Pilih Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas BTEX

0
900
awas btex berbahaya

Siapa yang menyangka mainan bisa menjadi sumber beracun bagi anak? Penyebab kondisi ini salah satunya karena aplikasi lem yang membahayakan pada mainan. Dengan demikian, jalan keluar yang bisa diambil adalah menggunakan lem aman untuk mainan anak bebas BTEX. Apa itu BTEX? Berikut ini akan kami jelaskan kepada Anda dan mengapa kita harus mewaspadai zat ini pada adhesive mainan.

awas btex berbahaya

BTEX

BTEX merujuk pada bahan kimia yang terdiri atas Benzena, Toulena, Ethylbenzena, dan Xylena. Kandungan-kandungan ini secara alamiah terdapat di minyak mentah dan bisa ditemukan di lautan dan wilayah yang mengandung simpanan gas alam dan petroleum. Sumber alami lain BTEX adalah emisi gas dari gunung meletus dan terbakarnya hutan.

CS Lem Kayu

Sedangkan sumber non alami (dari kegiatan manusia) umumnya berasal dari penggunaan kendaraan bermotor dan aktivitas merokok. BTEX juga digunakan dalam berbagai produk kimia termasuk di antaranya adalah cat, lem, dan produk-produk farmasi.

Sebenarnya, bahan ini bisa memberikan keuntungan. Namun tak jarang juga kehadirannya menyebabkan masalah besar. Apalagi BTEX yang berasal dari emisi gas kendaraan bermotor.

Bahayakah BTEX?

BTEX bisa membahayakan kesehatan manusia bila terpapar dalam intensitas tinggi atau terus-menerus. Bahan ini bisa menyebabkan pusing-pusing, mual, iritasi mata, hingga iritasi kulit. Paparan dalam kondisi ekstrim bisa menyebabkan kegagalan fungsi organ dalam. Benzena, yang merupakan senyawa BTEX paling berbahaya juga bisa menyebabkan kanker. Hal ini sudah diujikan di laboratorium pada beberapa hewan. Investigasi masalah kesehatan yang dialami pekerja yang terpapar BTEX juga menunjukkan meningkatnya resiko kanker dan gangguan organ dalam dibanding mereka yang tak terpapar.

Lem Mengandung BTEX?

BTEX merupakan golongan senyawa organik mudah menguap. Tipe senyawa ini banyak ditemukan pada solvent organik (seperti pelarut thinner dan spiritus). Dengan demikian, BTEX sangat mungkin terkandung dalam berbagai bahan kimia tak terkeucali lem.

Lem dengan kandungan BTEX umumnya termasuk lem yang formulasi dan pengencerannya membutuhkan solvent organik. Namun, ada kalanya lem non solvent pun mengandung BTEX.

anak bisa bermain

Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak bebas BTEX

Menyadari bahaya BTEX, industri-industri mainan hendaknya lebih cermat memilih adhesive yang digunakan. Tingkat kebutuhan lem bebas BTEX untuk industri mainan anak jelas lebih tinggi dibanding industri lainnya yang tak dekat dengan kebutuhan anak.

Anak yang masih kecil sangat rentan terkena paparan zat berbahaya BTEX. Anak bisa menderita lebih parah karena:

1. Tindakan yang ceroboh seperti menjilat-jilat mainan
2. Tubuh masih kecil sehingga efek BTEX bisa berpengaruh lebih besar
3. Sistem imun belum terbangun dengan baik

Masyarakat jelas tak bisa bila harus membedakan mana mainan bebas BTEX dan yang tidak. Sehingga hal ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah maupun industri mainan kayu dan non kayu. Sebisa mungkin penggunaan lem aman untuk mainan anak bebas BTEX harus terus didorong dan diupayakan.

Jual Lem Kayu untuk Gitar
lem kayu Crossbond bebas BTEX!
CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here