Mau Pasang Paflon Kayu? Baca Ini Dulu!

0
710
keindahan paflon kayu

Apa yang diperhatikan orang tatkala memasuki sebuah ruangan? Ternyata tak cuma dinding yang jadi perhatian, paflon atau bagian atas rumah pun menjadi bagian yang tak luput dari penilaian orang-orang. Karenanya, bagian ini pun perlu kita perhatikan keindahannya sebagaimana lantai, dinding, atau perabotan.

Salah satu caranya? Mudah saja, yakni dengan memasang paflon kayu cantik yang lain daripada yang lain. Pemakaian kayu yang kemudian dikombinasikan dengan warna serta desain menarik, pasti akan membuat ruang Anda tak biasa. Nah kali ini, lemkayu.net secara khusus akan mengulas mengenai tema ini serta memberikan aneka contoh paflon kayu menarik yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk rumah Anda.

Paflon dan Berbagai Manfaatnya

Ceiling, atau paflon, atau langit-langit adalah salah satu bagian rumah dan gedung yang sangat krusial. Bagian ini memiliki berbagai fungsi vital yang secara umum bisa dibagi atas fungsi estetik atau keindahan, fungsi proteksi atau perlindungan, dan fungsi pengaturan kenyamanan.

CS Lem Kayu

Fungsi estetik langit-langit ruangan terletak pada fakta bahwa keberadaan komponen bangunan tersebut memang dapat membuat ruangan lebih menarik. Paflon akan menghalangi pandangan kita dari struktur rangka atap yang bagi sebagian orang dianggap kurang baik. Sedangkan dari aspek perlindungan, komponen ini mampu mencegah penghuni gedung dari berbagai resiko berbahaya seperti kejatuhan benda-benda dari bagian atas. Bagaimana dengan fungsi pengaturan kenyamanan? Secara umum, kondisi ruangan dipengaruhi suhu, kelembaban, hingga berbagai aspek lainnya. Keberadaan paflon bisa membuat suhu hingga kelembaban udara lebih ideal.

Dikarenakan berbagai fungsinya tersebut, dewasa ini pemakaian paflon mulai meningkat. Kebanyakan orang Indonesia memanfaatkan langit-langit dari gypsum hingga tripleks. Tapi sebetulnya ada banyak bahan alternative yang bisa dieksplore dijadikan material untuk komponen tersebut. Kayu contohnya.

Pemakaian paflon kayu memang masih tergolong jarang di Indonesia. Padahal, ada banyak hal menarik yang dimiliki bahan kayu sebagai material untuk langit-langit ruangan. Beberapa kelebihan sekaligus kekurangannya akan dijelaskan di bawah ini.

Alasan dan Keuntungan Menggunakan Paflon Kayu

Keuntungan:

  1. Kayu merupakan insulator sehingga membuat suhu ruangan lebih ideal
  2. Dapat memberikan kesan ruangan yang lebih tinggi, terutama bila dipakai kayu-kayu warna cerah
  3. Membuat suasana dan kesan ruangan yang lebih hangat dan friendly
  4. Secara umum, perawatannya sangat mudah sehingga tak perlu repot-repot menjaganya

Kekurangan

  1. Pada kasus-kasus atau musibah seperti kebakaran, penggunaan paflon kayu bisa menyebabkan api cepat menyebar. Selain itu, kontrol juga sulit dilakukan sehingga keamanan penghuni rumah lebih terancam.
  2. Bila kondisinya lembab (misalnya karena terkena aliran air dari bagian atas ruangan atau karena faktor kondensasi) serta tidak difinish dengan baik, paflon bisa menyebabkan ketidaknyamanan akibat pembusukan hingga tumbuhnya jamur di langit-langit.

Bisa dikatakan bahwa secara estetika dan aplikasi, pemakaian paflon kayu sangat menarik perhatian. Hanya saja, memang ada beberapa poin kekurangan yang perlu dicermati. Namun, poin-poin kekurangan tersebut pun dapat diantisipasi secara khusus. Misalnya, argument bahwa paflon kayu membuat resiko kebakaran membesar bisa ditekan dengan kehati-hatian dan sistem pencegahan kebakaran yang bagus.

Yuk Pasang Paflon Kayu dengan Crossbond

lem untuk dinding kayu

Dengan berbagai keunggulannya di atas, pemasangan paflon dari bahan kayu jelas menjadi opsi yang sangat menarik. Meskipun demikian, memasang langit-langit dari bahan ini memang tak bisa disebut mudah. Malah pemasangan paflon dari material kayu adalah sebuah tantangan tersendiri bagi para tukang bangunan. Sebabnya apalagi kalau bukan penggunaan material kayu yang memang jarang dipakai untuk komponen bangunan ini.

Tetapi sebetulnya pemasangan paflon kayu cukup mudah dilakukan. Yang utama adalah bagaimana caranya mengelem potongan-potongan kayu pada dinding langit-langit rumah Anda. Anda tinggal mengukur dan menentukan jumlah potongan kayu yang diberikan. Simpel bukan? Yang krusial adalah perkara perekatannya. Salah-salah bila lem yang dipakai tidak kuat, potongan kayu lebih mudah jatuh sehingga membahayakan keselamatan penghuni rumah.

Jadi saran kami, gunakanlah lem yang kualitasnya benar-benar bagus dan memang didesain untuk kebutuhan tersebut. Di lemkayu.net, adhesive yang kami sarankan untuk kebutuhan tersebut adalah Crossbond X4. Sebagai lem laminasi, adhesive ini memang ditujukan untuk perekatan pada permukaan bidang luas. Crossbond pun telah lama dipakai sebagai lem untuk laminasi veneer, plywood, pemasangan parquet, hingga pemasangan lantai decking kayu outdoor.

Kecocokan Crossbond X4 sebagai lem untuk paflon kayu juga didukung kualitasnya yang sangat kuat, tahan lama, dan mudah digunakan. Lem ini diformulasikan dengan PVAc dan bisa Anda dapat dengan harga terjangkau, Rp. 50.000,- saja. Cara pemakaiannya pun sekedar dioleskan tanpa penggunaan alat dan bahan tambahan lain.

Ringkasnya, Crossbond X4 unggul dalam hal:

  1. Daya rekat kuat
  2. Mudah digunakan
  3. Tahan lama
  4. Tahan panas, solvent, dan air
  5. Cepat kering
  6. Cover area luas
  7. Solid content tinggi
  8. Harga terjangkau

Inspirasi Paflon Kayu Menarik dengan Crossbond

Tak lengkap rasanya bicara mengenai keindahan paflon dari bahan kayu tanpa menghadirkan beberapa contoh di antaranya. Karena itulah, kami menyajikan beberapa gambar paflon menarik di bawah ini yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi.

paflon kayu pinus

Yang pertama, sebagaimana yang Anda lihat, terdapat paflon kayu vintage dengan bahan kayu pinus. Pemakaian pinus mampu memberikan kesan yang menarik. Pinus memiliki banyak mata kayu dengan spot atau warna yang lebih gelap. Aplikasi dinding warna putih pun tampak sangat cocok karena memberikan sentuhan yang elegan dan lembut.

paflon kayu coklat tua

Berikutnya, ada juga paflon dengan warna coklat tua dan model klasik. Seperti yang Anda lihat, paflon seperti ini sangat pas diterapkan untuk ruangan dengan kesan agak formal atau serius. Misalnya saja untuk perpustakaan pribadi Anda atau ruang kerja di rumah.

paflon kayu putih

Paflon kayu juga bisa hadir dengan warna putih seperti yang Anda lihat pada contoh berikutnya. Aplikasi warna putih memberikan kesan yang tak biasa. Ruangan cenderung menjadi lebih elegan, mewah namun tak berlebihan, modern, bersih, dan dinamis.

paflon warna cerah dari kayu
Bagi yang menyukai kesan ceria, terapkan saja langit-langit dengan warna coklat tua hingga oranye. Warna tersebut akan mencerahkan ruangan Anda, sekaligus memberikan sentuhan lebih energik. Berbagai ruangan dari kamar mandi hingga ruangan untuk bersantai bisa Anda percantik dengan warna kayu seperti ini. Agar lebih cantik, padukan dengan warna perabot atau komponen ruangan yang lain seperti pada kabinet kamar mandi pada gambar contoh. Menarik bukan? Selain itu, tentu masih banyak lagi contoh paflon kayu lainnya yang jelas tak bisa disebutkan satu per satu.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai keindahan langit-langit dari kayu. Ingat, selain memperhatikan desain dan jenis kayu yang dipakai, perhatikan juga adhesive yang diterapkan. Hanya Crossbond yang akan membuat paflon di rumah Anda lebih awet dan tahan lama.

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here