kesan pedesaan dan vintage
  2. Style shabby chic untuk kesan lawas yang manis
  3. Style bohemian untuk kesan etnik, alami, dan hangat
  4. Style postmodern untuk kesan abstrak
  5. Style coastal untuk kesan pantai dan lautan yang memukau
  6. Style arabian untuk kesan etnik dan hangat
  7. Style retro untuk kesan zaman dulu
meja kursi vintage
meja kursi vintage

Bagaimana? Tertarik dengan meja makan minimalis dan modern?Atau malah ingin meja makan dengan gaya yang lain? Intinya, gaya minimalis modern memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki kekurangan. Misalnya, gaya ini jelas tak bisa memberikan suasana hangat seperti yang dihadirkan bohemian style. Tetapi bagi Anda yang menyukai tampilan bersih, efisien, dingin, dan futuristic, andalkanlah meja makan minimalis modern tanpa ragu.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here