Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Tanpa Xylene dengan Crossbond!

0
1151
Xylene

Di era sekarang ini, mencari lem aman untuk mainan anak memang tak mudah dilakukan. Apalagi dengan beredarnya berbagai lem kayu mengandung solvent seperti xylene.

Xylene

Mengapa Xylene Berbahaya?

Setelah toluol yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, Anda juga harus mewaspadai xylene. Xylene atau xyluol merupakan bahan kimia yang juga bisa menyebabkan keracunan. Sayangnya, xylene termasuk salah satu bahan yang banyak digunakan untuk berbagai kehidupan kita. Salah satunya adalah sebagai solvent pada berbagai adhesive.

Menurut website kesehatan Amerika sendiri, xylena bisa menyebabkan banyak masalah pada tubuh. Berikut ini beberapa gejala bila terjadi keracunan akibat substansi ini:

1. Pandangan kabur

anak sedang sakit
Jangan sampai anak sakit karena mainan yang kita berikan!

2. Rasa terbakar di telinga, hidung, dan tenggorokan
3. Hambatan pendengaran
4. Rasa sakit parah pada perut
5. Kehilangan selera makan
6. Mutah-mutah
7. Tekanan darah rendah
8. Detak jantung tidak teratur
9. Kerusakan ginjal
10. Kesulitan bernafas
11. Rasa sakit di dada
12. Batuk-batuk
13. Pusing
14. Sulit mengingat
15. Euphoria
16. Perasaan nervous
17. Tremor
18. Iritasi kulit
19. Tidak sadar

Efek xylena pada konsentrasi di bawah 200 ppm akan pulih dengan sendirinya. Namun efek di atas konsentrasi tersebut dan efek pada jangka panjang bisa menyebabkan penyakit serius. Penanganan medis harus segera dilakukan sebelum terjadi kerusakan pada berbagai organ dalam.

Waspadai Mainan Mengandung Xylena pada Mainan Anak

mainan kayu

Dampak bahaya xylena di atas harus diwaspadai pada berbagai industri, termasuk industri mainan anak. Pada industri mainan anak, penggunaan plastik, cat maupun lem kayu bisa menjadi sumber pencemaran xylena.

Padahal, efek xylena pada anak tentu jauh lebih membahayakan. Perilaku anak yang kurang hati-hati hingga fisiknya yang masih lemah bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih akut. Untuk itulah, industri mainan harus tanggap dan waspada terhadap bahan ini.

Solusinya Lem Aman untuk Mainan Anak Tanpa Xylene dengan Crossbond!

Salah satu solusi kunci yang bisa diambil industri wooden toys ialah aplikasi Crossbond sebagai lem bebas xylene. Dengan Crossbond, berbagai mainan yang dihasilkan tak akan menjadi pencemar untuk si kecil.

pabrik lem aman untuk mainan anak tanpa xylene

Crossbond didesain dengan PVAc water based dan 100% non toksik. Bahan perekat ini bahkan bisa digunakan untuk perekatan alat makan seperti talenan. Jadi, penggunaannya untuk wooden toys tak perlu diragukan.

Apalagi, lem anan untuk mainan anak tanpa xylene ini pun memiliki daya rekat yang baik. Ketahanannya dan daya rekat unggulnya tersebut akan membuat berbagai wooden toys lebih awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here