Mau Usaha Kafe? Baca Dulu Inspirasi Meja Kursi Kafe Menarik Ini!

0
1140
model shabby chic

Tak seperti tempat makan biasanya, konsep dan tema adalah hal sentral dalam setiap usaha kafe. Tiap elemen pada sebuah kafe harus mampu mendukung tema utama yang diangkat pada kafe tersebut. Termasuk meja dan kursinya. Seperti apakah meja kursi kafe yang bagus itu?

Pilih Tema Kafe Anda

Ingin membuka usaha kafe? Bila iya, salah satu aspek utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah persoalan tema yang akan diangkat. Tema? Ya. Sebab, kafe bukanlah sekedar tempat makan. Beda dengan restaurant atau warung makan, kafe adalah tempat yang biasanya juga menjual style. Apalagi target pasar dari usaha ini biasanya anak muda. Bagi mereka, jelas harga makanan atau rasa sajian bukanlah yang selalu diutamakan. Tak jarang mereka hanya ingin mencari suasana baru untuk bertemu bersama teman.

Style kafe sendiri sebetulnya sangat variatif. Berbagai pilihan bisa coba diaplikasikan. Biayanya pun tak mahal karena Anda tak melulu harus menggunakan jasa desainer atau arsitek. Yang perlu dilakukan adalah mengenali dulu tiap tema yang ada lalu memutuskan mana tema yang tepat untuk dipilih.

Untuk melakukan pemilihan tema, perhatikan karakter target pasar Anda. Sekiranya Anda menarget kaum hawa, tentu temanya bisa berbeda bila targetnya adalah untuk umum. Atau bila Anda menarget pencinta sejarah, tentu temanya harus beda dengan mereka yang lebih suka dengan suasana alam. Berikutnya, wujudkan tema tersebut dengan aplikasi finishing, lantai, hingga perabotan yang sesuai.
Nah, untuk perabotannya, kali ini lemkayu.net ingin membagikan contoh meja dan kursi kafe aneka model dan style yang sekiranya cocok dengan tema yang Anda angkat.

Inspirasi Meja Kursi Kafe Menarik

Minimalis

Gaya minimalis adalah gaya yang gampang-gampang susah. Gaya ini bila tidak diwujudkan dengan konsisten tak akan terlihat begitu baik. Namun bila Anda berhasil mengkombinasikan elemen ruangan dengan tema tersebut, maka hasilnya pun bisa begitu baik.

Bagaimana cara menciptakan gaya minimalis pada sebuah ruangan? Sebetulnya tak susah. Pertama, hindari warna yang tajam dan cerah, kedua, hindari keindahan yang mendetil seperti ukiran, dan ketiga, fokuslah pada efektivitas dan efisiensi. Untuk meja serta kursinya, hindari yang memakai serat alam dengan gaya berlebihan, finishing vintage, dan keindahan-keindahan “messy” lainnya. Pilih juga meja kursi kafe yang tiap bagiannya memiliki fungsi tersendiri.

Shabby Chic

Bayangkan menariknya perpaduan antara pola floral, warna lembut, dan desain lawas. Itulah dia gaya shabby chic. Gaya ini telah begitu populer beberapa tahun belakangan. Shabby chic adalah perpaduan gaya yang mampu menghasilkan keindahan sangat menawan. Untuk menciptakan gaya ini, Anda bisa menggunakan meja dan kursi kafe dengan desain zaman dulu, aplikasi finishing lawas, dan penerapan pola-pola klasik.

Arabian

Gaya Arabian cocok untuk kafe Anda yang fokus pada makanan-makanan “Arabian”. Gaya ini menekankan pada kesan mewah dan mahal. Namun eleganitas jelas tetap dijaga. Untuk perabotannya, Anda bisa memakai perabotan dengan aksen emas dan warna logam berpadu dengan bahan-bahan “mewah” seperti kain beludru maroon.

Natural

Tema natural tak akan pernah mati. Penggemar tema ini pun lintas generasi. Dan yang tak kalah menarik, tema ini bisa diwujudkan dengan relatif mudah. Misal untuk meja kursi kafe yang dipakai, Anda tinggal yang menampilkan karakter organik.

Modern

Gaya ini pada dasarnya tak begitu berbeda dengan gaya minimalis. Modern style design juga menekankan pada efektivitas dan efisiensi. Hanya saja, bila pada gaya minimalis, warna netral dan monokromatik diupayakan, pada gaya modern tidak demikian. Malah digunakan warna-warna tajam dan berani seperti merah, biru, hingga hijau.

Farmhouse

gaya farm house

Kesan rumah peternakan juga bisa diangkat sebagai tema untuk kafe Anda. Untuk perabotan termasuk meja kursi kafe, Anda bisa memakai produk yang terbuat dari kayu solid hingga palet. Akan lebih baik bila finishingnya adalah finishing tua seperti vintage, rustic, patina, hingga whitewash.

Tradisional Indonesia

Gaya klasik atau tradisional Indonesia jelas wajib dipertimbangkan. Bukan hanya karena gaya ini berasal dari negeri sendiri, tapi karena berbagai tema etnik Indonesia memang menawan. Contohnya saja gaya Jawa tradisional. Kafe gaya jawa akan menciptakan suasana yang sangat elegan, mewah, sekaligus alami. Aplikasi ukiran pun akan menambah keindahan yang sangat mewah tersebut.

kafe bagus

Tradisional Jepang

Jejepangan atau segala sesuatu yang punya nuansa jepang belakangan ini sedang begitu trendy. Banyak kawula muda yang mencintai style Jepang. Maka, tak salah kalau Anda pun memutuskan hendak mendirikan kafe yang memakai tema oriental tersebut. Untuk mewujudkannya sendiri, Anda bisa memakai pintu geser dari bambu, hiasan meja bonsai, hingga lukisan khas Jepang. Bagaimana dengan meja kursi kafe yang digunakan? Untuk aksen jepang yang benar-benar nyata, pilih yang modelnya lesehan, bila perlu meja tersebut bukan sekedar meja lesehan biasa, namun benar-benar meja tradisional Jepang.

Tema Pantai (Beach House)

Meja Kursi Kafe Menarik

Nuansa pantai yang menyenangkan juga bisa diaplikasikan saat membangun kafe. Beberapa elemen pantai bisa dipakai antara lain, pasir, karang, hingga bunga dari cangkang kerang. Taplak dan gordennya juga bisa dipilih dari bahan yang terbuat dari laut. Demikian juga dengan penggunaan lukisan-lukisan bernuansa pantai. Untuk meja dan kursinya sendiri pun tak jauh berbeda. Anda bisa memakai meja kursi yang dihias dengan elemen-elemen pantai.

Tips Hadirkan Meja Kursi Kafe Lebih Murah

Sering orang berpikir, bahwa menciptakan konsep kafe dan mewujudkannya adalah hal yang mahal. Apalagi untuk desain yang tak biasa. Padahal anggapan ini tak begitu tepat. Yang utama dibutuhkan adalah konsistensi untuk menciptakan tema yang kuat tersebut.

Berikutnya, Anda bisa mengusahakannya dengan beberapa cara. Misalnya saja dengan:

1. Pilih bahan meja kursi kafe yang terbuat dari kayu olahan atau engineered wood. Kami seringkali menyarankan pemakaian engineered wood untuk menurunkan harga atau biaya produksi. Sebab kenyataannya, harga kayu seperti ini memang jauh lebih murah dari kayu solid. Untuk finishingnya pun sekarang sudah bisa dilakukan finishing tempel dengan pelapis menggunakan Eva Phaethon. Jadi produk tetap akan terlihat menawan meski harganya lebih terjangkau.
2. Gunakan kayu solid tapi bukan dari kelas pertama yang harganya mahal. Misalnya pemakaian kayu sengon dan albasia. Namun pastikan kayu-kayu itu sudah diawetkan terlebih dahulu supaya keawetannya terjaga.
3. Tema kafe tertentu bisa diperkuat dengan teknik finishing yang khas. Misalnya, untuk menciptakan tema vintage, Anda bisa mengapliksikan boat recycle finish. Aplikasi finishing tersebut pun sebetulnya tak begitu sulit. Tutorialnya pun sudah banyak tersedia di dunia maya. Misalnya tutorial pengecatan di lemkayu.net.

Nah demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja kursi kafe. Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus update artikel kami selanjutnya di lemkayu.net. Kami akan terus menyajikan berbagai informasi bermanfaat seputar dunia woodworking, kerajinan, dan pengeleman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here