Membuat Suvenir dengan Lem untuk Membuat Miniature Kendaraan dari Kayu, Crossbond!

0
961
miniature kapal

Salah satu suvenir yang paling unik di antara berbagai suvenir lainnya adalah suvenir berupa miniature kendaraan. Meskipun souvenir seperti ini biasanya lebih mahal dibanding yang lain, akan tetapi terdapat kualitas keindahan mendetil yang bisa kita nikmati. Nah, bagi Anda pengusaha suvenir kendaraan mini, berikut ini rekomendasi lem untuk membuat miniature kendaraan dari kayu yang tepat.

Keunikan si Sepeda dan si Mobil Super Mini

Di Yogyakarta, di beberapa pojokan Malioboro, Anda akan mendapati beberapa suvenir yang sangat unik. Souvenir itu adalah souvenir berupa sepeda ontel, mobil, motor, sampai perahu yang super mini. Produk-produk ini memperlihatkan keindahan yang sangat luar biasa. Pengrajin yang membuatnya pun patut dipuji karena memiliki keterampilan terhadap detil yang sangat baik.

Keindahan berbagai produk tersebut semakin bertambah tatkala dibuat dari bahan kayu. Kombinasi warna alami kayu yang kecoklatan akan meningkatkan keunikan berbagai suvenir itu. Tak heran, souvenir semacam ini telah melalang buana kemana-mana. Bukan hanya di Yogya, Anda pun bisa mendapati berbagai produk seperti ini di kota-kota lainnya.

CS Lem Kayu

Umumnya, berbagai miniature kendaraan tersebut dijual sebagai hiasan untuk dipajang. Anda dapat meletakkannya di buffet, rak dinding, meja belajar, hingga di meja ruang tamu sebagai salah satu elemen dekorasi. Namun selain itu, aneka produk seperti ini pun bisa dibuat khusus sebagai gantungan kunci! Tapi tentu saja miniature kendaraan harus dibuat lebih khusus bila akan dipakai sebagai gantungan kunci. Pertama, ukurannya jelas harus dibuat lebih kecil. Kedua, detilnya pun dikurangi dan desainnya disederhanakan agar lebih mudah dibentuk.

Usaha Pembuatan Miniature Kendaraan sebagai Suvenir

Meskipun harganya relatif lebih mahal dibanding souvenir lainnya, akan tetapi berbagai produk miniature kendaraan tersebut terbilang sebagai kerajinan yang cukup prospektif. Tak hanya bisa dipasarkan di pasaran lokal, berbagai produk tersebut juga bisa dijual secara nasional hingga internasional. Di tingkat internasional, kerajinan seperti ini mendapat efek positif berkat citra Indonesia sebagai negara dengan wooden craft yang bagus. Dengan kata lain, usaha di bidang ini termasuk menarik dan sama sekali bukan masalah bila Anda ingin mencobanya. Toh Anda dapat mulai proyek kecil-kecilan terlebih dahulu lalu menjualnya di berbagai online shop bukan? Barulah setelah mulai banyak pembeli, Anda bisa mengembangkan usaha Anda.

Perlunya Lem untuk Membuat Miniature Kendaraan Kayu dengan Kualitas Bagus!

Pembuatan miniature kendaraan dari kayu sudah pasti perlu berbagai bahan pendukung. Kualitas akhir produk akan dipengaruhi aspek ini selain aspek peralatan dan aspek keterampilan pengrajin. Karena itulah, bagi yang sudah membuka usaha pada bidang ini atau bagi Anda yang baru saja memulainya, sebaiknya aspek ini diperhatikan dengan baik. Apalagi “bahan” yang dimaksud bukanlah kayu saja. Selain kayu, ada berbagai bahan lain yang berpengaruh. Salah satu di antaranya adalah adhesive atau perekat yang digunakan.

Perekat? Ya. Kenyataannya, bahan ini punya fungsi sangat vital pada pembuatan produk miniature dari kayu. Perekatlah yang menyambungkan seluruh komponen miniature kendaraan. Karena itu, fungsinya benar-benar tak tergantikan. Kesalahan membeli lem dapat merusak keseluruhan produk Anda. Beberapa hal yang kerap terjadi ketika lem untuk membuat miniature kendaraan yang digunakan buruk adalah:

1. Lepasnya komponen dengan mudah. Lemahnya ikatan lem karena kualitas adhesive yang buruk bisa menyebabkan komponen lepas satu sama lain. Akibatnya, produk Anda bisa cepat rusak, malah bisa jadi, sudah rusak sebelum sampai di tangan konsumen.
2. Warna rusak karena lem. Beberapa lem menyebabkan efek warna tertentu pada produk di mana lem itu diaplikasikan.
3. Bau menyengat. Biasanya hal seperti ini terjadi ketika lem yang digunakan mengandung solvent atau solvent based glue.

Yang tak kalah krusial adalah menurunnya kualitas keamanan adhesive. Padahal, saat ini masyarakat sudah mulai melek akan produk yang ramah lingkungan. Bila Anda ingin ekspor pun, berbagai negara tujuan ekspor umumnya memberlakukan aturan ketat terkait kandungan toksik berbagai produk yang masuk ke negaranya.

miniature mobil

Saran Lem untuk Membuat Miniature Kendaraan dari Kayu yang Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa pengaruh lem pada keseluruhan produk suvenir kendaraan mini begitu besar. Dengan demikian, usahakanlah selalu untuk membeli lem yang tepat. Gunakan lem yang kuat, tahan lama, tak merusak keindahan produk, dan terbuat dari bahan yang aman digunakan.

Tapi bagaimana cara memilihnya? Tak bisa dipungkiri, memilih lem untuk membuat miniature kendaraan dari kayu bukanlah hal yang mudah. Apalagi bila Anda masih sangat awam. Saat ini saja tersedia sangat banyak lem dengan berbagai merk hingga varian. Formulasinya beragam, dan efeknya pun kita belum ketahui secara pasti. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir. Sebagai bahan rekomendasi, kami menyarankan kepada Anda pemakaian adhesive Crossbond X3.

Mengenal Lem Crossbond X3

Crossbond X3 pada dasarnya adalah water based PVAc glue yang secara khusus diformulasikan untuk perekatan joinery pada kayu. Contohnya, perekatan dovetail, mortise and tenon, biscuit, finger joint, dan berbagai jenis penyambungan kayu lainnya yang sudah pasti tidak dapat disebutkan satu per satu.

Lem ini merupakan lem konstruksi rangka. Kualitas perekatan dan daya tahannya tak perlu diragukan lagi. Apalagi lem ini juga telah sering diapliaksikan untuk kebutuhan yang lebih kompleks seperti pembuatan mebel. Sebagai lem miniature kendaraan sendiri, Crossbond X3 akan unggul dalam hal:

1. Daya rekat
2. Ketahanan
3. Tidak menyebabkan lapisan lem tebal setelah kering
4. Tak berwarna
5. Sangat aman digunakan, 100% eco friendly
6. Mudah dan sangat praktis
7. Cepat kering
8. Harga terjangkau

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Begini Cara Membeli Crossbond Online dan Offline

Sebagai lem yang sedang naik daun sebagai lem untuk pembuatan mebel hingga kerajinan dari kayu, kami memberikan beberapa opsi pembelian adhesive ini. Setidaknya, Anda dapat membeli Crossbond dengan memilih salah satu di antara pilihan sebagai berikut.

1. Pilihan pertama, adalah opsi pembelian secara langsung di website ini. Caranya mudah, Anda tinggal mengklik fitur Klik Pesan Sekarang pada bagian atas website ini. Berikutnya, Anda akan terhubung dengan Customer Service kami untuk pemrosesan pemesanan ataupun untuk sekear menanyakan lebih banyak mengenai produk yang disediakan.
2. Yang kedua, tersedia opsi pembelian konvensional di kantor dan agen Bio Industries yang terletak di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan membeli langsung, Anda dapat bertatap muka dengan CS maupun teknisis kami. Jangan sungkan untuk menanyakan berbagai informasi lainnya terkait adhesive ini dan produk woodworking yang kami sediakan.
3. Yang terakhir, Anda dapat melakukan pembelian di berbagai online shop. Opsi ini khusus kami buka bagi pembeli Crossbond yang terbiasa menggunakan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan yang lainnya.

miniature becak

Demikianlah rekomendasi kami untuk Anda. Selalu gunakan lem untuk membuat miniature kendaraan dengan kualitas terbaik ini.

Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here