Fenomena ‘Ngelem’ dan Pentingnya Lem Aman untuk Mainan Anak Crossbond

0
1413
ngelem

Ngelem tidak sengaja? Fenomena ngelem tidak sengaja sangat bisa terjadi akibat penggunaan mainan yang mengandung toluena. Oleh sebab itulah, sangat penting diusahakan penggunaan lem aman untuk mainan anak Crossbond.

ngelem

Beberapa di antara Anda mungkin familiar dengan istilah “ngelem”. Sebagaimana namanya, ngelem merupakan kata yang menunjukkan aktivitas menggunakan lem. Namun berbeda dengan yang dilakukan pengrajin kayu, aktivitas ini dilakukan untuk tujuan main-main. Padahal efek dari ngelem tidak bisa disebut enteng. Bila paparannya terlalu intens dan dilakukan terus-terusan, dampak yang dirasakan akan begitu parah.

Toluena di Balik Fenomena Ngelem

CS Lem Kayu

Ngelem sendiri memiliki efek yang sejatinya berasal dari toluena. Toluena atau bisa juga disebut toluol merupakan golongan senyawa organik yang sering digunakan pada berbagai bahan kimia seperti lem dan cat. Toulol akan memberikan efek bau menyengat sekaligus adiktif.

toluena dan bahayanya

Aktivitas menghirup lem (yang sebenarnya menghirup toulen) pada level yang rendah bisa menyebabkan kelelahan, kebingungan, lemas, perilaku seperti mabuk, kehilangan memori jangka pendek, kehilangan selera makan, tuli, hingga kurangnya ketajaman penghilahatan. Berbagai efek ini akan berhenti saat seseorang berhenti menghirup toulen.

Sedangkan efek ketika menghirup terlalu banyak toluena antara lain kepala terasa ringan, rasa kantuk tinggi, ketidaksadaran, dan bahkan kematian. Memang secara umum bahan ini memiliki toksisitas di bawah benzena. Namun justru karena itulah efek kecanduannya membahayakan. Banyak yang menyepelekan dampak toluena dan menggunakannya terus-terusan yang menyebabkan akumulasi efeknya untuk jangka panjang makin destruktif.

anak sedang sakit
Jangan sampai anak sakit karena mainan yang kita berikan!

Ngelem Tak Sengaja? Cegah dengan Lem Aman untuk Mainan Anak Crossbond!

Berbagai dampak toluena di atas sudah jelas membahayakan. Sayangnya, efek bahaya ini masih bisa dialami anak kita bahkan bila mereka melakukannya secara tak sengaja. Biasanya, kondisi ini terjadi bila anak terpapar produk-produk yang dilem dengan lem yang mengandung toluena. Dari berbagai produk tersebut, kid toys atau mainan anak menjadi produk yang harus diwaspadai keamanannya. Sebab mainan memiliki intensitas digunakan yang sangat tinggi oleh si kecil. Bila terdapat kandungan toluena, anak akan segera terpapar substansi toksik tersebut.

Yang mengkhawatirkan, kerap kali bahaya toluena ini tak disadari orangtua. Meski demikian hal ini sangat wajar mengingat bahaya toluena yang belum sepenuhnya diketahui masyarakat awam. Contohnya saja bila anak merasa pusing dan ngantuk tak biasa setelah memainkan mainannya. Tentu jarang yang akan menduga bahwa hal itu disebabkan toluol pada lem mainan anak.

mainan bagus

Mendorong Industri Mainan Anak

Konsen keamanan mainan anak sebenarnya menjadi tanggung jawab pemerintah dan industri mainan kayu. Harus diberlakukan aturan ketat yang meregulasi tingkat keamanan lem untuk mainan anak. Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Toh, di pasaran, sudah ada beberapa adhesive dengan tingkat keamanan yang baik. Misalnya saja Crossbond dengan tingkat keamanan internasional.

Lem aman untuk mainan anak Crossbond diformulasikan dengan bahan dasar PVAc yang dibuat tanpa campuran substansi toksik. Hal ini akan menyelamatkan generasi masa depan kita dengan tingkat safety-nya yang mengagumkan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here